8 Ide Peluang Bisnis di Semarang, Apa Saja?

ide peluang bisnis di semarang

Apa saja ide peluang bisnis di Semarang yang cocok buat kamu?

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah sekaligus masuk dalam peringkat enam kota besar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya.

Dengan status tersebut, tak heran jika Kota Semarang menjadi pusat dari berbagai kegiatan, mulai dari ekonomi, wisata, politik, pendidikan, sosial, budaya, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, banyaknya penduduk di Kota Semarang juga melahirkan beragam potensi bisnis baik dari skala kecil maupun besar di kota ini. 

Lantas, apa saja ide peluang bisnis di Semarang? 

Berikut 8 ide peluang usaha di Semarang yang bisa kamu coba.  


Ide Peluang Bisnis di Semarang

Ingin memulai bisnis di Semarang, namun belum tahu bisnis apa?

Simak ulasan berikut untuk mengetahui daftar usaha potensial di Kota Semarang, yuk!


1. Jasa Jahit

Memiliki keahlian di bidang jahit-menjahit?

Kalau iya, ide peluang bisnis di Semarang dengan membuka jasa jahit bisa jadi pilihan kamu, lho. 

Bisnis ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya karena ada saja orang yang membutuhkan jasa ini, misalnya, untuk menjahit baju sekolah, pakaian pengantin, seragam, gaun, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, mengingat tak sedikit lokal brand fashion di Kota Semarang, kamu juga bisa coba untuk membangun kerjasama dengan mereka, lho.

Namun sebelum itu, pastikan kamu telah memiliki portofolio hasil karya terlebih dahulu sebagai gambaran untuk mereka. 

Tertarik coba?


2. Laundry Self Service

Ide peluang bisnis di Semarang yang satu ini biasanya menargetkan karyawan maupun mahasiswa yang merantau di kota ini. 

Sebab, tak sedikit dari mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus pakaian kotornya. 

Akan tetapi, kini tak hanya jasa laundry saja yang diminati. Meskipun tidak memiliki banyak waktu, tak sedikit dari mereka yang meluangkan waktu untuk mencoba experience laundry self service, lho. 

Sesuai namanya, laundry self service berarti jenis laundry yang mengharuskan pelanggan mengurus sendiri pakaian kotor hingga bersih. Mulai dari mencuci, mengeringkan baju, hingga menyetrika. 

Sebagai penyedia jasa laundry, kamu hanya cukup menyediakan mesin cuci, sabun, serta pelembut pakaian saja. 

Untuk menentukan jenis usaha laundry apa yang akan kamu jalankan, pelajari terlebih dahulu karakteristik target pasar kamu juga, ya. 

Selamat mencoba!


3. Pangkas Rambut

Memiliki keahlian pangkas rambut?

Kalau iya, membuka jasa pangkas di Kota Semarang bisa jadi usaha yang cocok buat kamu, lho. 

Mengingat pangkas rambut selalu dibutuhkan oleh masyarakat membuat usaha ini bisa mendatangkan omset besar apabila dikelola dengan serius, termasuk di Kota Semarang.

Tak harus menyewa tempat, kamu juga bisa menyulap ruangan di tempat tinggal kamu untuk membuka usaha yang satu ini, kok. 

Setelah sedikit demi sedikit usaha berkembang dan mulai balik modal, baru deh menyewa tempat pangkas rambut.


4. Sewa Indekos

Menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah membuat Kota Semarang ramai dikunjungi perantau, baik untuk mengais rezeki maupun menimba ilmu. 

Maka dari itu, tak ada salahnya buat kamu untuk mencoba ide peluang usaha di Semarang dengan menyewakan indekos. 

Bisnis yang satu ini cocok banget buat kamu yang memiliki tanah atau bangunan kosong dan ingin menyulapnya menjadi passive income. 

Sebagai pemilik indekos, pastikan kamu selalu mengecek indekos secara berkala, ya. Mulai dari segi kelayakan fasilitas hingga kebersihannya.

Tertarik menjadi juragan indekos di Semarang?


5. Bengkel Motor

Tahukah kamu? 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah sepeda motor di Semarang pada tahun 2021 telah mencapai 1.512.234 unit, lho. 

Hal tersebut membuat ide peluang bisnis di Semarang berupa bengkel motor cukup menjanjikan dan patut kamu pertimbangkan apabila kamu memiliki keahlian di bidang otomotif. 

Tak cukup dengan keahlian yang dimiliki, penting juga untuk mempelajari ilmu otomotif terkini karena teknologi di bidang ini terus mengalami kemajuan. 

Umumnya, lokasi yang tepat untuk bisnis ini adalah di daerah perkotaan. Namun, tantangannya adalah persaingan makin ketat. 

Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan strategi pemasaran ataupun pelayanan yang berbeda dari bengkel motor lainnya. Misalnya, menawarkan servis gratis bagi pelanggan yang telah servis 10 kali di bengkel kamu. 


6. Kuliner

Usaha kuliner memang tidak ada matinya, termasuk di Kota Semarang.

Kota Semarang memiliki berbagai makanan khas yang lezat dan menggugah selera, seperti lumpia, bakso tahu, hingga bandeng presto. 

Untuk memulai bisnis yang satu ini, kamu tak harus membangun restoran, kok. Cukup manfaatkan kemajuan teknologi dengan memasarkan usaha kamu di media sosial


7. Coffee Shop

Coffee shop merupakan salah satu usaha kekinian yang banyak digandrungi kalangan muda, baik sebagai tempat nongkrong, mengerjakan tugas, hingga bekerja. 

Meskipun sudah banyak kedai kopi yang tersebar di seluruh penjuru Kota Semarang, ide bisnis yang satu ini masih layak untuk kamu pertimbangkan, lho. 

Untuk membuatnya menarik, buatlah konsep coffee shop yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. 

Misalnya, di Semarang belum ada coffee shop dengan tema suasana Italia maka cobalah untuk mengkaji konsep tersebut. Apakah cocok untuk diterapkan di sana? 

Hal tersebut perlu dilakukan karena konsep yang lain daripada yang lain saja tidak cukup. Kamu perlu mencari tahu apakah konsep tersebut diminati pengunjung. 


8.  Budidaya Ikan

Lokasinya yang berada di dekat pantai utara Jawa membuat bisnis budidaya ikan patut kamu pertimbangkan mengingat peminat ikan laut maupun sungai yang cukup banyak. 

Untuk jenis ikannya terdapat beragam pilihan hewan laut atau sungai yang bisa kamu kembangkan. Misalnya, ikan kerapu, ikan bandeng, ikan lele, udang, kepiting, dan masih banyak lagi. 

Apabila sebelumnya kamu belum memiliki pengetahuan tentang budidaya ikan, tak perlu khawatir. Kamu bisa coba belajar terlebih dahulu ke pengusaha budidaya ikan ataupun mengikuti pelatihan budidaya ikan.

Gimana? Tertarik coba?


Selain modal ide, modal usaha juga tak kalah penting untuk menjadi seorang pengusaha. 

Maka dari itu, bagi kamu yang masih kekurangan modal usaha pinjaman bisnis dari KoinBisnis bisa kamu coba, lho.

Sebab, KoinBisnis merupakan pinjaman modal usaha yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah mengantongi sertifikat ISO 27001, serta memiliki beragam keunggulan lainnya. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kembangkan bisnis impianmu dengan pinjaman modal usaha dari KoinBisnis!

Kunjungi KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.