Intip Perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks, Yuk!

Intip Perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks, Yuk!Intip Perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks, Yuk!

Tahukah kamu? Apa perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks?

Secara umum, keduanya sama-sama menyediakan layanan pinjaman. Perbedaannya, hanya pada subyek yang diberikan pinjaman. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Silicon Valley Bank (SVB) dan KoinWorks serta perbedaannya, pastikan simak artikel ini hingga akhir, ya!


Kenalan dengan Silicon Valley Bank

Silicon Valley Bank atau SVB merupakan bank komersial yang berdiri pada tahun 1983 dan berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

Bank ini melayani berbagai jenis klien, termasuk perusahaan teknologi, startup, venture capital, serta bisnis inovatif lainnya.  

Fokusnya pada industri teknologi dan inovasi membuat SVB menjadi lembaga keuangan terpopuler dan paling dihormati di Silicon Valley, pusat inovasi teknologi di Amerika Serikat.

Dari segi produk layanan, SVB menyediakan layanan berupa pembiayaan, investasi, perbankan komersial, serta jasa pengelolaan risiko. 

Selain di Amerika Serikat, SVB juga memiliki kantor yang tersebar di berbagai negara, mulai dari Kanada, China, Denmark, Jerman, India, Israel, Swedia, dan Inggris. 

Beberapa perusahaan terkenal yang terdaftar sebagai pelanggan SVB di antaranya ada Pinterest, ZipRecruiter, dan Shopify. 


Kenalan dengan KoinWorks

Lain halnya dengan SVB yang merupakan bank komersial, KoinWorks adalah perusahaan financial technology (fintech) asal Indonesia yang memiliki platform peer-to-peer (P2P) lending

Melalui platform tersebut, KoinWorks berupaya untuk mempertemukan peminjam (borrower) dan investor (lender) yang memungkinkan peminjam mendapatkan akses pinjaman khususnya pinjaman produktif dengan bunga yang lebih rendah. 

Sementara investor juga memiliki keuntungan untuk mendapatkan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada investasi konvensional.

Pastinya, sebagai perusahaan fintech yang telah eksis sejak tahun 2016 ini telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks

Seperti yang telah disinggung pada awal artikel, Silicon Valley Bank dan KoinWorks merupakan dua lembaga keuangan yang salah satu layanannya memberikan pinjaman. 

Perbedaannya terletak pada fokus industri yang diberikan pinjaman. 

Gimana, tuh, maksudnya? Cari tahu jawabannya melalui pembahasan berikut.


1. Silicon Valley Bank Memberikan Pinjaman pada Perusahaan Startup

Silicon Valley Bank dikenal sebagai bank yang aktif memberikan pinjaman pada perusahaan startup dan teknologi. 

Salah satu bentuk realisasi dari pembentukan reputasi SVB sebagai lembaga keuangan yang mendukung kebutuhan bisnis inovatif adalah membantu perusahaan startup yang kerap mengalami kesulitan dalam mendapatkan pembiayaan.

Terdapat berbagai jenis produk dan layanan yang ditawarkan SVB untuk kebutuhan perusahaan startup. Mulai dari pinjaman modal ventura, kredit yang bersifat revolver, hingga pembiayaan akuisisi. 

Tak tanggung-tanggung, SVB juga memiliki program akselerator dan inkubator yang memberikan dukungan serta sumber daya tambahan untuk perusahaan startup yang telah bekerja sama. 

Selain pinjaman, SVB juga terkenal sebagai bank yang aktif berinvestasi pada perusahaan startup baik investasi langsung maupun melalui dana ventura. 

Menariknya, dukungan dan pembiayaan yang diberikan berhasil membuat banyak perusahaan startup tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan teknologi yang sukses, lho. 

Tapi, bentar, deh. Dari tadi ngomongin tentang perusahaan startup terus, memangnya apa itu perusahaan startup?

Bagi kamu yang belum familiar dengan perusahaan startup, istilah tersebut merujuk pada perusahaan yang baru berdiri dan memiliki tujuan pengembangan bisnis baru dengan model bisnis yang belum teruji dan inovatif, serta memiliki potensi pertumbuhan yang cepat.

Secara fokus bisnis, perusahaan startup berfokus untuk mengejar pertumbuhan (growth). Makanya, ‘bakar uang’ menjadi strategi yang kerap dilakukan perusahaan startup untuk mencapai target pertumbuhan yang diharapkan.


2. KoinWorks Memberikan Pinjaman pada UMKM

Berbeda dengan SVB yang fokus memberikan pinjaman pada perusahaan startup, KoinWorks justru memfokuskan layanannya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia

Sebagai platform P2P Lending, KoinWorks dapat mempertemukan peminjam dengan investor sehingga sangat memungkinkan UMKM untuk mendapatkan akses pinjaman dengan bunga yang lebih rendah, yaitu 0.75% – 1.67% saja per bulan. 

Melansir dari laman resminya, sejak berdiri hingga saat ini KoinWorks telah memberikan total pinjaman lebih dari Rp15 triliun, lho. Melalui pinjaman tersebut, KoinWorks telah membantu ribuan UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang.

Tentunya, hal tersebut akan berdampak pada penguatan perekonomian Indonesia dari sektor UMKM. 

Memangnya, apa itu UMKM?

Singkatnya, UMKM merupakan usaha skala kecil hingga menengah milik perseorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. 

Secara fokus bisnis, UMKM berfokus pada fundamental bisnis, yaitu mendapatkan keuntungan secepat-cepatnya dan sebesar-besarnya. 

Di Indonesia sendiri UMKM mendapat dukungan dari pemerintah melalui pemberlakuan kebijakan-kebijakan yang berfokus pada likuiditas. 

Dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI pada 1 Oktober 2023, disebutkan bahwa kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara mencapai 60,5%, lho. 


Nah, sekarang sudah tahu, dong, perbedaan Silicon Valley Bank dan KoinWorks?

Yap. Silicon Valley Bank (SVB) fokus mendanai perusahaan startup, sementara KoinWorks fokus mendanai UMKM di Indonesia. 

Ingin perusahaan atau bisnismu mendapat pendanaan juga? 

Tak perlu khawatir, ‘kan sekarang ada pinjaman modal usaha KoinBisnis dari KoinWorks!

Tenang, bunga pinjaman modal usaha yang diberikan KoinBisnis cukup rendah, kok! Cuma 0,75%-1,67% saja per tahun!

Info lengkap mengenai KoinBisnis bisa kamu cari tahu dengan klik button di bawah, ya!

Kunjungi KoinBisnis!

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.