Ide Peluang Bisnis di Yogyakarta, Apa Saja?

Ide Peluang Bisnis di Yogyakarta

Apa saja ide peluang bisnis di Yogyakarta yang menguntungkan?

Yogyakarta merupakan kota dengan beragam julukan, mulai dari kota wisata, kota pelajar, kota budaya, hingga kota perjuangan. 

Tak heran jika Kota Yogyakarta kerap masuk dalam list tempat liburan maupun kota tujuan untuk menimba ilmu.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha, lho. 

Pada artikel ini, KoinWorks telah merangkum beberapa ide peluang bisnis di Yogyakarta yang bisa kamu coba. 

Apa saja? Yuk, simak!


1. Penginapan

Mendapat julukan sebagai kota wisata sekaligus kota pelajar, bisnis penginapan bisa jadi salah satu peluang bisnis di Yogyakarta yang menguntungkan, lho. 

Untuk memulai bisnis ini, pertama-tama fokuskan dulu ke mana arah bisnis kamu dan siapa target pasar kamu, apakah mahasiswa atau wisatawan. 

Sebab, meskipun sama-sama membutuhkan penginapan kedua target pasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. 

Yang satu untuk jangka menengah, yang satu jangka pendek karena liburan.


2. Sewa Kendaraan

Untuk menginjakan kaki di Kota Yogyakarta, tak sedikit wisatawan yang menggunakan transportasi publik, seperti bus, kereta api, ataupun pesawat. 

Sesampainya di Kota Yogyakarta tentu mereka membutuhkan sarana transportasi untuk mengantarkan mereka ke tempat wisata di Yogyakarta. 

Meskipun terdapat berbagai transportasi publik, seperti trans jogja, bus kota, ojek online, dan sebagainya, hal tersebut belum cukup untuk menjangkau tempat wisata tertentu. 

Maka dari itu, tak sedikit wisatawan yang memilih untuk sewa kendaraan, baik motor maupun mobil supaya perjalanan lebih nyaman. 

Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sumber cuan dengan membuka bisnis sewa kendaraan, lho. 

Namun, perlu diingat bahwa bisnis ini cukup berisiko, seperti kendaraan dibawa kabur oleh penyewa atau kerusakan kendaraan.

Untuk itu, jangan lupa untuk membuat rencana usaha yang matang terlebih dahulu sebelum mengeksekusi ide peluang bisnis di Yogyakarta yang satu ini. 


3. Angkringan

Angkringan merupakan warung pinggir jalan yang menjajakan makanan olahan, seperti nasi kucing, aneka macam sate, gorengan, hingga wedang. 

Angkringan sangat melekat dengan Kota Yogyakarta dan sekitarnya karena kota ini merupakan kota yang pertama kali menghadirkan warung model ini. 

Bentuk warung makan yang sederhana dengan beratapkan terpal menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk menyantap makanan sembari menikmati angin malam Kota Yogyakarta. 

Meskipun jumlah angkringan di Kota Yogyakarta sudah banyak, tak ada salahnya untuk mencoba ide peluang bisnis di Yogyakarta yang satu ini, lho.

Pilihlah lokasi yang kira-kira strategis dan memiliki jarak yang tidak terlalu dekat dengan warung angkringan lainnya. 


4. Oleh-Oleh Makanan

Toko oleh–oleh merupakan salah satu tempat yang wajib didatangi oleh wisatawan maupun mahasiswa yang akan mudik ke kampung halaman. 

Dari sekian banyak oleh-oleh yang dijajakan, bakpia, gudeg, dan geplak merupakan beberapa makanan khas yang banyak diminati oleh wisatawan maupun mahasiswa. 

Melihat wisata di Yogyakarta yang seolah tidak ada matinya serta banyaknya kampus di kota ini, membuat ide peluang bisnis di Yogyakarta dalam bentuk toko oleh-oleh patut kamu pertimbangkan, lho. 

Terlebih jika kamu memiliki keahlian mengolah makanan. 

Untuk membuatnya berbeda dari toko oleh-oleh lainnya, kamu bisa mencoba berinovasi dari produk-produk yang sudah ada, Sobat KoinWorks. 

Gimana? Berani coba?


5. Fashion dan Kerajinan Tangan

Selain oleh-oleh berupa makanan, oleh-oleh fashion dan kerajinan tangan juga banyak diminati oleh wisatawan Yogyakarta, lho. 

Mulai dari pakaian batik dan kaos Jogja, tas rotan, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Ide peluang bisnis di Yogyakarta yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian membuat pakaian dan kerajinan tangan, nih. 

Sama halnya dengan oleh-oleh makanan, jangan ragu untuk berinovasi dari produk fashion dan kerajinan tangan yang sudah ada sebelumnya, ya. 

Semangat!


6. Tour and Travel

Tak sedikit orang yang mendambakan berwisata ke Yogyakarta. 

Sayangnya, tak sedikit yang belum memiliki pengetahuan mengenai tempat-tempat wisata di Yogyakarta serta cara menjangkaunya. 

Bahkan, ada juga yang enggan repot-repot menyusun jadwal perjalanan serta kegiatan lainnya selama berwisata. 

Maka dari itu, usaha tour and travel patut kamu pertimbangkan di kota yang satu ini. 

Tugas utamanya adalah untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan, mulai dari memberikan referensi tempat wisata, cara menjangkaunya, serta itinerary perjalanannya. 

Supaya lebih menarik, kamu juga bisa menyediakan jasa jemput di bandara atau stasiun pada paket wisata yang kamu tawarkan, lho. 

Dengan begitu, wisatawan bisa lebih santai dan praktis karena tak perlu memikirkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan saat di Yogyakarta. 

Tertarik dengan ide peluang bisnis di Yogyakarta yang satu ini?


7. Fotocopy dan Alat Tulis Kantor

Melansir dari Seputar Kuliah, kurang lebih terdapat 136 kampus yang tersebar di penjuru Kota Yogyakarta. 

11 di antaranya sudah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri, sementara sisanya merupakan Perguruan Tinggi Swasta. 

Mengacu pada hal tersebut, bisnis fotocopy dan alat tulis kantor juga bisa kamu pertimbangkan, lho. 

Meskipun telah menjamur, namun usaha yang satu ini bisa dibilang tidak ada matinya. Sebab, mahasiswa akan terus berkutat dengan tugas yang tak jarang membuatnya harus fotocopy, print tugas, edit foto, dan lainnya. 

Untuk mengeksekusi ide peluang bisnis di Yogyakarta yang satu ini, pilihlah daerah yang dekat dengan lingkungan kampus supaya mudah dijangkau oleh mahasiswa. 


8. Coffee Shop

Coffee shop yang memiliki konsep unik dan aesthetic sering menjadi pilihan anak muda sebagai tempat nongkrong ataupun sekedar mengerjakan tugas. 

Mendapat julukan sebagai kota pelajar, rasanya ide peluang bisnis di Yogyakarta untuk mendirikan coffee shop bisa kamu coba, lho. 

Meskipun sudah banyak kedai kopi di Yogyakarta, ide bisnis yang satu ini masih layak untuk kamu pertimbangkan. 

Supaya lebih menarik, buatlah konsep coffee shop yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. 

Misalnya, di Yogyakarta belum ada coffee shop dengan tema suasana Jepang maka cobalah untuk mengkaji konsep tersebut secara matang. 

Sebab, mencari konsep yang lain daripada yang lain saja tidak cukup. Kamu perlu mencari tahu apakah konsep tersebut diminati pengunjung. 

Selamat mencoba!


9. Laundry Kiloan

Ide bisnis di Yogyakarta yang tak kalah cuan adalah bisnis laundry kiloan. 

Mengapa? 

Banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah yang memiliki waktu terbatas karena harus mengerjakan tugas kuliah membuat laundry menjadi pilihan mereka.

Untuk memulai usaha ini,  pilihlah daerah yang dekat dengan lingkungan kampus supaya mudah dijangkau oleh mahasiswa. 


10. Burjo

Selain angkringan, burjo yang merupakan kependekan dari warung bubur kacang ijo juga erat kaitannya dengan kota Yogyakarta. 

Tak hanya menjual bubur kacang ijo, warung ini juga menjual menu lainnya, seperti mie instan, magelangan, dan masih banyak lagi. 

Warung yang satu ini memiliki banyak peminat karena harganya yang ekonomis.

Mengingat banyaknya mahasiswa yang merantau di Yogyakarta membuat peluang usaha di Yogyakarta yang satu ini memiliki potensi cuan maksimal.  


Selain modal ide, untuk menjadi seorang pengusaha kamu juga memerlukan modal usaha.

Bagi kamu yang masih kekurangan modal usaha, kamu bisa coba untuk mengajukan pinjaman bisnis dari KoinBisnis, lho.

KoinBisnis juga berbunga rendah, lho! Cuma 0,75%-1,67% saja per bulan!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.