7 Tips Membangun Reputasi di Kalangan Mitra Bisnis – Tidak peduli bisnis yang Anda jalani berawal dari pinjaman modal atau dari tabungan Anda semata, tidak peduli juga skala bisnis Anda besar atau kecil, yang namanya membangun reputasi merupakan sebuah keharusan.

Membangun reputasi sama dengan membangun kesuksesan bagi bisnis Anda. Mitra bisnis juga akan semakin memperhatikan Anda dan bisnis yang Anda jalani. Membangun reputasi tidaklah mudah tapi juga tidak sudah.

Silahkan lakukan beberapa tips berikut ini untuk membangun reputasi:

7 Tips Membangun Reputasi di Kalangan Mitra Bisnis

1. Kejujuran

Kejujuran, dimanapun Anda berada, sifat ini akan menuntun Anda untuk selalu dalam kebaikan. Terkadang, karena jujur mungkin Anda tersakiti tapi percayalah, cepat atau lambat Anda akan meraskan manisnya sifat ini.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Meningkatkan Pendapatan dalam Waktu Kurang dari Satu Tahun?

Begitu juga dalam dunia bisnis. Bisa jadi Anda dan perusahaan Anda bisa saja melakukan penipuan, pemalsuan atau hal lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tapi, hal itu hanya bersifat sementara, tidak lama. Sebaliknya, ketika Anda tetap menjaga sifat kejujuran Anda akan berada pada posisi yang aman untuk terus mengembangkan bisnis Anda secara jujur. Terkadang kejujuran juga bisa membawa keberuntungan.


2. Menepati janji

Seorang professional akan melihat Anda professional atau tidak dari sikap Anda ketika membuat janji. Jika Anda melanggar janji atau jadwal yang sudah ditentukan, pastinya mitra bisnis akan memberikan kartu kuning kepada Anda.

Baca Juga: Membangun Kerajaan Bisnis ala Donald Trump

Maksudnya, mereka akan mempertimbangkan kembali apakah Anda orang yang tepat atau bukan untuk dijadikan mitra bisnis.

Tidak menepati janji merupakan bentuk penghianatan dan itu berbahaya dalam dunia bisnis. Hal selanjutnya yang terjadi bisa kebohongan, penipuan dan lain sebagainya.

Sebaliknyam dengan bersifat menepati janji, selain Anda terlihat professional juga merupakan orang yang disiplin dan bahkan bisa dianggap orang yang pantas dipercaya. Menepati janji sama halnya dengan membangun kesuksesan.


3. Mengakui kesalahan dan belajar dari kesalahan itu

Katanya, orang yang mengakui kesalahannya berarti gentlemen. Memang benar, apalagi dalam dunia bisnis.

Baca Juga: 10 Pengusaha Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes ’30 Under 30′ 2018

Ketika Anda membuat menejemen atau membuat spekulasi atau bahkan memutuskan suatu masalah, kemudian terbukti apa yang Anda lakukan salah, janganlah melempar tanggungjawab kepada bawahan bukanlah sifat yang baik.

Selain merupakan sifat pengecut, melempar kesalahan atau tanggungjawab juga merupakan sifat fatal yang akan membuat mitra bisnis menjauh.

Sebaliknya, ketika Anda bisa mengakui kesalahan dan berjanji akan belajar dari kesalahan tersebut dengan membuat planning yang lebih matang lagi, tentu mitra bisnis akan lebih percaya dengan Anda. Mereka juga akan menilai Anda sebagai seorang yang professional.


4. Tepat waktu

Reputasi Anda akan menjadi baik ketika Anda tepat waktu. Tepat waktu sangat berkaitan dengan kedisplinan dan kedisiplinan sangat dekat dengan kesuksesan.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

Ketika Anda sering molor dari jadwal yang sudah dibuat, tentu mitra bisnis tidak akan percaya lagi.

Bahkan mereka bisa jadi marah karena seharusnya waktu yang mereka miliki bisa digunakan untuk yang lain yang lebih bermanfaat dari pada menunggu kedatangan Anda yang belum pasti.


5. Jangan gunakan bahasa kasar dan kotor

Pepatah mengatakan, mulutmu harimaumu. Anda pasti setuju dengan istilah ini. Jika dalam berbisnis Anda suka berbicara kasar atau kotor, maka siap-siap saja Anda akan merasakan akibatnya dimulai dari penialian mitra bisnis tentang Anda yang buruk begitu pula ketika mereka harus membuat referensi tentang Anda.

Baca Juga: Kisah Liliane Bettencourt, Wanita Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 500 Triliun

Tentu, bahasa kasar dan kotor akan membuat reputasi Anda buruk. Sebaliknya, bahasa yang sopan dan santun akan membuat mitra bisnis merasa nyaman dan dihargai. Ini penting.


6. Menangani konflik dengan baik

Konflik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bisnis apalagi jika Anda bersama mitra bisnis baik dari mereka yang baru memulai bisnis dengan pinjaman modal atau mereka yang sudah lama di dunia bisnis.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Kantor? Resign Saja dan Jalankan 5 Bisnis Ini

Konflik harus ditangani dengan kepala dingin dan solusi yang mengikat semua pihak. Ketika Anda bisa menengahi dan mengatasi konflik, tentu jiwa kepemimpinan akan terlihat.


7. Selalu menjaga hubungan

Baik mitra bisnis Anda pernah menyakiti Anda atau tidak, hubungan baik harus tetap dijaga. Siapa tahu, siapa yang pernah menyakiti Anda saat ini bisa jadi akan menjadi seorang penyelamat Anda di masa depan. Oleh sebab itu jagalah hubungan yang baik dengan mereka.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Arini Saraswaty Subianto, Wanita Terkaya di Indonesia

Cobalah lakukan tips diatas dimulai dari sekarang dan lihatlah disekeliling Anda, apa yang akan terjadi dengan para mitra bisnis terhadap Anda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.