[KoinPedia Bisnis] 7 Oktober 2022 – Apa pun Bisnisnya, Payment Link Solusinya

KoinPedia edisi Bisnis kali ini akan membahas mudahnya berbisnis, menerima pembayaran, dan melakukan banyak transaksi melalui fitur Payment Link & QRIS dari KoinWorks NEO.

Selain itu, lihat cara mudah melakukan pembayaran tagihan listrik kamu menggunakan layanan KoinBill dari KoinWorks, serta simak juga ilmu bisnis yang bisa kamu petik dari film drama-komedi beken asal Korea Selatan.

Yuk, kita lihat satu per satu!


Logika vs. Insting, Mana yang Penting untuk Bisnis?

PISA (Programme for International Student Assessment) mendefinisikan 3 kemampuan dasar, atau fundamental skills, yang penting untuk dimiliki oleh seseorang, yaitu kemampuan untuk memahami ilmu matematika, ilmu membaca, dan ilmu sains.

Dengan memiliki kemampuan untuk memahami ketiga hal tersebut, seseorang bisa dikatakan sebagai seorang individu yang bisa berfungsi secara baik dan optimal.

Lalu, hanya dengan menguasai ketiga kemampuan dasar itu saja, kamu sudah bisa menjadi seorang pebisnis yang handal?

Belum tentu, loh.

Menurut Barry Mikhael Cavin dari Ngobrolin Matematika, ada satu hal lagi yang bisa membuat bekal kamu berbisnis menjadi semakin sempurna, yaitu “insting”.

Jika ilmu-ilmu sebelumnya bisa kamu pelajari, insting bisa kamu asah melalui pengalaman.

Jangan salah, dua hal ini sifatnya saling melengkapi; teori tanpa praktik hanya tetap menjadi teori saja.

Sebaliknya, praktik yang tidak berlandaskan ilmu yang jelas, tentu akan sulit berkembang menjadi lebih besar.

Nah, dua hal ini, business logic dan business instinct, yang perlu kamu gunakan secara seimbang, dalam setiap perencanaan bisnis kamu, ya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasan KoinTalks dari KoinWorks di sini.

. . .

Mau dapetin lebih banyak ilmu & wawasan lain yang pastinya bermanfaat untuk bisnis kamu?

Yuk, langsung akses aja beragam materi bisnis & investasi di KoinLearn dari KoinWorks!

Kunjungi KoinLearn!


Transaksi QRIS Pakai Payment Link, Aman?

Mungkin ada sebagian pemilik bisnis yang sengaja menghindari menggunakan pembayaran melalui metode scan QR atau QRIS karena rentan penipuan.

Contohnya ada pada kasus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab kepada sebuah bisnis kuliner pada akhir bulan Juli lalu.

Sistem pembayaran menggunakan QRIS seringkali tidak ter-update secara real-time, sehingga penerima dana tidak bisa memeriksa langsung apakah dana yang ditransfer ke mereka benar-benar sudah masuk, atau belum.

Nah, celah inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, kenapa harus transaksi menggunakan Payment Link dari KoinWorks NEO?

Dalam uji cobanya, transaksi menggunakan scan QR melalui fitur Payment Link hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk dana bisa masuk, dari rekening pembeli ke rekening penjual.

Dengan begitu, hasil transaksi bisa diawasi secara langsung tanpa ada banyak jeda. Hal ini bisa membantu kamu meminimalisir potensi terjadinya kecurangan saat ada transaksi di bisnismu yang menggunakan QRIS.

Jadi, kamu enggak perlu ragu lagi untuk melayani konsumen yang ingin bertransaksi di bisnismu dengan menggunakan QRIS.

Cukup pakai Payment Link dari KoinWorks NEO, bisnismu bisa menerima pembayaran dengan aman.

Pakai Payment Link sekarang!


KoinBill: Semakin Gampang Bayar Tagihan

Dashboard KoinBill

Bagi kamu yang sudah memiliki akun KoinWorks, sekarang fitur KoinBill juga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, dan PBB, loh!

Untuk melakukan pembayaran, caranya gampang banget. Di dashboard KoinWorks, kamu tinggal pilih menu KoinBill, dan dari sana kamu bisa pilih jenis tagihan yang kamu ingin bayar.

Setelah itu, kamu tinggal masukkan ID pelanggan, nominal pembayaran, serta metode pembayaran yang kamu inginkan. Periksa dulu semua informasi tersebut sebelum kamu konfirmasi.

Praktis, ‘kan?

Nah, bagi kamu yang belum punya akun KoinWorks, langsung unduh aja aplikasinya ke smartphone kamu, dan segera daftarkan dirimu.

Download KoinWorks sekarang!


Pelajaran dari film Miracle in Cell No.7

Pssst! Ada pesan moral dan juga pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film drama-komedi asal Korea Selatan ini, loh.

Beberapa di antaranya, yang bisa kamu aplikasikan ke dalam bisnis kamu, adalah sebagai berikut:

Selalu observasi permasalahan dari berbagai perspektif

Jika ada suatu masalah yang terjadi di bisnismu, cobalah melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Pasalnya, seringkali sebuah masalah terjadi karena, tidak hanya satu atau dua hal, namun beberapa hal sekaligus.

Dengan melakukan observasi secara menyeluruh, kamu bisa lebih mengetahui akar masalah sesungguhnya, dan memperbaikinya secara tepat agar tidak terulang di masa depan.

Selalu menghargai sesama, tanpa membeda-bedakan

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu juga harus bersikap adil dan menghargai sesama; baik itu kepada para konsumen atau klien, dan juga terhadap para karyawan yang bekerja untukmu.

Perilaku yang tidak diskriminatif akan membuat lingkungan kerja bisnismu menjadi harmonis. Lingkungan bisnis yang kondusif tentu akan memiliki kesan positif, dan tentunya lebih menarik di mata para konsumen.

Pengalaman harus membuat kita menjadi lebih baik

Semua hal yang terjadi selama kamu menjalani bisnis, baik itu hal baik atau buruk, harus bisa membuat kamu & bisnismu menjadi lebih baik.

Gunakan wawasan dari semua pengalaman tersebut, bukan sebagai penghambat, namun sebagai salah satu cara belajar untuk mengembangkan bisnismu.

 

Kalau kamu belum sempat nonton filmnya dan malah jadi penasaran, sekarang sudah ada film Miracle in Cell No.7 yang telah diadaptasi ke versi Indonesia, dan baru saja rilis awal September lalu.

Yuk, buruan nonton filmnya di bioskop bersama teman-teman dan keluargamu!

. . .

Ngomongin tentang pengalaman, pernahkah kamu mengalami sulitnya mencari modal tambahan untuk bisnis kamu? Misalnya seperti saat kamu mau beli mesin produksi baru, atau menambah stok barang?

Nah, kamu bisa dapat modal tambahan melalui fitur KoinBisnis dari KoinWorks NEO.

KoinBisnis bisa menyediakan pinjaman modal hingga 2 miliar rupiah, dengan periode installment hingga 24 bulan.

Lumayan banget, ‘kan? Yuk, langsung daftarkan bisnis kamu!

Daftar KoinBisnis sekarang!


Strategi Menjalankan Bisnis Ayam Geprek dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis kuliner seperti bisnis ayam geprek, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan bisnis ayam geprek milikmu.

Yuk, disimak!


5 Strategi Jitu dalam Membangun Bisnis Ayam Geprek

Apa saja sih strategi jitu yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah bisnis ayam geprek?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti perencanaan branding, inovasi menu, rencana kolaborasi dengan pihak eksternal, serta strategi digital marketing. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

Mitigasi Risiko dalam Bisnis Ayam Geprek, Begini Caranya!

Apakah yang pengertian dari mitigasi risiko bisnis, dan bagaimana mengatur mitigasi risiko tersebut pada sebuah bisnis ayam geprek?

Pada setiap bisnis tentu saja ada yang risiko yang perlu kamu ketahui. Sebagai seorang pemilik bisnis kuliner, tentunya kamu perlu memahami apa itu mitigasi risiko, dan apa saja identifikasi jenis & kategori risiko. 

Dengan memahaminya, kamu bisa lebih mudah melindungi bisnis kamu dari hal-hal yang tidak kamu inginkan. Nah, kamu bisa baca ulasan lengkapnya di sini.

Baca selengkapnya di sini

7 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Ayam Geprek

Apa saja faktor penting dalam pemilihan lokasi bisnis ayam geprek?

Beberapa faktor yang paling berpengaruh adalah pemilihan lokasi, kesesuaian lokasi dengan konsep bisnis, serta biaya sewa/beli lokasi tersebut. Namun, apakah hanya itu saja? Masih ada beberapa faktor lain yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi bisnis ayam geprek.

Yuk, simak pembahasannya di sini.

Baca selengkapnya di sini

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.