5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan dengan Lebih Efisien – Mendelegasikan pekerjaan tidak sesederhana kelihatannya, terutama saat Anda adalah seorang yang perfeksionis.

Anda mungkin lebih memilih untuk melakukan semuanya sendiri agar segalanya tetap sesuai standar Anda. Tapi sebenarnya, hal itu hanya akan membuat Anda merasa kelelahan dan kehabisan waktu.

Baca Juga: Bisnis Semakin Laris, Begini 4 Cara Membuat Konsumen Terubaca s Mengingat Bisnis Anda

Delegasi adalah salah satu kunci utama untuk memaksimalkan produktivitas, sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal.

Delegasi tentunya tidak dilakukan dengan sembarangan, karena delegasi kepada orang yang salah akan berakibat fatal.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Lalu bagaimana cara mendelegasikan pekerjaan dengan efisien dan tetap sesuai dengan standar yang ada? Berikut adalah tipsnya:

5 Cara Mendelegasikan Pekerjaan dengan Lebih Efisien

1. Pilih Orang Terbaik Dalam Hal Delegasi

Mendelegasikan Pekerjaan - menunjuk karyawan - pilih bawahan

Hal pertama, pilih tugas apa yang ingin Anda delegasikan. Jika Anda merasa bingung untuk menentukan ini, cukup delegasikan apa yang tidak dapat Anda lakukan dan apa yang tidak Anda minati.

Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!

Kunci untuk mendelegasikan pekerjaan secara efisien adalah memilih orang terbaik untuk didelegasikan. Dengarkan dan amati, berikan pekerjaan kepada orang-orang yang menurut Anda benar-benar bisa memberikan kontribusi, bukan orang-orang yang paling tidak sibuk.

Terlepas dari semuanya, percayalah bahwa Anda harus memberi mereka kesempatan untuk melakukan pekerjaan dengan cara mereka.

Baca Juga: Tanpa Perlu Meminjam Ke Bank, 6 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Modal Usaha

Hindari campur tangan yang terlalu berlebihan, cukup membantu jika mereka merasa bingung atau kesusahan.

2. Selalu Sertakan Petunjuk

mempersiapkan keuangan menjelang liburan dengan investasi

Anda mungkin berpikir bahwa tugas yang Anda delegasikan tampak mudah dan jelas. Meski demikian, selalu sertakan instruksi dalam setiap tugas yang Anda delegasikan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Jika Anda memiliki preferensi khusus tentang bagaimana tugas tersebut  harus dilakukan, sertakan informasi itu. Ditambah apabila Anda memiliki tenggat waktu yang sedikit, jelaskan juga tentang hal itu.

Buatlah rincian tugas dengan spesifik dari awal untuk menghindari miskomunikasi sekaligus membuat tugas Anda dieksekusi secara efektif.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melakukan Teknik Upselling & Downselling Untuk Meningkatkan Keuntungan

Hal ini tentunya akan membuat Anda menghemat banyak waktu dan juga waktu karyawan Anda, sehingga mereka dapat mengerjakan hal yang lainnya.

3. Ajarkan Keterampilan Baru

penampilan dan gaya brand bisnis

Hanya karena tim Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan tugas tertentu, bukan berarti tugas tersebut tidak dapat didelegasikan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian Dengan Anda!

Sebagian besar keterampilan bisa dipelajari dan diperbaiki seiring berjalannya waktu. Meluangkan waktu untuk mengajar mereka akan membayar dividen jangka panjang.

Beberapa kali pertama Anda menetapkan tugas ini mungkin akan memakan waktu lebih lama karena staf Anda mencoba untuk mengatasinya, namun pada akhirnya, mereka akan dapat melakukan tugas yang sama dengan mereka sendiri.

4. Periksa Kemajuan

investasi saham - menjadi investor - full time investor

Ketika Anda mendelegasikan pekerjaan Anda kepada individu tertentu, Anda perlu mempercayai mereka untuk melakukan pekerjaan dengan cara mereka.

Baca Juga: Menjajal Bisnis Franchise? Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Tapi jangan lupa lakukan pemeriksaan secara berkala untuk melihat kemajuan yang ada. Tidak perlu untuk mengamati mereka setiap saat, cukup dengan melihat sesekali saja sudah cukup.

5. Berikan Kredit Umum dan Tertulis

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang

Bila karyawan Anda telah melakukan pekerjaan yang didelegasikan kepada mereka, dan dilakukan dengan sangat baik maka jangan lupa untuk memberi tahu mereka bahwa usahanya diakui dan dihargai.

Baca Juga: Kualitas di Atas Kuantitas, Mana yang Lebih Penting?

Berikan pujian dan buat mereka merasa bangga akan hasil pekerjaannya. Jika memungkinkan, jangan hanya mengucapkan terima kasih, beri mereka sesuatu yang tertulis dan layak.

Melakukan hal ini akan menciptakan loyalitas, dan juga bisa menjadi dasar untuk mentoring dan review kinerja.

Semakin cepat Anda mulai mendelegasikan tugas, semakin cepat Anda mengembangkan keahlian untuk melakukannya secara efektif.

Baca Juga: Pahami Konsep Ini Untuk Memilih Media Sosial Apa yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Ingat bahwa prosesnya tidak akan pernah sempurna, tapi Anda selalu bisa belajar dari pengalaman Anda dan melakukan penyesuaian untuk perbaikan.

Disaat Anda telah berhasil mendelegasikan pekerjaan Anda kepada orang yang dipercaya, maka sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda mengembangkan bisnis lebih lagi.

Jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang besar tentunya ekspansi bisnis harus dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Dalam hal ini, modal usaha yang dibutuhkan mungkin tidak akan sedikit, dan Anda harus mengorbankan beberapa keinginan atau kebutuhan Anda untuk memperluas usaha lebih lagi.

Namun, bila Anda tetap merasa kesulitan dengan modal usaha, dan tak ingin meminjam ke bank maka peer to peer lending dapat menjadi jawaban yang tepat sebagai solusi Anda.

Saat ini P2P Lending KoinWorks hadir sebagai salah satu peer to peer lending yang telah terdaftar di OJK.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Melalui KoinWorks, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta. Bunga yang ditawarkan juga terhitung rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Dengan kemudahan ini, pengembangan bisnis akan menjadi sangat mungkin tentunya. Jangan ragu lagi untuk memperbesar bisnis untuk menciptakan pendapatan yang lebih besar.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.