Terbukanya Peluang Bisnis Kerajinan Tangan yang Menjanjikan

·
4 menit
peluang usaha bisnis kerajinan

Kerajinan tangan adalah salah satu kegiatan seni yang mengolah berbagai bahan baku dari lingkungan sekitar menggunakan keterampilan tangan.

Setiap orang memiliki keterampilan yang berbeda sehingga dapat menghasilkan kerajinan dengan keunikan tersendiri.

Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, bisnis kerajinan tangan menjadi peluang usaha bagi seniman.


Fungsi Kerajinan Tangan

Pada dasarnya kerajinan tangan memiliki dua fungsi, yaitu fungsi keindahan dan fungsi pakai.

  • Fungsi keindahan

Memiliki pengertian bahwa suatu kerajinan tangan yang lebih mengutamakan kepentingan keindahan untuk dinikmati secara visual daripada mementingkan kegunaannya. Misalnya saja lukisan dan patung.

  • Fungsi pakai

Memiliki pengertian bahwa suatu kerajinan tangan lebih mementingkan nilai kegunaannya dan keindahan hanya sebagai penghias agar lebih menarik. Contohnya piring dan cangkir dengan berbagai gambar.


Memanfaatkan Keterampilan Tangan Sebagai Peluang Bisnis

Bisnis kerajinan tangan semakin memiliki banyak peminat. Usaha inipun nampaknya tidak akan hilang seiring berjalannya waktu. Seni adalah hal yang fleksibel yang bisa mengikuti dan menyesuaikan perkembangan jaman.

Jadi selama pelaku usaha kerajinan tangan mampu menerima perubahan perkembangan yang terjadi maka akan mampu bertahan dengan lama.

Yang menjadikan keunikan dari kerajinan tangan adalah semua produk tidak akan ada yang sama persis. Karena berbeda jika dengan mesin, maka akan ada sedikit perbedaan meski produk yang sama.

Bisnis ini bisa menjadi peluang bagi siapapun. Mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, pegawai kantoran, bahkan yang belum memiliki pekerjaan. Modalnya tidaklah besar apalagi bagi yang mampu mengolah bahan limbah.

Sebagai contoh mengolah kembali botol minuman baik plastik atau kaca menjadi benda lain yang berguna seperti pot bunga.

Karena untuk kepentingan bisnis kerajinan tangan maka bisa dengan menggunakan bahan lain yang baru untuk mempercantik produk.

Berbisnis dengan barang-barang limbah juga mampu mengurangi sampah sehingga menjaga bumi agar tidak rusak.

Hal ini tidak hanya menguntungkan diri sendiri tapi juga kehidupan di masa depan. Secara ekonomi pelaku bisnis juga mempu membuka kesempatan pekerjaan bagi orang lain.

Mengembangkan usaha kerajinan tangan juga semakin mudah. Adanya media sosial dengan banyak pengguna merupakan sarana promosi yang menjanjikan. Apalagi sekarang ini berbelanja online sangat digemari oleh banyak orang.


Contoh Bisnis Kerajinan Tangan

Misalnya saja sedang tren akan suatu barang maka akan ada orang yang mengikutinya dan menyebarkan secara online.

Hal inilah yang menjadi cara pelaku bisnis kerajinan tangan untuk mengambil kesempatan tersebut. Beberapa contoh bisnis dengan kerajinan tangan yaitu.

  • Barang dari botol bekas

bisnis kerajinan tempat pensil dari botol plastik

Dengan botol plastik maka bisa membuat barang seperti tempat pensil atau pot bunga. Sebaiknya menghias dengan pewarna atau tali goni agar lebih menarik dan meningkatkan harga jual.

Sedangkan kamu bisa membuat botol kaca menjadi lampu meja atau lampu gantung yang unik dan menarik.

  • Aksesoris

bisnis aksesoris dari kerajinan

Kamu bisa membuat aksesoris dari kain perca, manik-manik, resin, dan lain-lain. Pembuatan aksesoris ini juga harus melihat apa yang sedang banyak digunakan. Misalnya saja membuat tali masker dari manik-manik dengan beraneka bentuk dan warna.

  • Aromaterapi

bisnis aromaterapi home made

Aromaterapi dapat menjadi salah satu cara seseorang untuk relaksasi. Tak jarang banyak yang meminati lilin maupun sabun dengan aromaterapi. Selain mempertimbangkan aromanya jangan lupa untuk membuat dengan bentuk semenarik dan seunik mungkin untuk persaingan bisnis kerajinan tangan.

  • Barang hasil merajut

Karena tidak semua orang bisa merajut maka kamu bisa memanfaatkan kemampuan ini. Agar banyak peminat maka gunakan kain yang halus dan hasil rajutan yang rapi. Bisa dengan membuat topi, baju, tas dan lain-lain dengan berbagai tambahan hiasan.

  • Hampers 

Hampers merupakan salah satu cara bagi seseorang untuk memberikan hadiah dengan praktis. Kamu bisa membuat hampers dengan berbagai barang buatan sendiri atau membelinya. Susun semua isi dengan rapi dan tambahkan berbagai hiasan agar hampers tampak menarik.


Tips Proposal Bisnis Kerajinan Tangan

Proposal usaha merupakan suatu rancangan usaha dalam bentuk dokumen dengan penyusunan rapi dan terstruktur sehingga maksud dan tujuan jelas tersampaikan. Proposal bisnis kerajinan tangan memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Sebagai sarana komunikasi kepada orang lain seperti investor agar tertarik dengan bisnis kamu.
  2. Agar wirausaha mampu berpikir kritis pada bidang usaha tersebut.
  3. Sebagai pembanding antara perkiraan dan hasil di kemudian hari.
  4. Bukti tertulis pemasukan dana dari berbagai sumber.
  5. Untuk mempermudah mengurus izin jika ingin menyewa tempat usaha.

Isi Proposal Bisnis Kerajinan Tangan

Pembuatan proposal bisnis kerajinan tangan haruslah rapi dan tersusun untuk mempermudah pihak yang membacanya. Proposal bisnis pada umumnya tersusun sebagai berikut.

  1. Judul proposal
  2. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang alasan dan tujuan mengapa melakukan suatu bisnis. Kamu dapat menyusun pendahuluan dengan mencantumkan latar belakang, visi, misi, rumusan masalah, dan tujuan.

  1. Pembahasan

Merupakan bagian inti dari proposal yang membahas tentang profil singkat, strategi pasar, dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats).

  1. Rencana anggaran

Berisi tentang rincian semua sumber dana modal, anggaran produksi, dan laba atau rugi.

  1. Penutup

Berisi tentang kesimpulan dan saran.


Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Kamu bisa melakukan bisnis kerajinan tangan dengan awalan yang mudah.

  1. Menyesuaikan dengan hobi

Berbisnis sesuai hobi akan membuat kamu nyaman melakukannya. Bahkan kamu tidak akan merasa sedang bekerja. Dengan demikian kegiatan akan menyenangkan.

  1. Melakukan inovasi

Pembuatan kerajinan tangan hendaklah menyesuaikan dengan apa yang menjadi tren dan kebutuhan orang banyak.

  1. Menentukan produk

Misalkan saja jika kamu memiliki hobi merajut. Maka bisa membuat produk rajutan sesuai kebutuhan pasar seperti tempat hp.

  1. Rajin berpromosi

Kamu bisa berpromosi mulai dari orang terdekat. Gunakan juga media sosial agar mampu menjangkau lebih banyak orang dari berbagai daerah.


Mempertahankan Bisnis Kerajinan Tangan

Cara mempertahankan dan mengembangkan bisnis kerajinan tangan dapat dengan cara yang mudah, yaitu.

  1. Membuat kelompok yang beranggotakan para pengrajin. Dengan bekerja sama maka akan mampu membuat produk dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu akan mengurangi persaingan karena semua merasa mendapat peluang yang sama.
  2. Membuat produk dengan inovasi yang baru. Inovasi bisa berupa apa saja. Misalkan bentuk yang baru, motif baru, atau dengan menggunakan bahan baku yang lain.
  3. Berusaha untuk menghemat dalam kegiatan produksi. Misalkan saja jika ada produk yang rusak atau pecah. Maka jangan langsung membuangnya karena kemungkinan bisa untuk membuat barang yang lain.
  4. Bersedia untuk menerima pesanan baik dengan desain lain atau dengan jumlah tertentu. Hal ini karena semua orang memiliki selera yang berbeda-beda. Maka akan lebih baik jika mampu menyesuaikan dengan permintaan pelanggan.
  5. Mampu memenuhi pesanan secara tepat waktu. Berikan janji kepada pelanggan lebih satu atau dua hari untuk mengantisipasi jika ada kendala bisnis kerajinan tangan. Jika biasanya untuk membuat 10 produk memerlukan 2 hari maka berikan janji 3 atau 4 hari kepada pemesan.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih