4 Hal yang Diajarkan Jeff Bezos Pendiri Amazon Kepada Para Pebisnis – Jeff Bezos memulai Amazon 23 tahun yang lalu sebagai toko buku online dan hari ini telah berkembang menjadi peritel internet terbesar di dunia.

Tentunya ada banyak sekali pola kerja Jeff Bezos pendiri Amazon yang dapat dipelajari para pemilik bisnis. Maka dari itu, untuk memahaminya, artikel ini berisi pendapat dari empat alumni Amazon, yang semuanya telah memimpin perusahaan mereka sendiri saat ini.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

Mereka memaparkan pelajaran berharga yang mereka pelajari dari pria paling berani yang mereka kenal:

4 Hal yang Diajarkan Jeff Bezos Pendiri Amazon Kepada Para Pebisnis

1. Pelajaran Pertama: Jangan khawatir dengan uangnya

pendapatan dari gaji - uang - Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta - Mengumpulkan Modal Investasi

Tahun pertama saya di Amazon, saya bertanggung jawab atas 'pengelolaan ruang angkasa', yang berarti mengawasi bagaimana penyimpanan digunakan di gudang kami.

Saya membuat kesalahan dan menempatkan terlalu banyak produk di bagian paling atas rak kami, dan saat pesanan masuk, para pekerja tidak dapat membawa barang cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Itu adalah kesalahan besar, jadi saya menanyakan kepada Jeff dengan sebuah rencana untuk menghemat uang kita dengan membatalkan pesanan yang sedikit.

Saat itu, saya bangga dengan diri saya sendiri karena saya pikir saya sedang menyelamatkan situasi.

Namun, dia menatapku dan berkata, “Berhenti. Jangan khawatir dengan uangnya. Lakukan segala sesuatunya secepat mungkin; jangan lewatkan satu perintah pun. Cari tahu berapa harganya, dan pastikan itu tidak terjadi lagi.”

Sebagian besar perusahaan mengklaim bahwa pelanggan adalah hal yang paling penting, namun mereka akan melakukan apa yang benar bagi perusahaan.

Bagi Jeff Bezos, melakukan apa yang tepat untuk pelanggan akan lebih penting dibandingkan melakukan suatu hal yang tepat untuk perusahaan.

Nadia Shouraboura, pendiri dan CEO, Hointer

2. Pelajaran Kedua: Lupakan hasilnya dan fokus pada masukan

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - feedback

Ketika Anda melihat bagaimana Jeff Bezos berinteraksi dengan Wall Street, dia berkata, “Dengar, saya tidak peduli dengan pendapatan dan keuntungan. Jika Anda ingin memintaku bertanggung jawab atas pendapatan dan keuntungan, maka Amazon bukanlah saham yang harus Anda beli.”

Sebaliknya, dia berfokus pada masukan: bagaimana inisiatif baru diintegrasikan dengan Amazon. Ia berfokus kepada jumlah rumah di Amerika Serikat yang mampu dia berikan, dan jumlah gudang yang dia bangun.

Jeff Bezos selalu berfokus kepada pertumbuhan dan masukan tanpa melihat kepada hasilnya. Ia tidak akan ragu untuk terus bertumbuh meskipun hasil yang dituju masih terlihat jauh.

— Guru Hariharan, pendiri dan CEO, Boomerang Commerce

3. Pelajaran Ketiga: Jadilah pemimpin, bukan hanya penentu

tipe-pemimpin-yang-ideal-dalam-perusahaan

Kembali di tahun 2003, saya adalah salah satu dari sedikit orang yang mendapat kesempatan untuk memulai Amazon Web Services, yang menyediakan aplikasi cloud computing dan saat ini telah menjadi bisnis yang sangat besar.

Saya ditugaskan untuk memikirkan cara memonetisasi layanan web, dan saya bekerja cukup dekat dengan Jeff Bezos.

Kira-kira setahun, tim saya punya ide untuk program loyalitas. CIO kami, Rick Dalzell, mengadakan pertemuan dengan Jeff, dan ia mengatakan bahwa itu bukan ide yang bagus untuk Amazon.

Kemudian saya bertanya kepadanya, 'Bisakah Anda menjelaskan alasannya?' Dia dapat dengan mudah memecat saya, tapi dia dengan sabar menjelaskan mengapa gagasan kami tidak baik untuk perusahaan tapi akan bagus untuk penerapan bisnis lain.

Saat itu, saya mempelajari dua hal, salah satunya adalah kejernihan pikiran yang saya lihat dari Jeff. Hal itu memaksa saya untuk berpikir.

Di situlah jenis kejernihan pemikiran yang saya inginkan. Kedua, ini memperkuat kepercayaan saya kepadanya sebagai pemimpin, karena dia menggunakan waktu ini untuk mendidik saya.

— Vikas Gupta, salah satu pendiri dan CEO, Wonder Workshop

4. Pelajaran Keempat: Bahkan saat Anda tumbuh, temukanlah cara untuk tetap rendah hati

rahasia keuangan orang terkaya - terus belajar

Jika saya ingin meringkas gambaran tentang bagaimana rasanya memiliki Jeff Bezos sebagai pemimpin perusahaan, itu akan menjadi sebuah pemikiran yang besar.

Slogan internal Amazon benar-benar diwujudkan secara nyata, yaitu 'Work hard. Have fun. Make history.’ Kuncinya adalah membuat semua orang tetap fokus pada kebutuhan pelanggan.

Menurut Jeff Bezos, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatur tenaga kerja menjadi tim kecil yang dekat dengan pelanggan.

Pada tahap awal Amazon Web Services, tim saya sangat fokus pada pelanggan yang menginginkan pembayaran, sementara tim lainnya berfokus pada pelanggan yang membutuhkan penyimpanan.

Gagasan tentang tim kecil ini dibuat untuk menjaga kedekatan dengan pelanggan. Hal ini adalah pengingat penting mengapa Amazon bisa menjadi sangat sukses.

— Jeff Lawson, co-founder and CEO, Twilio

Nah, itulah tadi 4 hal yang dapat dipelajari dari kesuksesan seorang pengusaha sukses saat ini, Jeff Bezos Pendiri Amazon.

Baca Juga: 5 Tahap Menerapkan Digital Marketing guna Meningkatkan Penjualan Bisnis

Semua usaha yang saat ini besar telah dibangun melalui kerja keras dan pemikiran hebat yang ada. Saat ini, tanpa harus mengalami kegagalan terlebih dahulu,

Anda dapat lebih cepat mengembangkan bisnis dengan belajar melalui orang-orang hebat yang telah berhasil membangun bisnisnya.

Cukup amati dan lakukan, maka bisnis Anda pasti akan berkembang sama seperti mereka. Teruslah mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi, selalu lakukan inovasi di dalamnya, walaupun mungkin hal ini akan membutuhkan biaya yang lebih lagi.

Baca Juga: 7 Ilmu Bisnis dari McDonald yang Bisa Anda Pelajari

Apabila Anda kemudian membutuhkan bantuan pinjaman modal untuk meningkatkan semua hal tersebut lebih lagi, maka KoinWorks dapat menjadi solusi yang tepat untuk ini.

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.