Perkembangan bisnis di Indonesia bahkan dunia sudah semakin pesat dan mulai banyak orang yang meninggalkan zona aman mereka dan memilih membangun bisnis mereka sendiri sebagai bentuk instrumen investasi yang menguntungkan. Meski demikian, banyak sekali resiko investasi yang juga sering diperoleh para pebisnis dan hal ini merupakan kendala yang harus segera diatasi agar tidak mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. Melakukan persaingan bisnis yang sehat sekaligus juga kompetitif akan membuat Anda semakin termotivasi untuk meningkatkan usaha Anda sehingga lebih baik. Akan tetapi, mengembangkan bisnis rintisan tak semudah yang dibayangkan sebab banyak kendala yang harus dihadapi termasuk bagaimana memperkenalkan usaha tersebut ke masyarakat luas. Seringkali itulah hambatan usaha yang sering dialami oleh banyak orang sebab mereka tak mengetahui cara untuk memperluas marketing maupun promosi yang tepat.

Diperlukan cara lain yang harus dilakukan untuk dapat membuat usaha itu dikenal luas serta memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai macam kompetisi yang memang diberlakukan atau diselenggarakan untuk Anda pebisnis pemula. Ada beberapa kompetisi menarik yang harus Anda ikuti sebagai berikut:

Fenox VC

Hampir setiap tahunnya sebuah perusahaan firma penanaman modal yang berasl dari Silicon Valley di Amerika Serikat yang bernama Fenox Venture Capital selalu mengadakan kompetisi bisnis rintisan tingkat dunia atau yang disebut dengan Startup World Cup pada sebelas negara regional. Daftar dari negara-negara yang boleh mengikuti program kompetisi ini adalah Amerika Serikat sendiri sebagai tuan rumah, Chili, Jermain, Australia, Israel, Tiongkok, Taiwan, India, Jepang dan pastinya Indonesia. Menurut CEO dari Fenox, para pemenang yang berhasil mengalahkan lawan-lawan atau kompetitor bisnisnya secara regional di negara masing-masing nantinya akan melangkah menuju babak grand final yang digelar di Silicon Valley. Itu artinya, setiap pengusaha harus menjalankan babak penyisihan terlebih dahulu dan hanya mereka yang menang saja yang bisa pergi menuju Amerika untuk selangkah lagi menerima hadiah uang yang menarik. Bahkan total hadiahnya bisa mencapai sekitar Rp 14 miliar yang tentunya akan sangat berguna untuk kemajuan bisnis Anda sendiri. Tujuan dari pembentukan kompetisi ini adalah untuk menyatukan seluruh wirausaha dari berbagai dunia sekaligus meningkatkan kerja sama internasional mereka.

K-Startup Grand Challenge

Sebagai salah satu negara yang paling disorot di seluruh dunia berkat hiburan menariknya serta budayanya, Korea Selatan juga turut membantu para pengusaha bisnis rintisan dengan mengadakan kompetisi yang disebut K-Startup Grand Challenge dari pemerintah Korea Selatan dengan tujuan untuk membuat Pagyo valley serta technology hub yang akan dijadikan sebagai Silicon Valley di wilayah kawasan Asia. Lebih luas dari Fenox, acara ini diikuti oleh sekitar 80 bisnis rintisan dari seluruh dunia yang memiliki kaitan usaha berupa informastion security, auto, film, beauty, fintech, distribution, smart device, city life, gaming, cloud dan banyak lagi. Setiap perwakilan dari 80 bisnis yang terpilih nantinya akan melakukan sesi yang disebut dengan pitching selama kurang lebih satu minggu serta wawancara. Seluruh akomodasi mulai dari tempat tinggal hingga tiket pesawat akan langsung ditanggung oleh pemerintah Korea Selatan dan dari sesi itu, akan diambil setengahnya yang artinya hanya 40 bisnis yang terpilih. Nantinya 40 bisnis itu masih akan disusutkan lagi menjadi 20 dan yang terbaik akan langsung memperoleh dana sebanyak 33 ribu dolar Amerika ditambah dengan pendanaan dari manufaktur terbaik di Korea Selatan seperti Naver, Kakao, Hyundai, LG dan Samsung.

Garudapreneur

Garudapreneur merupakan salah satu penyelenggara kompetisi bisnis rintisan lokal yang dilakukan sejak tahun 2014 silam dan telah mengunjungi banyak sekali kampus di Indonesia dengan mengajak anak muda untuk mulai melakukan bisnis dan mengikuti kompetisi tersebut dengan berbagai macam kategori industri. Kompetisi ini bisa diikuti oleh mereka yang berasal dari wilayah Jakarta maupun juga luar ibukota. Mereka bisa mengirimkan model bisnis yang dikembangkan dan pemenangnya akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp 100 juta yang sangat berguna untuk perkembangan bisnis mereka kedepannya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi para anak muda yang ingin mewujudkan mimpi mereka memiliki usaha sendiri.

Nah, pilih sendiri mana kompetisi start-up yang ingin Anda ikuti. Bangun idenya dengan matang agar kemenangan ada di tangan, dan Anda bisa memperoleh hadiah yang dapat Anda pakai sebagai modal bisnis sekaligus meminimalisir resiko investasi Anda, sehingga bisnis Anda juga lebih dikenal masyarakat.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.