Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » 3 Kompetisi Untuk Startup yang Perlu Diikuti

3 Kompetisi Untuk Startup yang Perlu Diikuti

·
3 menit
memperoleh pendanaan dari kompetisi

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat memunculkan beragam inovasi melalui pendirian perusahaan startup baru di Indonesia. Tak heran jika kompetisi untuk startup juga mulai menjadi tren di industri ini.

Tercatat di tahun 2022, Indonesia menempati peringkat lima negara dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia. 

Banyaknya jumlah startup membuat perusahaan startup baru harus memiliki strategi supaya dikenal masyarakat. Salah satunya dengan mengikuti kompetisi untuk startup.

Selain itu, mengikuti kompetisi juga dapat membantu perusahaan dalam membangun reputasi perusahaan, lho.

Untuk itu, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui daftar kompetisi startup yang wajib kamu ketahui.

1. Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund

Kompetisi untuk startup yang pertama adalah Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund (AEF). Kompetisi ini rutin diadakan setiap tahun bagi para pelaku usaha di Asia Tenggara.

Pada kompetisi AEF tahun 2021, AEF menggandeng HSBC sebagai sponsor utama. 

Kompetisi yang bernama Jumpstarter 2022 ini dibuka sampai 28 November 2021.

Mungkin kamu sedikit bertanya-tanya, mengapa tahun pada nama kompetisi 2022 sedangkan penutupan pendaftaran di tahun 2021?

Nah, AEF biasanya diadakan menjelang akhir tahun. Untuk itulah mengapa penamaannya menggunakan tahun selanjutnya karena proses kompetisi yang panjang dan tahap final dilaksanakan di tahun 2022.

Sebagai gambaran, di tahap awal kompetisi AEF 100 peserta akan diseleksi juri untuk mengikuti fase pitching pada bulan Desember.

Selanjutnya, 10 peserta dengan penilaian tertinggi pada tahap awal akan mengikuti final di tahun 2022.

Pada Jumpstarter 2022 pemenang berhak mendapatkan investasi senilai total 4 juta dolar AS, dan penghargaan lainnya. 

Selain itu, Hong Kong Cyberport Management Company Limited and Hong Kong Science and Technology Parks Corporation, selaku salah satu penyelenggara juga turut memberika investasi untuk mendukung pertumbuhan startup lebih jauh.

2. Extreme Tech Challenge

Extreme Tech Challenge (XTC) merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Selatan. 

XTC memiliki tujuan untuk memberdayakan wiraswasta yang tidak hanya mampu menciptakan teknologi inovasi, tetapi juga mengatasi permasalahan masyarakat. 

Kompetisi XTC digelar sebagai bentuk dukungan pemanfaatan kekuatan teknologi untuk mengatasi tantangan global dalam 17 Sustainable Development Goals (SDGs)  dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  

Lebih lanjut, kompetisi ini merupakan kompetisi startup terbesar di dunia, lho. Dan untuk menjadi wakil Indonesia di XTC, startup kamu harus memenangkan XTC pada tingkat regional terlebih dahulu. 

Di sini, pendiri startup akan ditantang untuk memulai menggunakan bahan berkualitas dan ramah lingkungan dalam bisnisnya. 

Setiap tahunnya XTC berhasil mengkurasi 100 perusahaan startup terbatas yang paling inovatif. Dan tentunya sesuai dengan 17 kategori SDGs yang dirilis PBB. 

Dan di tahun 2021, XTC Indonesia melalui PT Pathgen Diagnostik Teknologi berhasil memenangkan kategori People’s Choice XTC 2021.

Tak hanya itu, juara XTC Indonesia ini juga telah diakui sejumlah media dan industri serta berhasil mendapatkan investasi.

Tertarik untuk mengikuti kompetisi untuk startup yang satu ini? Kamu bisa cek informasi lengkapnya di website XTC Indonesia, ya.

3. Astranauts Competition

Astranauts merupakan kompetisi inovasi yang digelar Astra. 

Tujuan kompetisi ini adalah mencari ide-ide cemerlang dari mahasiswa dan startup yang diharapkan dapat mengembangkan solusi nyata dalam menjawab tantangan bisnis.

Acara ini akan berlangsung selama seminggu dan tidak hanya kompetisi. Terdapat pula webinar, workshop, mentorship, dan demo day. 

Pemenang kompetisi Astranauts di kategori startup akan memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp150 juta beserta sertifikat dan plakat.

Kemudian, pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan ide kepada tim investasi Astra untuk mendapatkan pendanaan.

Selain itu, pemenang juga memiliki peluang kolaborasi startup dengan Astra yang sangat terbuka luas. 

Tunggu apalagi? Yuk, simak informasi selengkapnya di website resmi Astranauts dan ikuti kompetisinya!

Nah, dari tiga kompetisi untuk startup di atas, mana yang kamu minati? 

Sembari mempersiapkan pendaftaran, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk membangun ide dengan matang supaya lebih siap berkompetisi, lho. 

Hadiah yang ditawarkan pada kompetisi juga bisa kamu manfaatkan sebagai modal bisnis sekaligus meminimalisir resiko investasi kamu, lho. Dan pastinya, startup kamu juga akan lebih dikenal oleh masyarakat. 

***

Mendirikan sebuah perusahaan startup tentu membutuhkan modal bisnis yang tidak sedikit. Tapi, kamu nggak perlu khawatir.

Mengapa?

Karena kamu bisa menemukan solusinya dengan mencoba layanan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis dari KoinWorks merupakan layanan pinjaman untuk pengembangan bisnis dan pemberdayaan UKM di seluruh Indonesia.

Kamu dapat mengajukan layanan ini melalui aplikasi KoinWorks. Tinggal menunggu waktu 1 s/d 3 hari modal usaha sudah bisa kamu peroleh.

Selain itu, layanan ini juga menawarkan bunga cicilan rendah antara 0,75% – 1,67% per bulan, lho. Tunggu apalagi? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinBisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

3 Kompetisi Untuk Startup yang Perlu Diikuti

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​