Home Bisnis Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Instagram

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Instagram

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Instagram – Siapa yang tidak tahu Instagram? Berawal dari sebuah media sosial yang fokus pada kualitas gambar atau foto yang kemudian dibagikan kepada followers setia.

Saat ini, layaknya media sosial lain, Instagram juga bisa dijadikan ladang untuk bisnis, lho! Banyak pengusaha, terutama yang melek dunia digital, memanfaatkan Instagram sebagai langkah untuk menjangkau banyak kalangan atau pelanggan.

Jadi, dari akun Instagram yang kamu buat, kamu bisa melakukan promosi online secara gratis. Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapat banyak pelanggan.

Serta, masih banyak manfaat lain dari menggunakan Instagram dalam berbisnis, termasuk mendongkrak popularitas nama usaha kamu dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkan lebih banyak audiens dan pelanggan yang bisa memajukan bisnis kamu.


Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Instagram

1
Hindari Penggunaan Fitur Effect Secara Berlebihan

Beralihlah ke Media Sosial, Ini 5 Tips Jitu Kuasai Instagram untuk Bisnis - bisnis musiman

Tips pertama ini terlihat sederhana, tapi sangat krusial.

Terkadang, foto atau gambar yang dimiliki terlihat kurang bagus. Sehingga banyak yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi edit foto atau langsung menggunakan effect yang sudah disediakan oleh Instagram.

Memang, foto kamu akan terlihat lebih professional. Tapi, perlu dicatat bahwa menggunakan effect secara berlebihan dapat mengurangi keaslian atau orisinalitas gambar.

Jika hal ini terus berlanjut, akan ada pelanggan yang merasa kecewa karena mereka mendapatkan barang asli yang tidak sesuai gambar yang tertera di Instagram.


2
Gunakan Brand yang Mudah Diingat

Ragu Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Ini Strateginya!

Disini, tentunya bukan hanya nama brand saja yang harus mudah diingat tetapi nama akun Instagram bisnis kamu juga.

Alangkah lebih baiknya, gunakan nama brand produk kamu sebagai nama akun Instagram yang kamu buat. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing online yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: 3 Tanda Bahwa Perusahaan Startup Kamu Harus Ubah Rencana Bisnis 

Misalnya, kamu memiliki brand dengan nama Hijab X, gunakan nama Hijab X untuk nama akun Instagram kamu. Jangan lupa gunakan nama yang unik juga untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Kamu bisa menambahkan keterangan lokasi bisnis di bagian akhir username, seperti ‘jkt’ untuk Jakarta atau ‘id’ untuk Indonesia.


3
Unggah Konten tentang Pembuatan Produk

Unggah konten pembuatan produk

Jika kamu berpikir ingin menunjukkan tentang tata cara pembuatan produk kamu kepada para pelanggan, maka itu adalah tindakan yang tepat.

Tapi perlu diingat, jangan memberitahu keseluruhan proses produksi yang ada. Cukup tampilkan highlight dalam bentuk teaser atau cuplikan saja. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa penasaran dengan produk yang kamu tawarkan.

Menampilkan cuplikan produksi membuat anggapan bahwa produk kamu sangat terjaga kualitas dan keasliannya.


4
Tunjukan Kegunaan Produk

Anda Hobi Merajut? Yuk, Buka Bisnis Kreatif yang Menghasilkan Cuan!

Terkadang, ada pelanggan yang mengetahui kegunaan produk kamu hanya untuk satu hal saja. Ini membuat minat mereka untuk membeli justru menurun.

Akan berbeda jika kamu menunjukkan beberapa potongan gambar atau video singkat tentang apa saja kegunaan dari produk yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, para pelanggan akan semakin tahu tentang banyaknya manfaat dari produk tersebut. Penting sekali bukan?


5
Tunjukkan Lokasi Toko Offline 

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Johan Mouchet on Unsplash

Tentu, ini berlaku bagi kamu yang juga memiliki toko offline.

Ambil gambar toko dari depan beserta suasana sehari-harinya. Unggah foto tersebut dan beritahu alamat lengkap dan jelas sebagai deskripsi fotonya.

Dengan begitu, jika mereka memiliki kesempatan untuk melewati daerah dimana toko offline kamu berada, maka mereka juga bisa berkunjung secara langsung. Tentunya, ini akan meningkatkan loyalitas mereka sebagai pelanggan.


6
Membuat Iklan

Beralihlah ke Media Sosial, Ini 5 Tips Jitu Kuasai Instagram untuk Bisnis

Kesuksesan suatu bisnis online bisa dilihat juga dari seberapa sering ia mengiklankan diri ke hadapan publik.

Memang tidak menjamin bahwa mereka yang melakukan iklan secara terus menerus memiliki banyak pelanggan, tapi dengan iklan, pelanggan bisa semakin percaya dan semakin loyal.

Hal tersebut dikarenakan para pelanggan melihat keseriusan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis. Mereka juga menganggap bahwa kamu merupakan pebisnis yang profesional.


7
Unggah Dokumentasi Event

rekam video - smartphone - strategi marketing-media sosial - 6 Cara Upgrade Keuangan Lewat Media Sosial, Pernah Memikirkannya?-digital marketing-tips membuat cv-Batasi Kunjungan Situs Belanja Online-Hapus Aplikasi Belanja Online di Ponsel-3 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kamu Gagal Hemat-Strategi Bisnis Offline Agar Tidak Punah di Zaman E-commerce

Saat bisnis kamu mengadakan acara tertentu, jangan lupa untuk mendokumentasikannya berupa foto atau video.

Kemudian, unggah hasil dokumentasi tersebut ke akun Instagram bisnis yang sudah kamu buat. Ini menjadi bukti bahwa bisnis kamu juga aktif di dunia nyata, alias bukan merupakan bisnis penipuan.

Secara tidak sadar, tips yang satu ini ternyata dapat meningkatkan loyalitas pelanggan atas produk yang kamu pasarkan di Instagram.


8
Berikan Konten Humor

instastory instagram

Jika kamu hanya mengunggah konten tentang produk, maka hal ini akan terlihat sangat monoton dan membosankan bagi para audiens.

Oleh sebab itu, berikan sedikit humor untuk mereka dengan cara mengunggah konten-konten lucu. Baik yang berkaitan dengan produk atau tidak.

Perlu diperhatikan, konten humor ini juga bisa dibuat berdasarkan momen-momen yang tengah terjadi di masyarakat. Atau, melibatkannya dengan konten kuis berhadiah.

Sangat menarik bukan?


So, mulailah gunakan akun Instagram kamu secara maksimal untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang berujung pada peningkatan penjualan.

Untuk memanfaatkan media sosial Instagram secara maksimal, tentunya kamu tidak membutuhkan kredit mikro lantaran ini gratis.

Jika memang kamu membutuhkan modal tambahan untuk memperbesar bisnis online kamu, ajukan saja pinjaman dana usaha melalui KoinBisnis.

Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau yaitu sebesar 0,75% – 1,67% per bulan.

Yuk, berkembang bersama KoinBisnis!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X