Menciptakan Blue Ocean Bagi Bisnis Anda

membangun brand bisnis - blue ocean

Menciptakan Blue Ocean Bagi Bisnis Anda – Persaingan dunia bisnis bukan menjadi hal asing dan baru karena yang namanya orang ingin memperoleh keuntungan dari usaha yang dilakukan memang harus berkompetisi dengan pihak lainnya.

Hanya saja, memenangkan persaingan bukanlah hal yang mudah karena Anda harus benar-benar bekerja keras jika ingin mengalahkan kompetitor dan memperoleh keuntungan maksimal.

Ada satu cara efektif untuk bisa mengalahkan kompetitor yaitu menciptakan blue ocean bagi bisnis Anda. Apakah itu?

Blue ocean merupakan sebuah strategi dalam memanajemen bisnis dengan cara menciptakan sebuah pangsa pasar baru yang masih belum diminati atau dipenuhi oleh berbagai persaingan ketat lainnya.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Hal ini bertujuan agar bisnis mampu menjangkau permintaan konsumen dan memenuhi rasa penasaran maupun juga dengan keinginan konsumen akan sebuah terobosan baru yang mungkin dianggap lebih menarik dan bermanfaat bagi mereka.

Jika Anda menginginkan contoh konkrit dari strategi yang disebut dengan blue ocean ini, maka cobalah untuk melihat produk ciptaan Steve Jobs yang mendunia yaitu Apple.

Apple menciptakan produknya yang disebut dengan ipod yang merupakan sebuah terobosan baru dalam industri musik dengan menggunakan sistem digital.

Dikatakan produk yang benar-benar baru karena dahulu hampir semua industri musik masih bersaing dalam pangsa pasar tradisional yaitu menggunakan kaset ataupun CD.

Dianggap masih belum efisien, Apple pun menciptakan dunia musik digital yang langsung melejit dan banyak sekali konsumen yang meninggalkan cara konvensional dalam menikmati musik.

Baca Juga: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan, Ini 4 Hal Berharga Soal Customer Service dari Kartun Winnie the Pooh

Prinsip strategi yang digunakan sebenarnya adlah menemukan sekaligus menetapkan peluang dan potensi dari pangsa pasar baru dimana masih belum banyak disadari oleh banyak pihak. Itu artinya, bisnis tersebut dapat mengusai pasar tanpa kompetitor.

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mampu menjalanlankan teknik strategi blue ocean jika Anda tertrik untuk mencobanya sebagai berikut:

Menciptakan Blue Ocean Bagi Bisnis Anda

1. Eliminasi

Dalam setiap bisnis pasti ada elemen-elemen yang sebenarnya dianggap baik namun tidak berguna bagi masyarakat.

Baca Juga: Haruskah Anda Melewati Perguruan Tinggi demi Menjalani Bisnis?

Oleh sebab itu, Anda harus mengeliminasinya sehingga mampu lebih memaksimalkan fitur ataupun bagian yang tersedia.

Mungkin terkadang Anda memikirkan jika memang benar bahwa elemen tersebut tidak ada gunanya hanya saja karena faktor kebiasaan, fitur tak berguna itu pun juga ditawarkan kepada konsumen.

Tidak perlu Anda merasa kehilangan atau merasa ada yang kurang jika menghilangkan produk itu karena Anda justru bisa lebih menonjolkan karakter dari produk utama yang menjadi primadona dari bisnis Anda.

2. Mengurangi

Mengurangi berbeda dengan mengeliminasi karena arti mengurangi bukanlah menghilangkan produk tersebut atau berbagai fitur yang tidak berguna.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis Seperti David Beckham? Simak 5 Tips Berikut

Jika Anda tidak ingin menghuilangkan fitur yang tak berguna itu seluruhnya, maka setidaknya Anda bisa menguranginya di bawah standar industri sehingga pengeluaran juga akan lebih hemat.

Fitur yang sebenarnya tidak memberikan banyak kontribusi sekaligus nilai pada masyarakat sebaiknya benar-benar dieliminasi sehingga bisnis menjadi lebih terarah sekaligus menghasilkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan usaha lainnya.

3. Meningkatkan

Setelah mengurangi fitur yang dianggap kurang memberikan manfaat, maka selanjutnya Anda harus meningkatkan standar dan juga fitur yang memiliki nilai cukup tinggi sekaligus bermanfaat bagi para pelanggan meskipun sebenarnya fitur tersebut telah ditawarkan oleh para kompetitor Anda yang lain.

Baca Juga: Trailer Deadpool 2 Dirilis, Ini 3 Hal Menarik Soal Strategi Marketing dari Film Pertamanya

Hanya saja inilah sebuah peluang untuk Anda membuat sebuah pembeda dari produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya.

4. Menciptakan

Disini Anda bukan hanya dituntut untuk melakukan inovasi dari produk yang sudah ada sebelumnya melainkan juga harus menciptakan sesuatu yang baru sebagai sebuah terobosan yang mampu memikat hati para konsumen.

Baca Juga: Sebelum Memperoleh Kesuksesan, Ini 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis

Ciptakan sebuah fitur yang mampu memberikan nilai dan manfaat lebih pada konsumen agar usaha yang Anda buat benar-benar diterima oleh masyarakat luas.

5. Buatlah slogan yang unik

Untuk mempatenkan produk yang Anda miliki, maka sebaiknya Anda menciptakan logo maupun juga slogan unik dan cukup berkesan bagi para pelanggan.

Baca Juga: 7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga

Sebelum pelanggan membeli atau mencoba produk yang Anda miliki, maka hal pertama yang akan mereka lihat adalah slogan.

Bahkan bila slogan dinilai sangat bagus, maka mereka akan selalu mengenangnya jangka panjang dan bila mereka melihat slogan tersebut, maka mereka akan langsung teringat pada bisnis Anda.

Dengan menciptakan blue ocean bagi bisnis Anda, maka pangsa pasar pun akan dikuasai dengan mudah sekaligus meningkatkan omzet yang menjadi target seseorang melakukan bisnis.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.