Tips Memulai Bisnis Jastip Tanpa Modal yang Besar – Seperti yang kita tahu, masyarakat Indonesia sudah banyak mengetahui tentang bagaimana cara berbelanja online. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah mahir berjualan secara online dengan hanya memanfaatkan ponsel dan internet.

Bisnis online cenderung dianggap lebih menguntungkan daripada bisnis offline. Selain karena tidak perlu menyewa tempat lebih untuk meletakkan produk yang akan dijual, Anda juga tak harus mengeluarkan modal besar.

Baca juga: 4 Teknik Pemasaran Bisnis Online yang Wajib Diterapkan

Salah satu bisnis online yang paling menguntungkan adalah bisnis jastip. Anda hanya perlu menyiapkan tenaga dan kemampuan promosi melalui media sosial yang ada. Biasanya, bisnis jastip tanpa modal yang besar ini dilakukan di waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat ada diskon besar-besaran.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan bisnis ini, yuk simak tips berikut ini!


Tips Memulai Bisnis Jastip Tanpa Modal yang Besar

1Tentukan Target Pasar

Pertama, Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Target pasar dapat dikategorikan dari sisi demografis, behavioral, dan geografis. Segmentasi pasar adalah hal yang penting dilakukan sebelum memulai bisnis.

Baca Juga: Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online? Pelajari 5 Triknya…

Setelah berhasil menentukan segmentasi pasar, Anda baru bisa memilih barang-barang apa yang akan dijadikan produk jastip. Selain itu, sesuaikan juga dengan kondisi dan situasi di masyarakat. Jangan sampai ternyata produk dan merek yang Anda pilih tidak ada peminatnya.


2Pilih Media Promosi

Pemilihan media promosi juga perlu diperhatikan karena bisa mempengaruhi hasil penjualan. Cobalah menggunakan media sosial sebagai media promosi jastip karena media sosial dianggap cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan.

Anda bisa memilih salah satu atau beberapa media sosial untuk mencantumkan katalog produk jastip. Selain Anda juga bisa menggunakan media chatting lainnya untuk mendiskusikan tentang kesepakatan pembelian dengan calon pelanggan.


3Tentukan Harga dan Metode Pembayaran

kegagalan bisnis - sistem keuangan

Tips ini tidak bisa Anda abaikan. Dengan menentukan harga dan metode pembayaran, maka Anda akan mendapat keuntungan yang besar (tentunya tanpa modal). Namun, alangkah lbaiknya Anda mencantumkan harga asli produk dan memberitahu berapa besar biaya jastip yang Anda tetapkan.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis Kontrakan Tanpa Modal? Ini Caranya

Perlu diingat, jangan sampai Anda menetapkan biaya jastip yang tidak masuk akal. Biasanya biaya tambahan ada di rentang Rp5.000 sampai dengan Rp20.000 per produk. Tipsnya, usahakan pelanggan membayar dahulu uangnya di muka (minimal 50%) untuk menghindari adanya kerugian jika pelanggan tersebut tidak jadi membeli.


4Manfaatkan Momen

pengaruh diskon - promo - perilaku pembeli

Poin keempat ini adalah tips yang lumayan efektif untuk meningkatkan penjualan. Pilih momen yang tepat untuk memulai bisnis jastip. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan momen BBW (Big Bad Wolf) untuk bisnis jastip buku-buku yang dijual dengan harga miring.

Baca Juga: K-Popers, Ini Dia Bisnis Menyenangkan yang Menghasilkan Cuan!

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan momen promo atau diskon menguntungkan yang biasanya diadakan dalam waktu tertentu. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuka bisnis jastip saat Anda kebetulan sedang berlibur ke luar negeri. Kesempatan bagus kan?


5Mengatur Jadwal Pembelian dan Pengiriman

Terakhir, jangan lupa mengatur jadwal pembelian produk jastip beserta pengirimannya ke alamat pelanggan. Baik pembelian maupun pengiriman biasanya diatur serentak. Lain halnya, jika pelanggan belum melunasi pembayaran saat barang sudah ready di tangan Anda.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

Atur tenggat waktu pemesanan dan pastikan dengan baik pesanan dari pelanggan sebelum Anda membelinya secara serentak. Lalu, atur juga tenggat waktu pembayaran sehingga tidak ada pelanggan yang hit and run setelah memesan produk jastip Anda.


Demikian tips memulai bisnis jastip tanpa modal yang bisa Anda cermati lebih dalam. Mudah bukan? Teruslah Anda menggali informasi-informasi tentang bisnis lain, salah satunya adalah bisnis jastip.

Jika Anda membutuhkan modal lebih untuk menunjang perkembangan bisnis Anda, KoinWorks siap membantu Anda menyediakan modal tambahan bisnis.

KoinWorks adalah perusahaan Fintech yang melayani pendanaan online Peer-to-Peer Lending (P2P) dengan machine learning inovatif, menghubungkan Pendana dengan Peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir. Pendana dapat mendanai mulai dari Rp100.000 dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.

Tunggu apalagi? Lakukan pinjaman modal usaha di KoinWorks sekarang juga agar bisnismu berjalan dengan lancar.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.