10 Kata Motivasi dari Pebisnis Sukses Dunia dan Maknanya

Motivasi dari Pebisnis Sukses Dunia

Menjadi seorang pebisnis tidak mudah, ada banyak tantangan baik dari dalam bisnis maupun dari luar bisnis.

Akan tetapi seorang pebisnis yang sukses akan bertahan di tengah kegelapan dan bangkit menuju terang.

Bagi kamu para pebisnis yang sedang mengalami masa kelam, dan sedang mencari penguat, berikut ini adalah beberapa kata motivasi dari para pengusaha yang telah sukses yang bisa kamu jadikan semangat.

  • Kata motivasi dari Phil Knight 

Phil Knight merupakan salah satu pebisnis sukses. Bisnisnya yang menggunakan tag line “Just Do It” memang merupakan salah satu brand sport paling terkenal di dunia. Ya! Phil Knight pendiri Nike juga pernah mengalami masa pahit.

Phil memberikan kata motivasi : “mainkan sesuai dengan aturan, tapi lakukan dengan ganas”.

Menurut Phil kata motivasi ini dan juga tag line barang yang dimilikinya sangat lekat. Artinya dimana ada aturan, lakukan semuanya sesuai dengan aturan karena aturan menjaga persaingan tetap sehat.

Akan tetapi lakukan semuanya dengan ganas untuk mendapatkan kesuksesan dalam persaingan ini.

  • Kata motivasi dari Warren Buffett

Kata motivasi kedua kita dapatkan dari Warren Buffet. Warren memberikan kata motivasi “membuat keputusan yang benar penting, tapi jangan juga membuat kesalahan terlalu banyak.”

Warren Buffet dikenal sebagai salah satu pebisnis atau pengusaha yang sangat sukses. Dalam usahanya, Warren juga sering membuat keputusan yang salah. Akan tetapi hal ini tidak masalah selama kamu tidak terlalu sering membuat keputusan yang salah.

Inti dari kata motivasi ini adalah membuat keputusan dengan benar sama pentingnya dengan menghindari keputusan yang salah. Oleh karena itu, lakukan segala sesuatu dengan perencanaan yang matang.

  • Kata motivasi dari Seth Godin

Seth Godin merupakan salah satu pengusaha dan juga penulis dari Amerika Serikat. Ia merupakan mantan eksekutif bisnis dotcom.

Menurutnya “ide menarik tidak pernah padam, hanya saja keinginan untuk mengeksekusinya yang minim”.

Dalam kata motivasinya di atas, Seth ingin memberikan pernyataan bahwa bicara adalah hal yang mudah.

Menurutnya ide sangat banyak dan sangat mudah ditemukan. Akan tetapi hanya beberapa yang benar-benar menyulapnya menjadi sebuah tindakan terlepas dari semua masalah yang dihadapi.

  • Kata motivasi dar Steve Jobs

Satu lagi kata motivasi dari pebisnis yang sukses hingga akhir hayatnya yaitu Steve Jobs, siapa yang tidak tahu dan tidak kenal dengan nama ini? Meskipun ia telah meninggal tapi namanya tetap abadi bersama karya besarnya yaitu Apple.

Menurutnya “Jika kamu melihat lebih dalam, sebagian besar orang yang sukses dalam semalam telang menghabiskan banyak waktu berusaha’.

Dalam kata motivasi ini Steve ingin menyampaikan bahwa pada dasarnya tidak ada kesuksesan yang bisa didapatkan hanya dalam waktu 1 malam.

Jika kamu melihat seseorang sukses hanya dalam waktu semalam, artinya sesungguhnya sudah ada ribuan malam di belakangnya.

Pada pebisnis sukses menghabiskan ribuan malam untuk menggali tanah keras sebagai lahan menanam pohon agar pohon hidup tubuh di lingkungan yang kuat. Di sini bisnis diibaratkan sebagai pohon.

  • Kata motivasi dari Henry Ford 

Sesuai dugaan kamu, Henry Ford adalah pemilik dan founder dari perusahaan multinasional Ford. Sebagai pendiri Ford, Henry juga menemukan banyak tantangan dan rintangan di dalam perjuangannya membangun perusahaan mobil ini.

Hal inilah yang menyebabkan Henry sadar bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Menurutnya “Kegagalan merupakan kesempatan untuk memulai segalanya kembali.

Hanya saja kamu harus lebih cerdas”. Artinya ketika menghadapi kegagalan, kamu tidak perlu menyesal dan juga merasa stres.

Hal ini disebabkan karena kamu bisa memulai segala sesuatunya kembali. Hanya saja saat memulai bisnis, kamu kembali, hindari melakukan kesalahan-kesalahan yang sama dengan kesalahan sebelumnya.

Harus lebih banyak persiapan, belajar dari kesalahan dan merencanakan segala sesuatunya dengan lebih baik agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  • Kata motivasi dari Mark Zuckerberg

Selanjutnya tokoh yang juga sukses dalam menjalankan bisnisnya adalah Mark Zuckerberg. Seperti yang kita ketahui Mark merupakan seseorang yang dari bisnis online paling sukses hingga tahun 2021 ini.

Ia menyatakan bahwa “risiko terbesar yang dihadapi oleh seseorang adalah ketika ia tidak mengambil risiko apapun.

Hal ini disebabkan karena dunia berubah dengan sangat cepat. Sedangkan salah satu strategi untuk ikut menghadapi perubahan adalah dengan mengambil risiko”.

Menurut Mark, perubahan zaman dapat di hadapi dengan banyak strategi. Akan tetapi ketika strategi kamu adalah tidak mengambil risiko, menurut Mark ini menjadi salah satu strategi paling buruk dan dijamin gagal dalam menghadapi perubahan.

  • Kata motivasi dari Larry Page

Larry page merupakan pendiri Google. Pasti kamu tahu bukan seberapa besar usaha Google saat ini?

Kesuksesan Google ini tidak terjadi dalam satu malam. Ada banyak sekali perubahan dan peningkatan yang dilakukan agar Google menjadi seperti sekarang ini.

Dibalik kesuksesannya ini, Larry Page memiliki banyak prinsip. Salah satunya adalah mengenai tujuan dan motivasi bisnisnya.

Menurutnya “ketika seseorang termotivasi dengan uang, mereka akan menjual perusahaan mereka dan duduk santai di pantai”.

Menurut Larry sebuah usaha yang sukses dan berkelanjutan tidak hanya berhenti saat perusahaan tersebut memiliki nilai.

Sebuah motivasi terbaik untuk menjalankan bisnis adalah tidak menggunakan uang sebagai motivasi utama.

Karena ketika tujuan bisnis adalah uang, kamu akan merasa lebih cepat puas dengan pencapaian kamu saat ini.

  • Kata motivasi dari Jeff Bezos

Satu lagi motivasi pebisnis yang bisa kita gunakan sebagai acuan untuk motivasi bisnis berasal dari Jeff Bezos. Jeff merupakan pendiri dari Amazon. Menurutnya salah satu kunci sukses adalah dengan menghadapi kritik dengan benar.

Menurut Jeff, “ketika seorang pengusaha tidak bisa mentoleransi sebuah kritik, ia tidak boleh melakukan sesuatu hal yang baru dan menarik”. Dalam kata motivasi ini hal baru ini mengacu pada sebuah bisnis.

Menurut Jeff, kritik akan selalu ada terutama bagi para pengusaha, akan tetapi jika kamu tidak bisa menerima kritik, baik itu kritik yang membangun apapun yang tidak, sebaiknya kamu mencari pekerjaan lain, karena kritik bukan hanya selalu ada tapi juga merupakan salah satu pembangun bisnis  kamu.

  • Kata motivasi dari Jack Ma

Salah satu tokoh paling sukses dan kisahnya paling menginspirasi adalah Jack Ma. Terlahir dari sebuah keluarga miskin dan pernah bekerja secara serabutan, Jack Ma kini berhasil membuktikan dirinya menjadi salah satu pengusaha tersukses di dunia melalui produk e-commerce yang dimilikinya yaitu Alibaba.

Menurut pemahaman Jack Ma, sangat diperbolehkan untuk belajar dari pesaing kamu, akan tetapi kamu tidak boleh meniru! Ketika kamu meniru, karier kamu tamat.

  • Kata motivasi dari Walter Disney

Satu lagi tokoh populer yang melegenda dalam dunia usaha adalah Walter Disney. Walter Disney merupakan pendiri dari bisnis studio creator dan juga Disneyland. Kedua bisnisnya ini sangat sukses dan menghasilkan banyak keuntungan.

Menurut Walter ”ketika kamu memiliki mimpi, kamu bisa melakukannya”, terlepas dari apapun mimpi tersebut. Oleh karena itu ketika kamu memiliki mimpi dan harapan go for it!

Ayo, jadikan semangatmu menaikkan level bisnismu bersama KoinWorks.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Miko

Miko

Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.