35 Ide Bisnis Menarik dan Menjanjikan di 2023

ide bisnis menarik

Berencana menjajal dunia bisnis? Kalau iya, KoinWorks telah merangkum beberapa ide bisnis menarik dan menjanjikan di 2023 khusus buat kamu, lho.

Ngomongin soal ide bisnis 2023, sebenarnya tak jauh berbeda dari tren sejak pandemi Covid-19. Pandemi telah mengubah kebiasaan yang telah terbangun belasan hingga puluhan tahun yang lalu, termasuk dalam hal digitalisasi bisnis.

Misalnya, transaksi jual beli barang atau jasa dahulunya sebagian besar dilakukan secara konvensional mulai beralih ke digital. Cukup dengan sentuhan ponsel, produk yang kamu beli bisa sampai di rumah, begitupun sebaliknya. 

Sebagai calon pebisnis, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha, lho. 

Jika kamu ingin memulai usaha tetapi belum memiliki ide, simak beberapa ide bisnis menarik dan menjanjikan di 2023 berikut, yuk! 


35 Ide Bisnis di Tahun 2023

Selain memperhatikan peluang, sebelum memulai bisnis pastikan bidang yang kamu pilih benar-benar kuasai atau minati, ya. 

Sebab, tak semua usaha bisa dipelajari dalam waktu singkat. Untuk itu, pertimbangkan keahlian kamu sebelum memutuskan bidang bisnismu. Oke?

Berikut 35 ide atau peluang bisnis 2023 yang bisa kamu coba.


1. Bisnis Katering Sehat Kekinian

Tertarik dengan bisnis kuliner? Kalau iya, bisnis katering sehat bisa jadi pilihan kamu, lho. 

Dewasa ini, masyarakat mulai sadar akan pentingnya hidup sehat terutama dalam mengatur pola makan. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sehat atau bahkan merasa hal tersebut cukup ribet. 

Hal ini menjadikan bisnis katering sehat mulai dilirik oleh calon pebisnis.

Biasanya, model bisnis ini menyediakan pilihan makanan sesuai dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Misalnya, pelanggan yang sedang melakukan diet karbo bisa disesuaikan untuk komposisi karbohidratnya tidak lebih dari 150 gram per hari. 

Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnis ini kamu harus memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang kesehatan dan gizi makanan atau bekerjasama dengan ahlinya.

Dengan memanfaatkan teknologi sekarang kamu juga bisa mencoba bisnis makanan online yang pastinya mudah untuk dicoba.


2. Influencer

Tak hanya menjual produk secara fisik, menjadi seorang influencer juga bisa jadi ide bisnis di tahun 2023, lho. 

Pada dasarnya, influencer adalah publik figur di platform media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya yang memiliki jumlah pengikut yang tak sedikit. 

Banyaknya jumlah pengikut biasanya menarik influencer untuk mendapat tawaran kerjasama dengan suatu brand untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Nah, dari situlah mereka meraup penghasilan melalui media sosial.  

Namun, untuk menjadi seorang influencer memiliki pengikut yang banyak tidaklah cukup. Kamu perlu memiliki personal branding, yaitu citra diri yang unik dan solid. Tonjolkan hal yang kamu minati dan dalami bidang tersebut. 

Misalnya, kamu suka make up dan ingin memiliki ciri khas dengan membuat make up ala karakter animasi, maka jangan ragu untuk mendalaminya.  

Selain itu, cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan beauty influencer lainnya untuk sharing pengetahuan make up sekaligus membangun relasi

Dan yang tak kalah penting, sebagai seorang influencer kamu harus konsisten dalam membuat konten dan bangun interaksi dengan pengikutmu di media sosial.


3. Bisnis Scrapframe

Pernah dengar bisnis yang satu ini?

Bisnis scrapframe adalah bisnis kerajinan yang memadukan gambar dengan kertas atau kain yang disulap menjadi seni tiga dimensi untuk membuatnya lebih menarik. 

Desain kerajinan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, misalnya hadiah ulang tahun, kado pernikahan, kado wisuda, dan masih banyak lagi. 

Buat kamu yang hobi membuat kerajinan tangan, ide bisnis ini bisa kamu coba, nih.


4. Desain Interior

Saat ini, tak sedikit orang menginginkan hunian minimalis nan estetik. Tak heran jika jasa desain interior banyak dicari-cari.

Untuk memulai bisnis desain interior, terdapat dua hal penting yang harus kamu miliki, yaitu tenaga dan logistik. 

Dari segi tenaga, sebelum memulai bisnis ini kamu harus memiliki setidaknya satu orang desainer untuk merancang desain dan dua orang untuk mengeksekusi desain yang telah dirancang dan dan disepakati. 

Sementara itu, di sisi logistik kamu perlu memiliki setidaknya sebuah laptop untuk mengerjakan desain dan mengoperasikan software desain interior, dan workshop sebagai tempat pengerjaan proyek.


5. Sewa Alat Fotografi

Munculnya platform media sosial yang menyajikan konten visual membuat ide bisnis ini menarik untuk kamu coba di tahun 2023. 

Meskipun saat ini sudah banyak gawai yang memiliki fitur pengambilan gambar yang canggih, nyatanya fitur tersebut belum bisa menyaingi kamera DSLR maupun mirrorless dalam menghasilkan gambar yang ciamik, lho. 

Sayangnya, harga kamera yang relatif mahal membuat tak semua orang bisa memilikinya. Itulah mengapa membuka bisnis sewa alat fotografi bisa menjadi salah satu ide bisnis menarik di tahun 2023.


6. Blogger

Ide bisnis ini cocok bagi kamu yang hobi merangkai kata menjadi sebuah informasi menarik. 

Menjadi seorang blogger kerap diremehkan karena dianggap sebagai kegiatan untuk menyalurkan minat semata. 

Ternyata oh ternyata, menjadi seorang blogger juga bisa mendatangkan cuan dengan me-monetize Google Adsense, lho. 

Tak hanya dari tulisan saja, seorang blogger bisa menghasilkan uang dari endorsement, afiliasi, dan masih banyak lagi. 

Tertarik untuk menjadi blogger?


7. Inovasi Produk Camilan

Bisnis camilan juga bisa menjadi ide bisnis yang menarik di tahun 2023, lho. 

Tak hanya di tahun 2023 saja, sih. Kalau sedikit flashback, setiap tahunnya pasti ada saja camilan unik yang menjadi populer. 

Misalnya, croffle yang muncul di tahun 2021 dan sando sandwich di tahun 2022. 

Kira-kira camilan apa yang akan populer di tahun 2023, ya? 

Tidak menutup kemungkinan camilan hasil inovasi kamu yang akan populer di tahun depan, lho.

Menciptakan camilan yang unik dan anti mainstream bisa kamu mulai dengan melakukan inovasi dari makanan yang sudah ada. 

Gimana? Tertarik untuk berinovasi camilan?


8. Desain Mahar Pernikahan

Pernikahan merupakan momen sakral. Tak sedikit dari calon pengantin yang menginginkan desain mahar pernikahan yang unik dan anti mainstream. 

Hal ini bisa banget menjadi peluang bisnis 2023. Layaknya bisnis scrapframe, untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan berbahan kertas, kain, serta pernak-pernik lainnya. 

Hasil kreasi tersebut nantinya akan digunakan untuk menghias uang mahar pernikahan dan dimasukkan ke dalam bingkai.

Makin rumit desain yang dibuat, tentu akan membuat biaya desain uang mahar semakin mahal.


9. Konsultan Bisnis

Untuk merancang strategi bisnis, biasanya bisnis yang baru seumur jagung memerlukan bantuan jasa konsultan atau penasihat bisnis untuk memberikan masukan pengembangan bisnis

Tertarik untuk menjadi konsultan bisnis?

Kalau iya, sebelum memutuskan menjadi seorang konsultan bisnis, pastikan kamu harus mengantongi gelar di bidang ekonomi, pemasaran, ataupun bisnis, ya. Sebab, hal tersebut akan menjadi pertimbangan para pemilik bisnis dalam memilih penasihat bisnisnya. 

Selain itu, untuk menjadi seorang konsultan bisnis kamu juga harus memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan, seperti pengalaman dalam berbisnis maupun sebagai penasihat, wawasan dan koneksi yang luas.

Jadi, pastikan kamu telah menguasai beberapa hal di atas terlebih dahulu sebelum menjadi konsultan bisnis, ya.


10. Bisnis Barang Antik

Nah, kalau target pasar bisnis ini biasanya orang lanjut usia yang ingin bernostalgia. Namun, tak jarang pula anak muda yang menggemari barang antik. Itulah mengapa bisnis barang antik agaknya masih relevan di tahun 2023 mendatang. 

Sebelum memulai usaha ini, kamu tahu dulu barang antik apa saja yang biasanya laku di pasaran. Untuk itu, kamu perlu membangun relasi dengan seseorang atau komunitas kolektor barang antik. 

Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa mengetahui kebutuhan pasar, tetapi juga mencari koleksi barang untuk dijual di lapak kamu.


11. Toko Bunga

Ide bisnis yang satu ini cocok bagi kamu yang suka merawat, mendesain, dan merangkai bunga menjadi sebuah buket. 

Bisnis ini biasanya banyak dicari ketika momen tertentu. Misalnya, saat musim wisuda maupun pembukaan sebuah bisnis atau perusahaan. 

Lalu, bagaimana memaksimalkan pendapatan jika sedang tidak ada momen di sekitar toko bunga?

Tenang saja, kamu bisa mendigitalisasi bisnis toko bunga dengan cara menjual bunga di marketplace. Dengan begitu, kamu bisa memperluas target pasar dan bunga hasil rangkaianmu bisa tampil di berbagai momen di berbagai daerah.


12. Desain Grafis

Memiliki latar belakang Desain Komunikasi Visual (DKV)? Kalau iya, kamu bisa membuka bisnis desain grafis, lho. 

Biasanya, bisnis ini membutuhkan software-software, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw.

Ketika baru memulai bisnis, cobalah untuk membuat sebuah portofolio untuk meningkatkan daya jual jasa yang kamu tawarkan.


13. Paket Bahan Makanan Siap Masak

Kalau dihitung-hitung, memasak sendiri jauh lebih hemat dibandingkan beli makanan di luar. Masalahnya tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak, misalnya karena kesibukan kerja. 

Masalah tersebut bisa jadi peluang bisnis baru buat kamu, lho. Misalnya, ide bisnis paket bahan makanan siap masak. Dengan begitu, pembeli hanya tinggal memasak bahan masakan menjadi hidangan yang lezat. 

Ide bisnis yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka memasak atau berkreasi menu masakan, lho.


14. Kerajinan Daur Ulang

Organisasi OBPCert dan beberapa sumber lain memperkirakan bahwa 80% sampah di laut adalah sampah plastik. Tak hanya itu, faktanya hanya sekitar 10% dari sampah plastik di dunia yang di daur ulang, lho!

Masalah seperti ini enggak bisa dianggap enteng, nih. Harus ada upaya yang dilakukan untuk setidaknya mengurangi limbah plastik. 

Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis juga, lho. Misalnya, dengan membuat kerajinan daur ulang dari plastik, kaleng minuman, maupun limbah plastik lainnya. 

Dengan begitu, selain mengurangi limbah plastik kerajinan daur ulang juga bisa menjadi peluang cuan untuk kamu, lho.

Gimana? Tertarik untuk mencoba?


15. Custom Case Ponsel

Case atau cover ponsel biasanya digunakan untuk melindungi ponsel dari kotoran dan benturan. 

Seiring berjalannya waktu, fungsi case tidak hanya untuk melindungi ponsel tetapi juga untuk menambah estetika. Bahkan, konsumen bisa memilih sendiri desain case yang diinginkannya. 

Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnis ini kamu bisa menerapkan sistem pre-order.

Lalu apa saja alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini?

Setidaknya kamu membutuhkan alat cetak sublimasi yang biasa digunakan untuk mencetak desain pada bahan akrilik atau keramik. Sayangnya, harga alat tersebut cukup mahal, yaitu mulai dari belasan juta rupiah. 

Akan tetapi, kamu bisa mulai menjalankan bisnis ini dengan sistem dropshipper, kok.


16. Admin Media Sosial

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan seorang individu dengan menawarkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan. Salah satu ide bisnis menarik yang bisa kamu coba di tahun 2023 adalah admin media sosial. 

Meskipun tergolong bukan ide bisnis baru, menjadi seorang admin media sosial tidak bisa dianggap sepele, lho. Terlebih pada perkembangan bisnis di era digital. 

Untuk menjadi seorang admin media sosial, kamu perlu menguasai keahlian di bidang pemasaran media sosial dan mengikuti perkembangannya.


17. Event Organizer

Sejalan dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), usaha event organizer mulai eksis kembali. 

Ide bisnis ini cocok bagi kamu yang gemar merancang konsep acara. Mulai dari pameran, MICE, musik dan hiburan, hingga pesta pernikahan. 

Apabila sebelumnya kamu belum memiliki pengalaman di bidang ini, lebih baik kamu coba untuk bergabung pada event organizer milik orang lain terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mempelajari secara praktik, mulai dari bagaimana merancang acara hingga eksekusinya. 

Ketika sudah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup, barulah kamu bisa mulai bisnismu sendiri. 

Setelah itu, jangan lupa untuk merekrut tim untuk membantumu dalam eksekusi proyek yang dijalankan dan memasarkan jasa dengan membangun relasi. 


18. Sewa Perlengkapan Bayi

Demi menyambut lahirnya sang buah hati, tak sedikit pasangan yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk memenuhi keperluannya. 

Mulai dari kebutuhan pokok, seperti pakaian, makanan, kesehatan, maupun fasilitas lainnya, seperti tempat tidur, mainan bayi, maupun kereta dorong. Semuanya dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi sang buah hati.

Sayangnya, beberapa fasilitas bayi hanya digunakan dalam waktu yang singkat karena sang bayi tumbuh dengan cepat. Misalnya, kereta dorong yang baru dibeli dua bulan yang lalu sudah tidak muat lagi untuk bayi. 

Oleh karena itu, hal ini melahirkan ide bisnis yang menjanjikan, yaitu bisnis penyewaan perlengkapan bayi. 

Pernah dengar bisnis yang satu ini?

Bisnis ini menyasar pada para orang tua yang lebih memilih menyewa fasilitas-fasilitas bayi daripada harus membelinya. 

Untuk menambah produk yang disewakan, kamu juga bisa membangun relasi dengan mencari partner yang ingin titip sewa di layanan yang kamu kelola, lho. 

Menarik, bukan?


19. Clothing Line

“Lho, bukannya bisnis clothing line sudah banyak, ya?”

Yap. Di sinilah kreativitas kamu diuji. 

Meskipun tanpa pengalaman dan keahlian di bidang clothing line, kamu juga bisa sukses di bisnis ini, lho. Tentunya, kegigihan kamu sangat diperlukan terlebih jika ingin memulai bisnis dari nol. 

Bagaimana caranya?

Hal pertama dan utama yang harus kamu lakukan adalah bangun sebuah brand. Tujuannya supaya clothing line kamu mulai dikenal pasar. 

Setelah itu, buatlah rencana produk pakaian seperti apa yang ingin kamu jual. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan selera konsumen secara umum. 

Kemudian, mulailah pemasaran pada orang terdekat yang sekiranya cocok dengan target pasar pakaian yang kamu produksi. 


20. Dropshipper

Bisnis dropship adalah model penjualan di mana dropshipper menjual produk dari supplier langsung ke konsumen tanpa harus menyetok barang. Jadi, tugas untuk mengirim barang dilakukan oleh supplier dengan atas nama bisnis dropship kamu.

Laba dari bisnis ini bisa kamu dapatkan dengan menaikan harga produk dari supplier. 

Bisnis model ini sangat cocok bagi kamu yang belum memiliki cukup modal untuk stok barang. Kamu cukup mempromosikan produk supplier melalui beberapa media, mulai dari website, media sosial, maupun pemasaran offline. 

Sebelum memulai bisnis dropship, pastikan kamu mencari supplier yang amanah dalam mengelola hingga pengiriman produk ke konsumen, ya. Sedikit menantang, tapi KoinWorks yakin kamu bisa, kok!


21. Terarium

Pernah dengar istilah terarium?

Terarium bisa dikatakan sebagai sebuah tren baru dalam dunia agrobisnis di Indonesia. Lebih lanjut, terarium adalah model atau cara menanam tanaman hias dalam wadah kaca yang tembus pandang dan diisi media tanam sehingga tampak menyerupai taman.

Umumnya, terdapat dua model wadah terarium, yaitu terbuka dan tertutup. Hal ini menyesuaikan dengan jenis tumbuhan yang ditanam.

Untuk tanaman tropis, terarium tertutup lebih cocok digunakan karena kelembaban yang tercipta di dalam wadah berfungsi untuk menyimulasikan kondisi habitat asalnya. 

Sementara itu, terarium terbuka  lebih cocok untuk tanaman yang tumbuh di iklim kering, seperti kaktus. 

Ngomongin tentang terarium, bisa menjadi bisnis menarik dan menjanjikan di 2023, lho. Sebab, semenjak pandemi tren berkebun di rumah menjadi hobi baru bagi beberapa orang. Terlebih, pemeliharaan terarium bisa dilakukan di dalam rumah selama ada sinar matahari yang masuk. 

Cocok banget bagi konsumen yang memiliki keinginan berkebun namun tempat tinggalnya tidak memungkinkan ruang pemeliharaan tanaman secara konvensional, seperti di apartemen. 

Tertarik dengan ide bisnis yang satu ini?


22. Sewa Kostum

Saat ini, tak sedikit acara-acara yang mengharuskan tamu undangannya menggunakan dresscode tertentu. 

Jika satu acara dengan acara yang lain membutuhkan dresscode yang berbeda-beda, bisa-bisa boncos deng pengeluaran akibat beli kostum terus-menerus. Apalagi cuma untuk dipakai satu kali saja. 

Hmm, hal ini menarik, nih, bagi seorang pebisnis!

Yap. kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka bisnis sewa kostum, lho. Apalagi belum banyak bisnis sewa kostum yang melayani pelanggan secara online. 

Bagi kamu yang belum memiliki modal tertau besar, kamu bisa menawarkan sewa kostum pada satu target pasar terlebih dahulu. Misalnya, sewa kostum anak. 

Seiring berkembangnya usaha, kamu bisa menambahkan kostum yang disewakan untuk orang dewasa dan berbagai jenis acara. 


23. Jasa Konten Sosial Media

Media sosial merupakan salah satu platform yang paling berpengaruh dalam pemasaran online. Sayangnya, tidak semua bisnis memiliki karyawan yang bertugas untuk membuat konten sosial media bisnisnya. 

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang pembuatan konten sosial media, inilah waktunya kamu untuk memamerkan keahlianmu dan menghasilan cuan tentunya. 

Biasanya, seseorang yang menawarkan jasa konten sosial media harus bisa mengenali jenis-jenis audiens dan kompetitor bisnis kliennya. 

Untuk itu, mereka perlu mempelajari latar belakang pangsa pasar klien sebagai dasar konten yang akan diproduksi. Tanpa hal tersebut, kamu tentu akan kesulitan dalam menentukan konten yang sesuai dan bisa-bisa hasilnya kurang maksimal. 


24. Fotografer dan Videografer

Bisnis yang satu ini memang sudah eksis dari dulu. Akan tetapi, bisnis fotografi dan videografi bisa dibilang tidak ada matinya, lho. 

Apalagi di zaman sekarang yang mana banyak orang membutuhkan jasa ini untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pembuatan video profil perusahaan, foto katalog, dokumentasi acara, iklan, dan lain sebagainya. 

Bahkan, munculnya influencer-influencer di media sosial pun turut membuat jasa fotografer dan videografer tetap relevan hingga kini. 

Enggak usah takut apabila kamu memulai bisnis ini dari nol. Yang terpenting, kamu pelajari terlebih dahulu seluk beluk dunia fotografi dan videografi secara mendalam. Jika perlu, kamu juga bisa mengambil kursus di bidang ini baik secara online maupun offline. 

Selain dari segi ilmu di bidang yang akan kamu geluti, ilmu pemasaran juga tak kalah penting untuk kamu pelajari, lho. 

Untuk itu, hal yang paling umum yang harus kamu lakukan adalah buatlah portofolio fotografi dan videografi untuk membangun kredibilitas serta memberikan referensi bagi calon klien.


25. Jasa Pembuatan Website

Memasuki era digital, jasa pembuatan website bisa menjadi ide bisnis menarik dan menjanjikan di 2023, lho. 

Sebab, selain media sosial dan marketplace, website juga berperan penting online presence bisnis. Terlebih di era digital, bisnis tanpa website rasanya kayak ada yang kurang dan agak sulit untuk bersaing dengan kompetitor. 

Namun, lagi-lagi tidak semua pemilik bisnis memiliki kemampuan maupun waktu untuk membangun website dan mengelolanya. Itulah mengapa bisnis pembuatan website bisa menjadi solusi. 

Tak hanya orang-orang dengan latar belakang IT saja yang bisa menjalankan bisnis ini, kamu yang memiliki latar belakang bukan IT pun bisa, kok. Hanya saja, kamu perlu bekal ilmu mengenai dasar-dasar pemrograman website yang bisa kamu pelajari di manapun, baik secara online maupun offline. 


26. Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan program cukup diminati beberapa tahun terakhir. 

Dengan mendaftarkan diri pada program ini, kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan menjualkan produknya kepada konsumen dan mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan bersama. 

Saat ini, banyak e-commerce di Indonesia yang menawarkan program afiliasi. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. 

Kabar baiknya, untuk bergabung menjadi afiliator, kamu tak perlu menjadi seorang public figure terlebih dahulu, lho. 

Gimana? Tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program afiliasi?


27. Bakery

Mendengar ide bisnis yang satu ini mungkin pertanyaan ‘bukannya bisnis bakery sudah banyak, ya?’ muncul dalam benak kamu. 

Yap. Memang betul bisnis ini sudah sangat banyak. Namun, dengan sentuhan kreativitas roti yang anti-mainstream bisa tercipta. 

Contohnya, roti ubi ungu kekinian yang berasal dari Korea Selatan. Sekilas tampilannya memang mirip dengan ubi ungu biasa, padahal roti tersebut merupakan ubi yang telah diolah sedemikian rupa, lho. 

Ditunggu kreasi bakery ala kamu, ya!


28. Kerajinan Rotan

Bisnis kerajinan rotan memang bukan hal yang baru. Namun, tidak ada salahnya berkreasi rotan dengan mengikuti tren saat ini, bukan?

Jika zaman dahulu pengrajin rotan hanya terpaku untuk membuat karpet rotan, tudung saji, dan sejenisnya, mulailah untuk berkreasi dengan rotan sesuai dengan tren.

Misalnya, saat ini masyarakat tengah menggandrungi desain rumah yang minimalis. Untuk itu, sebagai seorang pebisnis kerajinan rotan kamu bisa berkreasi untuk membuat furniture berbahan kerajinan rotan yang tentunya sesuai dengan konsep minimalis. 

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat lampion untuk hiasan rumah, cermin rotan, dan masih banyak lagi.

Akan lebih bagus lagi jika kamu bisa membuat inovasi yang benar-benar baru untuk menambah kekhasan bisnismu. 


29. Custom Souvenir Pernikahan

Pernah mendatangi beberapa undangan pernikahan dan souvenir yang dibagikan itu-itu aja?

Hal tersebut bisa kamu jadikan inspirasi dalam memulai bisnis, lho. Misalnya, dengan membuat lilin aromaterapi, tumblr, ataupun memberikan jasa custom souvenir pernikahan. 

Pokoknya jangan ragu untuk mengeksekusi ide-ide cemerlang yang ada dalam pikiranmu, deh. 

Sikat!


30. Kursus Musik

Saat ini, banyak orang yang menginginkan untuk ikut kursus musik. Sayangnya, harga kursus musik khususnya di kota-kota besar terbilang cukup mahal. 

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu yang memiliki keahlian bermusik untuk membuka kursus dengan tarif terjangkau, nih. 

Namun, sebelum menawarkan jasa ini, tentukan dahulu siapa sasaran jasa yang kamu tawarkan. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya anak-anak saja yang membutuhkan kursus musik. Terkadang orang dewasa pun membutuhkannya.  

Lalu, apa pentingnya menentukan sasaran?

Sederhananya, dengan menentukan target pasar, kamu juga bisa menyesuaikan sekaligus belajar cara penyampaiannya. 

Selain itu, sebagai seorang tutor jangan lupa untuk membuat materi pelajaran yang efektif dan terogranisir. Dengan begitu, materi yang kamu ajarkan akan lebih berkualitas sehingga meningkatkan kepuasan murid kamu. 

Sementara itu, untuk tempat mengajar kamu bisa tanyakan pada diri sendiri. Misalnya, apakah kapasitas rumah kamu memadai untuk mengadakan kursus? Cukupkah modal untuk menyewa studio? 

Hal tersebut perlu kamu persiapkan dengan matang supaya bisnis ini bisa lebih terarah. 


31. Laundry Kiloan

Ide bisnis yang satu ini cocok banget buat kamu yang tinggal di kota-kota besar. Sebab, mobilitas yang tinggi serta aktivitas yang sibuk membuat banyak orang yang tinggal di kota besar tidak sempat untuk sekedar mencuci pakaian. 

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis laundry kiloan, lho, Sobat KoinWorks. Hanya dengan modal Rp10 juta saja kamu sudah bisa membeli peralatan dan kebutuhan kamu bisa mulai usaha ini. 

Sementara itu, untuk biaya jasa kamu bisa kamu patok sesuai dengan standar laundry kiloan yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, apabila lokasi usahamu di Jakarta, maka kamu bisa mulai tarif laundry Rp8.000 per kg-nya. 


32. Reseller Online

Dewasa ini, bisnis reseller online cukup diminati bagi calon pebisnis yang belum terlalu percaya diri untuk memproduksi barangnya sendiri. 

Untuk itu, mereka membeli produk atau barang dari supplier untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Itulah yang membedakan reseller dan dropshipper

Sebelum memutuskan menjadi reseller, kamu harus jeli dalam memilih supplier produk, ya, Sobat KoinWorks. Hal tersebut bertujuan supaya konsumen puas dengan produk yang kamu jual. 

Menariknya, dengan menjadi reseller kamu tak perlu pusing-pusing memikirkan biaya sewa toko atau biaya operasional lainnya, lho. Cukup dengan modal gawai saja kamu sudah bisa menjual produk secara online tanpa perlu beranjak dari rumah. 


33. Konveksi

Punya keahlian untuk mendesain baju sekaligus menjahit? Kalau iya, ide bisnis konveksi cocok buat kamu!

Soal model baju yang akan kamu produksi, kamu bisa cari referensinya sesuai dengan tren saat ini di internet, seperti Pinterest maupun majalah mode. 

Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tak terlalu besar. Cukup dengan mesin jahit, benang, kancing, maupun hiasan lainnya kamu sudah bisa mulai memproduksi baju sesuai model yang diinginkan. 

Tak hanya pakaian, berbekal kemampuan menjahit kamu bisa menawarkan produk lainnya, seperti seprai hingga gorden, lho!


34. Jasa Titip

Meskipun bisnis ini sudah menjamur, tak bisa dipungkiri bahwa jasa titip masih eksis untuk tetap menjadi ide bisnis yang menjanjikan di 2023, lho. 

Bisnis ini banyak diminati sebab seller tak perlu mengeluarkan modal banyak. Selain itu, layanan ini juga memiliki jangkauan yang luas karena pemasarannya yang dilakukan secara online. 

Ide untuk membuka jasa titip biasanya dimulai dari banyaknya konsumen dari luar daerah yang ingin membeli produk dari brand tertentu namun belum tersedia di tempatnya. Tak heran jika dari masing-masing daerah biasanya memiliki jasa titip yang sudah menjadi andalan dan terkenal. 

Jika belum ada jasa titip di daerahmu hal ini bisa jadi peluang besar, lho. Sebab, kamu tak perlu susah payah berkompetisi dengan kompetitor untuk mendapat konsumen. 

Gimana? Tertarik untuk membuka usaha jasa titip?


35. Makanan Beku

Last but not least, ide bisnis menjanjikan di tahun 2023 yang terakhir adalah bisnis makanan beku atau frozen food. 

Saat ini, makanan beku banyak diminati karena dianggap awet dan praktis. Sebab, penyajiannya bisa dilakukan cukup dengan menggoreng atau merebusnya tanpa perlu tambahan bumbu lagi. 

Umumnya, jenis makanan beku yang paling diminati, di antaranya sosis, nugget, dan bakso. Sebagai gambaran, kamu juga bisa buat inovasi makanan beku dalam bentuk lainnya, seperti dimsum, siomay, dan lain sebagainya, lho. 


Dari semua ide bisnis menarik dan menjanjikan di 2023 di atas, mana yang menarik perhatianmu?

Selain ide, modal usaha merupakan hal penting yang harus kamu siapkan sebelum memulai bisnis.

Tapi, kamu tak perlu khawatir! Kan sekarang ada layanan KoinBisnis dari KoinWorks!

Dengan KoinBisnis, kamu berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar dengan bunga cicilan hanya 0,75% – 1,65% per bulan, lho!

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.