Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision - Tips Mendapatkan Pelanggan Setia - 5 Alasan Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan

Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda – Salah satu tujuan akhir dari semua bisnis yang ada saat ini tentunya adalah mendapatkan pelanggan setia atas produk atau jasa yang Anda jual.

Setiap pelanggan setia yang akan terus menerus membeli produk atau jasa yang dijual dari bisnis Anda inilah yang akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis.

Baca Juga: Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online? Pelajari 5 Triknya…

Namun, tentunya memiliki seorang pelanggan setia tidaklah mudah ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat sekarang ini.

Untuk lebih memaksimalkan potensi akan pelanggan Anda, berikut adalah tips yang harus Anda baca agar konsumen saat ini bisa sesegera mungkin berubah menjadi pelanggan bagi Anda:


Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

1. Memperlakukan Setiap Pelanggan Dengan Baik

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision

Salah satu tips mendapatkan pelanggan setia adalah dengan memperlakukan setiap pelanggan dengan baik.

Setiap orang akan menjadi sangat senang apabila mereka merasa diperhatikan dan dianggap penting bagi Anda. Jika Anda menjalankan bisnis online, mulailah dengan menanyakan pendapat konsumen akan produk yang dibeli.

Baca Juga: 4 Teknik yang Perlu Dikuasai Salesperson Saat Menjadwalkan Ulang Panggilan Telepon dengan Pelanggan

Hubungi konsumen, baik melalui sosial media ataupun aplikasi chatting yang dapat menghubungkan Anda dengan para konsumen.

Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Setelah itu, pastikan setiap pendapat yang diberikan oleh konsumen kemudian Anda jadikan bahan perbaikan guna meningkatkan kualitas dari bisnis.


2. Mengantisipasi Kebutuhan Mereka

tips membeli secara pintar

Satu hal yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah dimana barang atau jasa yang dijual haruslah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Mendapatkan Feedback dari Pelanggan Itu Perlu, Ini 5 Caranya…

Contoh: jika target audiens Anda merupakan professional muda yang secara tingkat produktifitas sangatlah tinggi, dan Anda merupakan seorang pebisnis yang bergerak di bidang gadget maka Anda harus memastikan bahwa gadget yang dijual dapat menunjang kebutuhan produktifitas mereka.


3. Kenali Sejarah Mereka

mengadakan webinar

Sebelum Anda menjual suatu produk atau jasa, pastikan Anda telah mengetahui apa yang sudah dimiliki dan menjadi minat dari calon konsumen Anda.

Baca Juga: Baru Memulai Bisnis? Ini 3 Cara untuk Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Dengan mengetahui hal ini akan membuat Anda mengerti karakter dari calon konsumen yang sesungguhnya. Anda harus mengerti karakter dari calon konsumen ini, guna mengembangkan produk atau jasa yang dijual menjadi lebih baik lagi.


4. Berikan Hadiah

hadiah kado

Semua orang menyukai hadiah, termasuk diri Anda –kan? Untuk memiliki pelanggan setia, berikanlah hadiah atau penghargaan untuk setiap konsumen yang telah membeli dari Anda.

Baca Juga: 4 Langkah untuk Menjadikan Layanan Pelanggan sebagai Prioritas

Contoh: Apabila bisnis Anda bergerak di bidang gadget, maka Anda dapat memberikan layanan servis gratis bagi setiap konsumen yang telah membeli gadget dari Anda, atau mungkin sekedar aksesoris gratis untuk setiap gadget yang dibeli.

Dengan hadiah yang diberikan ini akan memastikan mereka untuk tetap menjadi pelanggan setia bagi Anda.


5. Teruslah Berinovasi

fintech lending koinworks

Beberapa bisnis yang telah sukses hari ini merupakan sebuah bisnis yang terus-menerus melakukan inovasi akan bisnisnya. Contoh: Pernahkah Anda mendengar tentang Warunk Upnormal?

Baca Juga: Bayar Pakai Exposure, Menguntungkan Bisnis atau Tidak?

Sebuah tempat makan yang saat ini ramai dikunjungi ini terus memberikan inovasi menu-menu baru hampir di setiap bulan. Inovasi menu ini yang kemudian membuat para pelanggan tidak pernah bosan untuk berkunjung.

Cobalah untuk menambahkan setiap produk baru setiap bulannya. Dengan memiliki variasi barang yang lebih banyak dibandingkan outlet lainnya akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda.


6. Teruslah Membuat Konsumen Ingat Kepada Bisnis Anda

Membeli Yang Benar-Benar Penting Sesuai Takaran Yang Sesuai

Di tengah  perkembangan teknologi sekarang ini, akan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah membuat konsumen untuk selalu ingat akan bisnis Anda.

Baca Juga: Pasti Sukses! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Mulailah dengan metode subscribtion email. Kirimkan konten secara rutin; baik mingguan atau bulanan kepada konsumen.

Setiap konten yang dikirimkan ini akan membuat konsumen selalu ingat akan merek atau bisnis Anda, sehingga disaat mereka membutuhkannya mereka akan mencari Anda untuk mendapatkan produk atau jasa tersebut.

Cara lainnya adalah, dengan memanfaatkan sosial media. Anda dapat membuat akun sosial media berupa Facebook, Instagram, atau sosial media lainnya yang dapat membuat Anda tetap terhubung dengan para konsumen.

Baca Juga: Tips Berjualan di E-Commerce Supaya Untung Besar 

Dengan hubungan yang dekat ini, akan memudahkan konsumen menyampaikan keinginan dan kebutuhannya yang dapat Anda tindak lanjuti dengan cepat.

Nah, itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis online Anda memiliki pelanggan setia.

Seiring dengan pertumbuhan pelanggan setia, maka Anda juga akan memiliki pertumbuhan dari segi kebutuhan supply barang ataupun jasa yang Anda jual.

Baca Juga: Makin Cuan di Era Cashless Society dengan 5 Ide Bisnis Ini!

Pastikan Anda telah memiliki persiapan yang matang untuk hal ini, salah satunya adalah dalam hal modal guna pemenuhan supply barang.

Jika Anda memiliki masalah dalam hal ini. Anda dapat mengajukan pinjaman usaha melalui P2P Lending dengan mudah.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pembiayaan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!


Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.