Home » Blog » Bisnis & UKM » Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan UKM, Startup Hingga Korporasi

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan UKM, Startup Hingga Korporasi

·
4 menit

Struktur organisasi dalam perusahaan, startup hingga korporasi memang merupakan hal yang sangat penting sekali, terutama dalam perkembangan perusahaan ataupun usaha.

Mengapa demikian? Karena tanpa adanya hal ini tentu perusahaan tidak dapat berjalan dengan sempurna dan nantinya tidak terpusat pada suatu kendali.

Tak hanya itu saja, struktur pengorganisasian ini juga termasuk pula ke dalam salah satu unsur dari manajemen, yang mana memang harus dijalankan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa penjelasan penting mengenai struktur organisasi perusahaan UKM, startup dan korporasi yang bisa Kamu lihat.

Penjelasan Singkat Tentang Struktur Organisasi Perusahaan UKM

Penting untuk Kamu ketahui bahwa struktur organisasi yang ada pada perusahaan UKM tentunya memiliki pula berbagai jenis dan variasi.

Nah, semua yang ada dalam badan usaha tentunya bertujuan untuk melancarkan setiap pekerjaan.

Namun, bagaimana tanpa adanya struktur organisasi tersebut? Tentu nantinya tidak akan jelas tentang siapa yang menjadi atasannya dan juga bawahannya.

Oleh sebab itulah, struktur organisasi yang memiliki berbagai jenis ini tentu harus sebisa mungkin diaktualisasikan terutama dalam perencanaan perusahaan.

Jadi, nanti pihak atasan bisa menentukan pula orang-orang bawahan siapa saja yang dapat membidangi satu pekerjaan tertentu.

Nah, dengan begitu nanti akan terlihat pula dengan jelas siapa yang akan bertanggung jawab atas tim dalam suatu bidang.

Selain itu, dengan adanya struktur organisasi yang dibentuk, tentu atasan dapat lebih mudah untuk melakukan pengawasan karena dapat mengecek orang-orang yang telah ditunjuk sebagai pemimpin dalam tim.


Pengertian Tentang Struktur Organisasi Perusahaan

Setelah Kamu melihat informasi yang ada seperti diatas maka ada baiknya lagi, Kamu bisa melihat pula apa pengertian tentang struktur organisasi perusahaan.

Jadi, struktur perusahaan merupakan komponen tertentu yang ada dalam perusahaan.

Nah, dengan adanya struktur organisasi tersebut tentu saja para atasan bisa mendelegasikan pekerjaan ataupun tugas dengan mudah.

Begitu pula dengan sebaliknya, yang mana jika perusahaan UKM tersebut tidak memiliki struktur organisasi yang bagus, tentu saja pembagian pekerjaan atau tugas menjadi tidak jelas.

Mengapa? Karena perusahaan tersebut tidak memiliki sub unit kerja yang sesuai dengan kemampuannya sehingga tidak dapat diberi tanggung jawab.


Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Startup

Struktur organisasi ini tak hanya ada dalam perusahaan UKM saja melainkan dalam perusahaan startup juga memiliki struktur organisasi.

Jadi, struktur organisasi perusahaan yang baik tentu saja merupakan salah satu faktor yang nantinya dapat melandasi kesuksesan dalam perusahaan.

Untuk itu, pada dasarnya struktur organisasi ini sangat penting bagi perusahaan sebagai suatu pondasi yang kuat sehingga dapat beroperasi dengan baik.

Oleh karena itu, hal ini juga berlaku dalam perusahaan startup ataupun perusahaan-perusahaan yang baru saja merintis.

Nah, dengan adanya struktur organisasi yang baik dan jelas tentu dapat memudahkan operasional perusahaan startup, karena nantinya dapat membantu mendefinisikan peran dan juga tanggung jawab dengan jelas.


Informasi Tentang Struktur Organisasi Korporasi

Mungkin banyak orang yang masih bingung tentang korporasi ini dan apa saja yang termasuk ke dalam korporasi.

Korporasi merupakan sebuah perusahaan ataupun badan usaha yang terbilang sangat besar dan memiliki beberapa perusahaan yang nantinya dijalankan sebagai satu perusahaan besar.

Untuk itu, berdasarkan pengertian tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa korporasi ini mengacu pada perusahaan-perusahaan dengan skala yang besar.

Selain itu, sebagai salah satu badan hukum, yang mana korporasi ini memiliki keberadaan dan juga wewenang untuk melakukan pula perbuatan hukum yang nantinya diakui oleh hukum perdata.

Jadi, artinya yaitu hukum perdata harus mengakui keberadaan korporasi serta memberikan wewenang untuk melakukan figur hukum.

Oleh karena itu, jika menurut hukum pidana, firma, CV, PT, yayasan dan koperasi termasuk dan tergolong ke dalam korporasi.


Pentingnya Struktur Organisasi Dalam Perusahaan UKM, Startup dan Korporasi

Secara umum struktur organisasi ini merupakan komponen-komponen pendiri dan juga penyusun dalam perusahaan yang mana nantinya menggambarkan adanya pembagian dari tugas atau pekerjaan.

Untuk itu, mengenai hal ini tentunya ada beberapa hal yang membuat struktur organisasi dalam perusahaan UKM, startup dan korporasi menjadi sangat penting, antara lain yaitu seperti :

  1. Memberikan kejelasan dalam tanggung jawab
  2. Menjelaskan kedudukan dan juga koordinasi dari masing-masing penyusun atau karyawan perusahaan
  3. Memberikan pekerjaan atau uraian tugas sesuai bidang masing-masing secara jelas
  4. Menjelaskan bagaimana jalur hubungan yang tergambarkan dalam masing-masing hirarki ataupun jenjang struktur organisasi dalam perusahaan

Susunan Struktur Organisasi Perusahaan UKM, Startup dan Korporasi

Ketika perusahaan menunjukkan kemajuan tentu niat investor akan meningkat.

Jadi, dengan begitu struktur organisasi dalam perusahaan juga akan semakin kompleks.

Nah, agar lebih jelas tentang susunan struktur organisasi tersebut maka berikut ini ada pembagian struktur organisasi berdasarkan fungsinya:

  1. Susunan Struktur Organisasi Perusahaan UKM

Dalam perusahaan UKM tentu ada banyak hal yang perlu Kamu ketahui salah satunya tentang susunan struktur organisasi.

Jadi, dalam organisasi perusahaan tentu ada beberapa susunan yang wajib ada, antara lain seperti:

  • Direksi
  • Direktur utama
  • Direktur
  • Manajer
  • Administrasi dan gudang
  • Divisi regional

  1. Susunan Struktur Organisasi Perusahaan Startup

Struktur organisasi dalam perusahaan startup yang baik menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam sebuah perusahaan.

Untuk itu, dalam perusahaan startup juga memiliki beberapa susun struktur organisasi, seperti :

  • CEO (Chief Executive Officer)
  • CTO (Chief Technology Officer)
  • CFO (Chief Financial Officer)
  • CMO (Chief Marketing Officer)
  • COO (Chief Operating Officer)
  • WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)

  1. Susunan Struktur Organisasi Dalam Korporasi

Setiap perusahaan memang membutuhkan struktur organisasi begitu pula dengan korporasi tersebut.

Istilah ini tentu merujuk pula pada sebuah perusahaan seperti PT, Firma, CV dan bank yang mana memang tergolong ke dalam korporasi.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai susunan struktur organisasi dalam korporasi, antara lain seperti :

  • Direksi
  • Direktur utama
  • Wakil Direktur
  • Direktur Keuangan
  • Direktur Personalia
  • Manajer
  • Manajer Personalia
  • Manajer Pemasaran
  • Manajer Pabrik
  • ADM & Pergudangan
  • Divisi Regional

Oleh karena itulah, membangun sebuah bisnis ataupun perusahaan tentu membutuhkan perencanaan yang baik dan matang termasuk pula mengenai struktur organisasi yang ada pada perusahaan Kamu.

Jadi, dengan adanya struktur organisasi tersebut maka rencana pengembangan bisnis pun akan menjadi lebih mudah dan ditargetkan dengan baik.

Oleh sebab itulah, dari beberapa susunan yang ada dalam struktur organisasi dari masing-masing perusahaan tentu nantinya akan membuat perusahaan tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik., efisien dan efektif.

Semoga dengan adanya informasi seperti diatas bisa membuat Kamu menjadi lebih mengerti tentang seberapa pentingnya peran struktur organisasi dalam perusahaan UKM, Startup hingga korporasi.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​