Kesalahan Memilih Lokasi Usaha Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula – Bermimpi untuk memiliki usaha yang sukses tentu sah-sah saja bagi para pengusaha pemula.

Bahkan, memilih investasi dengan membuka usaha bisa lebih baik dari pada investasi dengan mendapatkan bunga deposito.

Namun, tidak jarang para pengusaha pemula yang awalnya memiliki semangat ’45 kemudian setelah jalan beberapa bulan tampak lesu dan tidak semangat lagi. Kegagalan bisnis bisa saja terjadi karena beberapa hal dan salah satunya karena salah memilih lokasi usaha.

Baca Juga: 6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Ada sebuah kalimat bijak yang mengatakan bahwa lokasi bisa menentukan prestasi. Artinya pemilihan lokasi adalah modal awal bagaimana usaha Anda akan maju dan berkembang atau tidak. Oleh sebab itu, pemilihan lokasi sangat penting.

Sebagai contoh, pemilihan lokasi yang strategis, walau jumlah pesaing banyak, Anda masih bisa bersaing dan bertahan dengan bisnis Anda. Inilah urgensinya memilih lokasi yang tepat.

Berikut beberapa kesalahan pengusaha pemula dalam memilih lokasi usaha;

Kesalahan Memilih Lokasi Usaha Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

1. Memilih lokasi di jalan padat

Banyak pengusaha pemula yang berpikir bahwa lokasi yang ramai bisa menghasilkan banyak keuntungan. Dipilihlah lokasi yang menghadap jalan dimana jalan tersebut penuh, padat dan sesak.

Jika Anda mendefinisikan kata ramai dengan jalan yang padat tentu keliru. Di area atau lokasi dengan jalan yang padat, orang enggan untuk berhenti karena beberapa hal berikut;

  • Susah untuk keluar dari kepadatan jalan menuju toko atau usaha Anda
  • Susah masuk karena harus menunggu posisi yang pas atau malah terbawa arus dan tidak bisa belok
  • Jikapun bisa belok dan masuk area toko, ia akan susah untuk bisa masuk ke jalan yang padat, paling tidak ia akan menunggu lama

Inilah yang membuat malas konsumen untuk datang. Jika menggunakan sepeda motor saja susah untuk keluar masuk area toko, bagaimana dengan mobil?


2. Memilih lokasi yang susah diakses

Sudah menjadi sebuah keharusan jika lokasi usaha harus di tempat yang mudah diakses. Namun, terkadang Anda tidak memiliki pilihan lain karena budget atau beberapa hal.

Namun, ini bukan berarti Anda memilih lokasi yang susah diakses seperti;

  • Jalan sempit baik untuk motor atau mobil
  • Lokasi jauh dari keramaian
  • Lokasi masuk atau di dalam dan jauh dari jalan
  • Lokasi susah dihafal
  • Lokasi kurang dilewati orang
  • dll

3. Memilih lokasi dengan area parkir yang sempit

Area parkir adalah hal wajib yang harus Ada pada setiap jenis usaha terutama jika Anda ingin lebih banyak konsumen yang datang. Area parkir yang cukup luas tentunya membuat konsumen lebih mudah mengakses toko atau bisnis Anda.

Baca Juga: Strategi Memilih Ruang Sewa Toko Di Mal Premium

Mereka juga lebih nyaman dengan area parkir yang luas karena bisa leluasa memarkirkan kendaraan mereka.

Jika area parkir sempit, khususnya pengguna mobil tentu akan mengeluh dan bahkan malas untuk datang karena susah untuk memarkir kendaraannya. Maka, pertimbangkan area parkir dengan baik sehingga konsumen merasa nyaman.


4. Memilih lokasi dengan banyak kompetitor

Memang benar jika rizki sudah ada yang mengatur. Tapi, kita harus tetap berusaha. Memilih lokasi bisnis yang sudah dipenuhi pesaing tentu akan membuat bisnis Anda mandeg atau macet.

Paling bagus, Anda hanya bisa bertahan disana tanpa bisa melakukan ekspansi. Oleh sebab itu, carilah lokasi dengan jumlah kompetitor yang sedikit.

Ingat hukum pembagian berlaku di sini. Contoh, jika ada satu usaha maka 100% konsumen akan datang. Jika ada 2 usaha maka masing-masing dapat 50% begitu juga seterusnya.

Memang tidak pasti angka prosentasenya, tapi paling tidak, begitu gambaran pembagian konsumen ketika ada banyak pesaing.


5. Memilih lokasi dengan peluang minim

Hal ini bisa terjadi ketika Anda tidak melakukan survey dan riset. Penting untuk melakukan survey dan riset lokasi bisnis sebelum Anda memilih lokasi tersebut untuk usaha Anda.

Dengan begini, maka Anda bisa menentukan apakah peluang bisnis di lokasi tersebut terbuka lebar atau tidak.

Silahkan coba terapkan tips di atas sebelum Anda memilih lokasi usaha Anda. Jika Anda bisa memilih lokasi yang strategis, maka keuntungan dari bunga deposito juga bisa dikalahkan dengan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan. Tentu, Anda akan membutuhkan strategi marketing juga walau lokasi sudah strategis.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.