Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Pemilihan Lokasi Menentukan Kesuksesan Bisnis Martabak? Ini Alasannya!

Pemilihan Lokasi Menentukan Kesuksesan Bisnis Martabak? Ini Alasannya!

·
4 menit
inilah faktor yang harus diperhatikan untuk memilih lokasi bisnis martabak

Sebagai pemilik bisnis martabak, kamu harus mampu menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnismu.

Kamu harus bisa menentukan pemilihan lokasi yang kira-kira akan memberikan income yang paling banyak dalam bisnis martabak milikmu ini.

Dengan pemilihan yang tepat, kamu bisa mendapatkan pendapatan yang maksimal.

Pendapatan maksimal tidak akan bisa kamu dapatkan apabila kamu tidak mampu memilih lokasi dengan tepat. Apalagi lokasi bisnis martabak merupakan hal yang sangat penting.

Hal itu karena bisnis martabak sendiri identik dengan lokasinya yang biasa orang-orang temukan di sepanjang jalan, bukan merupakan toko online. 

Karena termasuk usaha offline, maka dari itu kamu harus memperhatikan lokasi tempat kamu membuka usaha ini. Bisnis martabak yang tidak berada pada tempat yang sesuai, hanya akan membuatmu mengalami kerugian terus-menerus.

Agar hal seperti ini tidak terjadi, diperlukan pemilihan lokasi yang tepat.

Agar mendapatkan lokasi yang paling tepat, pemilihan lokasi untuk menjalankan bisnis martabak mu ini harus kamu lakukan dengan penuh pertimbangan.

Kamu bisa mempertimbangkan berbagai hal contohnya adalah jumlah orang yang menjadi target penjualanmu di sekitar lokasi tersebut.

Kemudian, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal lainnya mulai dari budget, tingkat strategis lokasi, dan sebagainya.

Sebagai pemilik usaha bisnis martabak, jangan sampai kamu melakukan kesalahan saat menentukan lokasi usaha milikmu ini.

Agar kamu bisa menentukan lokasi untuk menjalankan usahamu dengan pilihan yang tepat, simak pembahasan berikut ini.


Faktor Pemilihan Lokasi untuk Menjalankan Bisnis Martabak 

1. Kedekatan Tempat dengan Jalan Raya

Faktor pertama yang sangat berpengaruh saat menentukan pemilihan lokasi untuk menjalankan bisnis martabak adalah seberapa dekat lokasi tersebut dengan jalan raya. Semakin dekat lokasinya dengan jalan raya, maka akan semakin bagus.

Hal ini karena apabila kamu memiliki bisnis martabak yang berlokasi di tepi jalan raya, maka orang-orang bisa dengan mudah menemukan usahamu ini.

Dengan begitu, peluang untuk mereka berhenti sejenak dan membeli martabak milikmu juga akan semakin besar. 

Berbeda dengan bisnis martabak yang berada jauh dari jalan raya. Pelanggan yang datang juga biasanya hanya warga sekitar.

Karena mengandalkan pelanggan yang itu-itu saja, maka apabila mereka mulai merasa bosan, maka mereka tidak akan lagi pergi ke tempatmu.

Bisnis martabak yang berada jauh dari jalan raya akan sulit mengalami perkembangan. Walaupun kamu melakukan berbagai inovasi dan ide kreatif pada usahamu, hal itu akan sia-sia saja apabila pelanggan mu hanya itu-itu saja. 

Berbeda halnya ketika bisnis martabak milikmu berada dekat dengan jalan raya. Kamu bisa melakukan berbagai inovasi untuk semakin menarik perhatian dari orang-orang yang berlalu lalang di sekitar jalan tersebut.

Dengan inovasi yang kamu lakukan, maka akan semakin banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan bisnis martabak penuh inovasi milikmu ini.

2. Ketersediaan Tempat untuk Berhenti dan Parkir

Selain dekat dengan jalan, kamu juga harus memperhatikan ketersediaan tempat untuk parkir.

Apabila kamu berjualan di tempat yang sangat sempit dan terlalu padat, maka akan banyak orang-orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli martabakmu karena susahnya lahan untuk parkir.

Biasanya, kebanyakan orang akan mengurungkan niatnya untuk memberhentikan kendaraan mereka di jalan yang tidak memiliki tempat parkir yang cukup.

Selain akan mengganggu pengendara lain, orang yang parkir sembarangan juga akan mendapat sanksi sesuai yang tertuang pada UU No 22 Tahun 2009

Parkir tidak pada tempatnya akan mengganggu fungsionalitas dari jalan raya itu sendiri. Pelanggaran semacam ini akan mengakibatkan kemacetan di jalan raya.

Apabila mengacu pada UU tersebut, maka denda paling banyaknya adalah 250 ribu rupiah atau kurungan paling lama satu bulan. 

Hal semacam ini tentunya akan membuat orang-orang semakin tidak nyaman dan tidak tertarik untuk mampir ke bisnis martabak milikmu. Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan ketersediaan lahan parkir di sekitar tempat bisnismu.

3. Ketepatan dalam Menentukan Sisi Jalan yang Kamu Gunakan

Faktor yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah sisi jalan yang kamu pilih. Kamu harus bisa memilih lokasi yang berada di sebelah kiri jalan, bukan kanan jalan.

Bagaimana cara menentukan mana yang kiri jalan dan mana yang kanan jalan? Bukannya keduanya itu sebenarnya sama saja?

Dalam dunia bisnis, kedua hal ini sangat berbeda.

Sisi kiri jalan berarti orang-orang akan lebih mudah untuk mampir ke bisnis martabak milikmu ini karena mereka tidak perlu repot-repot untuk menyeberang jalan.

Sedangkan sisi kanan jalan berarti harus membuat seseorang menyebrang apabila ingin berhenti dan mampir ke kanan jalan.

Cara membedakannya adalah dengan mengacu kepada letak pusat kota. Sisi kiri jalan merupakan sisi yang orang-orang gunakan untuk jalur ketika mereka pulang kerja.

Dalam hal ini, berarti jalur yang mereka gunakan ketika mereka pulang dari pusat kota. Sebagai contoh, apabila letak pusat kota berada di sebelah utara, berarti yang termasuk sisi kiri adalah sebelah timur dari jalan, dan sisi sebelah kanan adalah arah barat dari jalan.

Hal seperti ini harus kamu perhatikan karena biasanya orang-orang akan lebih senang berhenti sejenak ketika mereka pulang ke rumah. Sangat jarang ada orang yang menyempatkan waktunya saat berangkat bekerja untuk mampir sebentar membeli martabak di pinggir jalan.

Maka dari itu, ketika kamu menempatkan bisnis martabak milikmu berada di sebelah kiri sisi jalan bagi orang yang pulang kerja, maka orang-orang bisa lebih mudah untuk mampir ke bisnis martabakmu ini.

4. Kedekatan Lokasi dengan Pusat Perbelanjaan

Faktor yang terakhir yang bisa kamu perhatikan adalah seberapa dekat lokasi bisnis martabak milik kamu dengan pusat perbelanjaan. Hal semacam ini juga akan mempengaruhi seberapa ramainya orang yang membeli martabakmu.

Apabila kamu bisa mendapatkan tempat yang dekat dengan pusat perbelanjaan, maka akan semakin banyak orang yang melewati jalan tersebut. Dengan begitu, maka akan semakin banyak juga orang yang melihat dan mengetahui bisnis martabak milikmu.

Sehingga, ketika mereka ingin membeli martabak, mereka akan mampir ke tempat bisnis mu karena sudah mengetahui lokasinya.

Selain itu, orang-orang juga akan sering mengunjungi tempat bisnis martabak milikmu ini. Hal ini karena dekatnya pusat perbelanjaan, sehingga orang-orang akan menjadi lebih sering mengunjungi tempat itu daripada tempat yang lain. 

Kemudian, setelah selesai dari pusat perbelanjaan, biasanya mereka yang ingin sekalian membeli makanan untuk mereka bawa pulang, akan mencari-cari penjual makanan di sekitar tempat perbelanjaan itu.

Nah, saat saat seperti inilah yang bisa membuat bisnis martabak milik kamu menjadi lebih sering dikunjungi daripada di tempat yang lain.


Faktor yang Harus Kamu Perhatikan saat Menentukan Lokasi untuk Memulai Bisnis Martabak

Dengan memperhatikan beberapa faktor pemilihan lokasi tersebut, bisnis martabak yang kamu jalankan bisa menjadi lebih ramai dan memiliki banyak pelanggan.

Semakin banyaknya pelanggan yang datang dan membeli martabakmu pastinya akan membuat pendapatanmu semakin bertambah.

Sehingga, kamu bisa dengan mudah mengembangkan bisnis martabak milikmu seperti mulai membuka cabang, meningkatkan kualitas bahan, dan sebagainya.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​