Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Pelayanan Bisnis Kopi yang Paling dicari Masyarakat

Pelayanan Bisnis Kopi yang Paling dicari Masyarakat

·
4 menit
Pelayanan Bisnis Kopi yang Paling dicari Masyarakat

Pelayanan bisnis kopi selalu diperhatikan oleh masyarakat, hal ini karena masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyeduh kopi di pagi hari atau memesan kopi di kedai maupun kafe. Saat memesan kopi di suatu tempat masyarakat juga melihat bagaimana pelayanan pada kedai yang diberikan kepada konsumen.

Pelayanan kepada konsumen sangat diperhatikan oleh masyarakat, karena dengan pelayanan yang baik maka konsumen akan kembali lagi ke warung atau kafe bahkan akan mengajak dan merekomendasikan ke temannya bahwa tempat tersebut memiliki pelayanan yang baik dan sopan.

Bagi Anda pemilik bisnis kopi baik yang baru merintis bisnis ini maupun yang sudah lama terjun di bisnis ini dapat memperhatikan beberapa ulasan berikut ini mengenai beberapa pelayanan yang sering dicari masyarakat ketika membeli kopi.

Pelayanan Bisnis Kopi yang Diminati Masyarakat

Untuk lebih memahami apa saja pelayanan yang paling diminati masyarakat, mari kita ulas secara lengkap dibawah ini :

1. Pelayanan yang Cepat

Pelayanan bisnis kopi pertama yang pasti dicari oleh masyarakat ketika berkunjung ke warung kopi ataupun ke kedai kopi adalah dengan mencari yang pelayanannya cepat. Dengan pelayanan cepat kepada pelanggan maka konsumen akan merasa senang dan akan kembali lagi untuk memesan di kedai kopi tersebut.

Hal ini harus diperhatikan benar – benar oleh pemilik bisnis kopi baik yang membuka kedai kopi besar maupun warung kopi yang masih merintis. Karena hal ini sangat diperhatikan oleh konsumen yang akan membeli kopi di sebuah kedai tersebut.

Pelayanan yang cepat ini dapat ditentukan dengan keahlian dari barista dan pelayan ketika menyajikan kopi kepada konsumen. Sebagai pemilik bisnis bisa mencari sebuah cara untuk dapat memuaskan konsumen yang salah satunya melakukan dengan memberikan pelayanan yang cepat.

Apabila menginginkan pelayanan cepat, pemilik bisnis kopi dapat merekrut seorang barista dan pelayan yang sudah ahli dibidangnya agar saat melakukan pekerjaannya dapat melakukan dengan cepat dan tanggap. 

Selain hal tersebut, pemilik bisnis dapat memberikan pelatihan khusus sesuai dengan pekerjaannya masing – masing untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan serta untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

2. Cara Menyeduh Kopi

Pelayanan bisnis kopi kedua yang biasa diperhatikan oleh masyarakat ketika datang di kedai kopi adalah bagaimana pemilik kedai menyajikan kopi tersebut baik dari cara menyeduhnya maupun media kopi yang akan disajikan kepada konsumen. Perlu diketahui oleh pebisnis kopi bahwasanya dalam menyeduh kopi terdapat beberapa cara tersendiri oleh peraciknya.

Cara penyeduhan kopi ini juga dapat menjadi ciri khas dari kedai kopi tersebut. Terkadang ada kedai kopi yang menyajikan kopi dengan serbuk kopi yang kasar ada juga yang menyajikannya dengan serbuk kopi yang halus maupun cara penyeduhan lainnya.

Hal ini harus diperhatikan benar oleh pebisnis kopi, bila perlu pebisnis kopi menyediakan berbagai jenis kopi agar nantinya konsumen dapat memilih kopi sesuai yang diinginkan. 

Jika menyediakan berbagai jenis kopi ini maka peracik kopi juga harus paham akan bagaimana cara penyeduhan yang benar agar nantinya konsumen menyukai dengan pelayanan yang diberikan.

3. Konsep Ruangan

Pelayanan yang selanjutnya merupakan pelayanan bisnis kopi yang saat ini dicari oleh kaum – kaum muda yaitu dengan melihat terlebih dahulu konsep ruangan kedai kopi. Anak muda zaman sekarang banyak juga yang menyukai kopi namun biasanya melihat terlebih dahulu konsep ruangan kedai kopi tersebut.

Anak muda bahkan orang dewasa melihat konsep ruangan kedai kopi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian dalam kedai tersebut karena jika nantinya kedai yang memiliki konsep menarik akan dijadikan tempat nongkrong sekalian tempat foto yang nantinya akan diposting pada akun media sosial masing – masing.

Konsep ruangan ini harus diperhatikan oleh seorang pebisnis yang akan membuka kedai kopi apalagi jika konsumen nantinya ditujukan kepada kaum muda. Konsep ruangan yang dapat dibuat oleh pebisnis bisa melihat trend pada saat itu dan nantinya konsep ruangan didesain sesuai trend yang sedang disenangi oleh kaum muda.

Tren yang mungkin bisa diterapkan oleh pebisnis kopi saat ini adalah dengan mengkonsep kedai kopinya di luar ruangan seperti di dekat area sawah maupun perkebunan. Selain mendapatkan pemandangan yang indah juga akan memberikan udara segar saat konsumen berkunjung di kedai kopi tersebut.

4. Sambutan Pelayan atau Barista

Pelayanan bisnis kopi yang terakhir adalah pelayanan kepada konsumen yang dilakukan oleh pelayan atau barista tersebut. Pelayan atau barista memiliki peran sangat penting ketika konsumen datang di sebuah toko maupun kedai kopi. Jadi sebagai pebisnis harus memilih seorang pelayan atau barista yang sudah paham akan pekerjaannya lebih lagi sudah berpengalaman di bidangnya.

Untuk mengetahui seberapa berpengalaman calon pelayan atau barista, pemilik bisnis bisa melakukan pengecekan saat melakukan tes wawancara dengan menanyakan bagaimana pengalaman dan riwayat pekerjaan yang sudah pernah dilakukan.

Apabila calon pegawai memiliki pengalaman lebih dapat dipilih menjadi karyawan di kedai kopi. Selain melihat pengalaman pekerjaan calon karyawan, pebisnis juga harus melihat sopan santun dan kepribadian dari calon karyawan tersebut. Karena jika memiliki pengalaman yang banyak namun memiliki kepribadian buruk tidak disukai oleh konsumen.

Pelayanan Bisnis Kopi Utama yang Paling Diperhatikan

Setelah tahu pelayanan yang paling dicari masyarakat, namun kamu juga harus tahu juga kira-kira pelayanan apa sih yang paling diperhatikan oleh konsumen? Karena ini sangat berpengaruh bagi keberlangsungan perkembangan bisnis kopimu. Berikut ulasannya : 

1. Harga Kopi

Harga kopi merupakan salah satu pelayanan bisnis kopi yang selalu menjadi perhatian utama yang diperhatikan oleh konsumen ketika akan membeli di sebuah kedai kopi. 

Seperti halnya membeli makanan atau minuman di tempat lainnya sebelum kopi yang dipesan datang tentunya memesan terlebih dahulu di meja pemesanan, pada saat ini biasanya konsumen memilih kopi dengan harga yang murah sesuai dengan keuangan yang dimiliki.

Harga sebuah kopi menjadi perhatian utama seorang konsumen karena keuangan setiap orang berbeda – beda, dan kemungkinan besar kebanyakan konsumen akan lebih memilih harga yang murah dengan rasa yang enak serta memiliki tempat yang instagramable.

Sebagai pemilik bisnis kopi, Anda juga harus memperhatikan satu hal ini karena jika melupakan hal ini secara otomatis nantinya pelanggan Anda akan pergi karena merasa keuangan tidak sesuai dengan harga yang akan dibeli.

2. Jenis Kopi yang Disediakan

Pelayanan bisnis kopi terakhir yang biasa diperhatikan oleh konsumen yang datang di kedai kopi adalah dengan memperhatikan atau melihat terlebih dahulu jenis kopi yang disediakan oleh kedai tersebut. 

Mengapa melihat terlebih dahulu jenis kopi yang disediakan? Karena jenis kopi di Indonesia sangat banyak sekali maka konsumen memilih untuk menentukan kopi yang akan dikonsumsinya nanti.

Perlu diperhatikan juga bagi seorang pebisnis kopi seharusnya memberikan beberapa jenis kopi di kedai kopi. Karena konsumen nantinya akan memesan berbagai jenis kopi sesuai dengan yang disukai oleh konsumen.

Dengan memberikan berbagai macam jenis kopi, maka juga akan melayani secara maksimal kepada konsumen yang datang ke kedai. Selain itu juga akan menambah pemasukan dari semakin banyaknya orang yang datang ke kedai kopi tersebut.

Siap Mencoba Pelayanan Bisnis Kopi yang dicari Masyarakat?

Itulah tadi beberapa pelayanan bisnis kopi yang perlu diperhatikan oleh pebisnis kopi baik yang akan membuka kedai kopi maupun yang sudah mengembangkan bisnis kopi. Semua pelayanan tersebut dapat menjadi acuan pebisnis agar nantinya banyak konsumen yang nyaman untuk sekedar nongkrong sambil ngopi atau melakukan hal lainnya di kedai Anda. Selamat mencoba!

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat