Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 7 Cara Mudah Meningkatkan Respon Positif Konsumen untuk Bisnis Kopi

7 Cara Mudah Meningkatkan Respon Positif Konsumen untuk Bisnis Kopi

·
4 menit
Cara mudah meningkatkan respon positif konsumen untuk bisnis kopi

Konsumen adalah unsur esensial dalam suatu bisnis, termasuk bisnis kopi. Bisa dikatakan tanpa adanya konsumen, bisnis kopi kamu bukanlah apa-apa. Tanpa keterlibatan pelanggan, bisnis kamu tidak mungkin bisa sebesar dan se-profit seperti sekarang.

Sebagaimana kita semua ketahui, yang ingin konsumen cari adalah solusi termudah bukan solusi rumit dan menyusahkan. Bagaimana cara pelaku usaha meningkatkan respon positif dari konsumen adalah dengan memberikan perhatian penuh kepada konsumen agar dapat menjadi pelanggan setia bisnismu.

Meningkatkan Respon Baik Konsumen dalam Bisnis Kopi

Memperhatikan keinginan konsumen akan berdampak besar pada kemajuan suatu bisnis kopi kamu. Melalui persona beberapa konsumen, pelaku usaha bisa mendapat semacam ilham untuk menciptakan suatu gebrakan dalam bisnis mereka.

Tak hanya itu, suka duka konsumen juga dapat menjadi pelajaran berharga bagi kamu yang haus akan peluang dan keinginan untuk mengembangkan bisnis kopi yang telah lama berdiri. 

Semakin banyak hal yang telah kamu lalui dalam hal pelayanan, maka akan semakin paham bahwa respon positif konsumen sangatlah penting sebagai satu faktor berkembangnya bisnis usaha.

Jika kamu adalah kategori pebisnis kopi yang mengincar keuntungan tinggi, maka perhatikan beberapa cara mudah dalam meningkatkan respon positif konsumen agar keuntungan bisnis kopimu semakin melonjak.

1. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen atas Produk Kopi Milikmu

Umumnya orang mungkin punya pendapat bahwa semakin besar valuasi pendapatan setara dengan kesuksesan suatu bisnis. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar ataupun salah. 

Indikator berkembangnya suatu bisnis khususnya usaha kedai kopi bukan sepenuhnya berdasarkan besaran ekstraksi pendapatannya. Hal penting lain yang tidak bisa dianggap sepele adalah adanya keterlibatan konsumen atas produk yang kamu jual.

Konsumen yang merasa dirinya terlibat dalam suatu produk akan semakin termotivasi untuk meningkatkan respon positif dan ikut mendukung bisnis yang telah lama kamu rintis. 

Cara meningkatkan keterlibatan konsumen sangat beragam, bisa dengan mendengar keluhan, memberikan pelayanan optimal, memecahkan masalah, sampai dengan menampung ide atau masukan-masukan berharga dari para konsumen.

Sesederhana membuat konsumen merasa didengarkan dan diperhatikan adalah cara yang cukup ampuh menyentuh hati konsumen pada bisnis kopi kamu.

2. Tawarkan Solusi Tanpa Adanya Unsur Promosi

Pemilik kedai kopi dapat menerapkan cara ini untuk meningkatkan respon positif dari para konsumen. Salah satu bentuk manfaat yang dapat kamu berikan contohnya adalah memberikan masukan seputar dunia perkopian secara gratis.

Jadi, jika ada konsumen yang berniat ingin diskusi, meminta saran produk kopi atau rekomendasi penjual biji kopi terbaik sesuai kondisi mereka, kamu dapat menawarkan solusi terbaik sesuai pengetahuanmu tanpa ada unsur promosi.

Memang benar bahwa jalan promosi terkadang harus terus digalakkan entah dimanapun celahnya. Namun, kebanyakan promosi tentu akan membuat konsumen merasa jenuh dan terganggu. Jika pun jalan promosi ternyata membuahkan hasil, belum tentu dapat meningkatkan respon positif konsumen agar mau datang lagi.

Dari sini, pelaku bisnis terkadang sangat perlu untuk menghindari strategi penjualan dengan teknik ‘mencari kesempatan dalam kesempitan’. Hal ini supaya persepsi konsumen tidak mengarah pada hawa ‘ada udang dibalik batu’. 

Memberi solusi tanpa menyelipkan promosi terkesan jauh lebih tulus, objektif dan meyakinkan. Dengan ini, konsumen jadi lebih tersentuh hatinya, dan bisnis kopi kamu akan lebih dipandang berbeda dari bisnis serupa lainnya.

Pada poin ini bukan berarti bahwa menawarkan produk milik sendiri adalah tindakan yang salah. kamu juga boleh menawarkan produk sendiri sebagai solusi terbaik mereka sebagaimana adanya.

3. Gunakan Sosial Media untuk Berinteraksi dengan Konsumen

Pernahkah kamu menemukan sebuah akun pada kanal sosial media yang isi kontennya hanya fokus pada produk mereka saja? Jika iya, bagaimana respon kamu mengenai hal itu?

Sebagai pelaku usaha yang membutuhkan konsumen, maka posisikan diri kamu sebagai seorang pembeli. Melihat akun yang isinya hanya seputar produk-produk saja, lalu dimana letak istimewanya? Bisnis lain juga punya produk serupa. 

Maka dari itu, untuk meningkatkan respon positif konsumen, kamu harus bisa menjadi pembeda dari bisnis kopi lainnya. Salah satu langkahnya adalah dengan memanfaatkan kanal media sosial untuk berinteraksi dengan banyak pengguna.

Bagaimana cara mengundang minat pengguna agar mau berinteraksi dalam akun kita? Berikan konten yang menarik, relevan, serta bersifat interaktif agar para pengguna, konsumen, sampai pelanggan tergelitik untuk menyampaikan aspirasi mereka disana.

Optimalkan penggunaan sosial media dengan proporsi yang lebih memberatkan pada sisi kenyamanan konsumen. Dengan cara ini, para konsumen perlahan-lahan akan semakin suka dengan kualitas akun kamu serta dapat meningkatkan branding kedaimu.

4. Kejar Kepercayaan Konsumen, Bukan Hanya Uangnya

Demi mendapat kepercayaan serta meningkatkan respon positif dari konsumen, pelayanan adalah garda terdepan dalam sebuah bisnis. Sebagai contoh, menghadapi keluhan konsumen dengan baik dan profesional.

Jika dalam bisnis kopi kamu terdapat pelanggan yang mengeluhkan pelayanan atau bermasalah produk yang mereka terima, maka tanggapi konsumen dengan ramah, tunjukkan sifat rendah hati, dan tawarkan solusi terbaiknya. Pecahkan masalah konsumen dengan pelayanan optimal.

Melalui pelayanan yang baik, maka akan timbul kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan dalam kedai kopi milik kamu. Konsumen yang puas akan kembali menikmati produk kopimu dan bahkan akan merekomendasikan kedai kamu kepada rekan mereka yang lainnya.

5. Sebarkan Testimoni Baik dari Pelanggan

Melalui ulasan dari konsumen yang mereka tunjukkan, biasanya hampir selalu berhasil menggerakkan konsumen baru untuk datang ke kedai kopi kamu. Respon positif dari pelanggan dapat meningkatkan respon positif konsumen baru karena terkesan lebih meyakinkan.

Pendekatan ini terbukti dapat membangun kepercayaan konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa dibandingkan dengan iklan. Cara ini dapat kamu terapkan dalam bisnis kopi kamu untuk menarik konsumen baru.

6. Tawarkan Potongan Harga

Semua orang termasuk kamu sudah pasti suka dengan potongan harga bukan. Penerapan diskon ini dapat kamu berikan kepada pelanggan setia, pembelian banyak item, atau pada saat momen hari spesial.

Memberikan potongan harga juga bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan respon positif konsumen agar mau datang ke kedai kopi kamu.

7. Tambahkan Menu Baru yang Terbatas Penyediaannya

Adanya menu baru dalam bisnis kopi kamu mampu menarik perhatian pelanggan untuk memesan produk atau hidangan tersebut. Hadirnya menu baru sendiri saja biasanya sudah bisa meningkatkan respon positif para pelanggan.

Lantas, bagaimana jika penyediaan menu baru itu kamu buat terbatas untuk beberapa konsumen saja? Cara ini bisa memicu minat konsumen untuk segera membeli sebelum sold out.

Pendekatan ini akan membuat produk baru kamu terkesan khusus dan spesial. kamu dapat menggunakan cara ini untuk variasi menu yang lainnya. Namun, jika ingin memberikan menu baru secara tetap, pastikan menu tersebut spesial dan belum banyak tersedia pada kedai kopi lainnya.

Meningkatkan Respon Positif Konsumen Penting untuk Kemajuan Bisnis Kopi

Hubungan antara bisnis dan konsumen mempunyai keterkaitan yang sangat kuat. Oleh karena itu, respon dari konsumen memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis kamu.

Berikan konsumen pengalaman yang menyenangkan secara konsisten sebelum mereka mengenal produk kamu dan setelah mereka menjadi pelanggan tetap di kedai kopi milikmu.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat