Home Daily 5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak...

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar – Bagi kamu yang sudah menginjak usia 20 tahun ke atas dan telah menyandang predikat sarjana, mungkin sudah berpikiran akan menjauhi kata ‘belajar’ dari isi kepala kamu.

Padahal belajar bukan melulu tentang mengisi soal ujian berlembar-lembar sampai otak rasanya mau meledak. Belajar bisa tentang apa saja dan dari mana saja, tidak harus dari dosen bergelar profesor kok.

Pepatah tentang “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” sangat benar adanya. Semakin kamu berilmu, maka semakin kamu memahami makna hidup yang kamu jalani.

Kamu tidak harus memiliki IQ yang tinggi atau kembali menjadi muda lagi untuk dapat belajar dengan mudah. Kamu hanya perlu menemukan keinginan, motivasi, dan tujuan untuk mendapatkan suatu ‘kebiasaan belajar‘ yang menyenangkan di dalam diri kamu.

KoinWorks akan menunjukkan kepada kamu bahwa ada banyak hal menakjubkan yang akan terjadi apabila kamu tidak berhenti belajar dan terus semangat menuntut ilmu.

Simak artikel ini selengkapnya!


5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar

1
Keyakinan Kamu Meningkat Lebih Tinggi

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - keyakinan lebih tinggi

Kepercayaan diri bisa saja hilang karena kondisi dan situasi yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, bukan berarti kamu harus diam. Kamu memang tidak melakukan apa pun, tapi kamu juga tidak menghasilkan apa pun.

Mari ambil sebuah kasus, kamu merupakan seorang pemuda yang telah dicap ‘ansos’ oleh orang-orang di sekitar kamu. Padahal, kamu bersikap seperti itu karena kamu terlalu malu dan takut berbicara dengan mereka.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Ya, belajar.

Inilah saatnya kamu mempelajari sesuatu yang baru. Tantangan yang kamu terima tidak hanya status ‘ansos’, tapi akan ada tantangan lain yang mungkin lebih parah dari itu.

Awalnya, kamu bisa membaca buku tentang ‘anti sosial’ dan cara memperbaikinya, atau menonton beberapa video di Youtube yang membahas tentang hal tersebut. Selanjutnya, mungkin kamu terpikir untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Secara tidak sadar, kamu mulai mempelajari hal-hal lain mulai dari cara bertegur sapa yang sopan dengan orang asing, sampai teknik berbicara yang baik dan santun. Itu semua terjadi secara bertahap, efeknya pun terlihat secara bertahap juga.

Nah, akhirnya kamu sudah tidak disebut ‘ansos’ lagi! Keyakinan dan kepercayaan diri kamu sudah berada beberapa tingkat lebih tinggi!


2
Kamu Mengalami Perubahan yang Lebih Baik

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - perubahan lebih baik

“Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam hidup.” -Heraclitus, Filsuf Yunani

Perubahan, pasti terjadi dalam hidup kamu. Arah perubahannya, kamulah yang menentukan, mau lebih baik atau lebih buruk.

Sebab, setiap orang akan mengalami perubahan, baik dalam status, jabatan, bahkan berat badan. Tidak ada yang bisa menghentikan sebuah perubahan.

Belajar adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengarahkan perubahan kamu menjadi lebih baik. Belajar dapat membantu kamu melakukan segala hal dan sukses dalam hal tersebut.

Misalnya, kamu berencana untuk membeli mobil, tapi kamu tidak bisa mengemudi. Hmm, kamu tidak bisa mengemudi karena kamu belum berlatih dan kamu belum mempelajari segala tekniknya.

Proses belajar ini akan mengubah kamu, dari yang ‘tidak bisa’ menjadi ‘bisa’ atau dari yang ‘tidak mungkin’ menjadi ‘mungkin’.

Alhasil, dengan belajar secara rutin, rajin, penuh semangat dan tekad yang kuat, kamu akan mahir mengemudi hanya dalam hitungan minggu.

Mudah kan?


3
Kamu Membuka Peluang Karier yang Baru

Kamu Membuka Peluang Karier yang Baru

 

Bagi kamu yang ingin sukses, yuk belajar!

Bukan asal belajar saja, kamu harus memfokuskan diri pada tujuan karier kamu. Jika kamu ingin menjadi seorang fotografer dan videografer, maka belajarlah mengoperasikan kamera, bukan malah belajar hitung-hitungan.

Seperti ketika masakanmu kurang asin, tapi kamu malah menambahkan gula (bukan garam). Jelas saja, itu pembelajaran yang salah.

Jika kamu ingin menaiki tangga karier kamu sendiri atau memulai sebuah bisnis, maka sangat penting bagi kamu untuk terus belajar. Baik dari buku atau dari pengalaman-pengalaman orang di sekitar kamu.

Kamu harus meneliti banyak informasi-informasi penting yang kamu dapatkan, susun pertanyaan dan cari jawabannya!

Dengan terus mempelajari segala informasi yang relevan dengan sesuatu yang ingin kamu raih, peluang karier yang sukses akan selalu menanti kehadiran kamu di ujung jalan.

Tetap semangat dan terus gali ilmu sedalam yang kamu bisa!


4
Kamu Memiliki Pemikiran dan Ingatan yang Tajam

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - pemikiran yang tajam

Sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Beruntunglah kamu yang hobi membaca buku. Dengan memiliki kebiasaan membaca buku, itu akan membantu mempertajam ingatan kamu.

Sebuah penelitian tentang Benefits of Lifelong Learning menunjukkan bahwa (secara umum) belajar memiliki efek yang menguntungkan bagi otak, termasuk mengurangi risiko demensia.

Misalnya, jika kamu sedang dirundung berbagai permasalahan hidup, cobalah untuk fokus pada apa yang kamu ingin temukan. Cari sesuatu yang bisa menyenangkan hati dan bisa kamu jadikan hiburan baru.

Belajarlah, minimal kamu menemukan 1 hal baru setiap harinya. Sangat menarik bila hal tersebut adalah hal yang sangat kamu sukai, apa pun itu. Berolahraga contohnya, atau segala hal yang berbau seni.

Tidak butuh waktu yang lama, kamu akan jatuh cinta pada kebiasaan ‘belajar’. Selain mampu mempertajam ingatan, belajar akan membuat kamu lebih bahagia.


5
Keterampilan Interpersonal Kamu Lebih Terasah

Keterampilan Interpersonal Kamu Lebih Terasah - sosial

Satu hal baru yang harus kamu tahu, belajar dapat mengasah keterampilan interpersonal kamu lho!

Keterampilan interpersonal maksudnya adalah keahlian kamu dalam bersosialisasi dengan banyak orang, termasuk dalam hal menambah relasi baru. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin kamu aktif mempelajari sesuatu, maka semakin luas lingkaran sosial kamu.

Katakanlah kamu bercita-cita untuk menjadi pemain sepak bola. Awalnya, kamu akan mempelajari banyak teknik dasar menggiring bola, mengoper bola, sampai menggocek bola agar tidak direbut lawan.

Nah, kawan dan lawan inilah yang harus kamu hadapi. Semakin banyak kamu belajar mengenai teknik-teknik dasar tersebut, maka semakin mahir kamu membedakan; mana kawan dan mana lawan dalam satu pertandingan.

Jika sepak bola berhasil menjadi hobi favorit kamu, tentu saja kamu akan memiliki kesempatan untuk berada dalam kompetisi melawan tim sepak bola lain yang berada di seluruh dunia.

Ini memungkinkan kamu bertemu dengan banyak orang-orang baru yang memiliki peminatan sama seperti kamu, sekaligus meningkatkan hubungan kamu dengan orang-orang tersebut.

Menarik ya!

Nah, setelah mengetahui beberapa hal menakjubkan di atas yang akan terjadi apabila kamu tidak berhenti belajar di seumur hidup kamu, ini saatnya untuk mencari dukungan demi meningkatkan kebiasaan belajar kamu.

KoinPintar persembahan dari KoinWorks bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang tengah membutuhkan dana pinjaman berbunga rendah dan tidak membebankan.

DEKADE (Dana Edukasi Masa Depan) merupakan program pinjaman biaya pendidikan kuliah D3 & S1 (termasuk e-learning) dari KoinPintar, dengan tenor cicilan 3-10 tahun. Program ini hadir untuk meringankan biaya kuliah kamu!

Tidak perlu khawatir pinjaman abal-abal, KoinWorks telah mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kok. Bunganya juga rendah, yaitu sebesar 0,75% – 1,75% per bulan.

Tunggu apalagi? Ayo, belajar bersama KoinPintar!



Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.