Inovasi bisa dikatakan sebagai ide baru dan segar yang bisa menambah nilai serta memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia. Inovasi biasanya memang dikaitkan dengan teknologi. Namun, tak selamanya harus bergandengan dengan teknologi. Bisa juga dikaitkan dengan dunia bisnis. Bisnis yang selalu melakukan inovasi akan selalu eksis di pasaran. Bahkan, tidak hanya memiliki pelanggan setia, pelanggan baru juga bisa berdatangan. Inovasi juga merupakan salah satu cara untuk bersaing dengan pesaing secara sehat.

Sayangnya, tak sedikit pebisnis yang mengerti betul bagaimana cara menumbuhkan atau mengembangkan inovasi suatu produk agar produk selalu diterima pasar dengan baik. Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda menemukan ide-ide baru yang kreatif.

Fokus, abaikan kata orang

Ide baru bisa datang kapan saja dan dimana saja, bahkan saat Anda bangun tidur atau sedang di kamar mandi. Eksplor ide-ide baru dan kemudian catat dengan rapi karena ide bisa saja hilang dalam sekejap. Setelah itu, mulailah untuk berinovasi dengan ide tersebut. Pada mulanya, orang boleh saja menolaknya, tapi kemudian perlahan mereka akan menerima. Itu karena ide yang baru tidak akan langsung bisa diterima begitu saja. Namun, tetap perhatikan norma-norma yang berlaku. Ide baru dan kreatif akan ditinggalkan jika bertentangan dengan norma yang ada.

Ambil sudut pandang berbeda

Hal yang biasa akan menjadi lebih menarik ketika dilihat dari perspektif atau sudut pandang yang berbeda. Sebagai contoh, donat biasa berbentuk bulat melingkar dengan tengah kosong, namun bisa saja dibuat tidak dengan bentuk bulat. Bisa dengan bentuk yang lain. Contoh lain, layanan jelajah wisata biasanya diadakan pagi sampai sore hari, Anda bisa berinovasi dengan memberikan layanan wisata malam hari untuk suasana yang berbeda. Sudut pandang bisa mempengaruhi bagaimana orang akan menikmatinya.

Maksimalkan tampilan visual

Hampir sama dengan poin sebelumnya, tapi disini fokusnya adalah pada tampilan produk itu sendiri. Warna, bentuk, aksesoris dan lain sebagainya termasuk bagaimana produk tersebut diberikan kepada pelanggan. Tampilan visual yang kuat penuh dengan kreatifitas akan lebih mudah menarik konsumen. Tampilan yang menarik juga akan mempengaruhi jumlah pelanggan. Maka, tumpahkan kreatifitas Anda pada tampilan produk Anda. Jangan khawatir tentang hasil akhir, coba saja.

Berikan rasa unik

Selain tampilan, Anda juga bisa berinovasi pada rasa. Penyajian memang penting  bahkan disinilah point penting suatu produk. Jika bisnis Anda adalah makanan dan minuman, maka inovasi pada rasa sangat krusial. Jika produk Anda berupa barang atau jasa, tentu rasa disini bisa berarti konten, kualitas layanan atau servis dan lain sebagainya. Berikan konsumen rasa yang berbeda dimana mereka bisa menikmati lebih. Inovasi pada rasa adalah sesuatu yang wajib Anda lakukan.

Segarkan kembali

Terkadang, inovasi pada produk tidak harus dengan sesuatu yang baru. Bisa saja itu sesuatu yang lama namun hanya butuh penyegaran. Jika produk Anda sudah laku di pasaran bahkan Anda sudah melihat banyak keuntungan, Anda memang tidak perlu melakukan banyak perubahan pada produk tersebut dengan tujuang menjaga konsumen agar tetap setiap. Sedikit penyegaran dipandang perlu walau tanpa perubahan yang besar. Sebagi contoh, perusahaan mobil yang memiliki mobil tipe tertentu yang laku keras di pasaran, pada tahun berikutnya, mobil tersebut hanya diberikan sedikit sentuhan penyegaran untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen. Perubahan yang besar bisa berakibat fatal.

Inovasi pada penyajian atau layanan

Terkadang, inovasi yang perlu Anda lakukan justru tidak pada produk secara langsung melainkan bagaimana produk tersebut disajikan dan diberikan kepada konsumen. Sebagai contoh, secangkir kopi dengan rasa yang biasa, disajikan oleh sebuah robot. Ini tentu unik. Walau kopinya biasa, penyajian atau pelayanan dengan robot atau hal lain menjadikan banyak konsumen yang akan datang ingin mencoba. Tentu, jika rasanya unik juga pasti akan lebih menarik lagi.

Ikut tips-tips di atas agar Anda selalu bisa berinovasi pada produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Jika Anda berinovasi, maka berarti Anda telah berusaha untuk menjaga eksistensi perusahaan atau produk Anda di pasar. Jangan lupa untuk menjaga kepuasan konsumen karena ini juga akan berpengaruh bagi loyalitas konsumen produk Anda. Jika anda mampu berinovasi sekaligus menjaga kepuasan konsumen, maka umur perusahaan Anda akan berlangsung lama.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.