Dalam meminjam uang, Anda sebaiknya tidak sembarangan karena bagaimana pun hal ini cukup sensitif dan ketika Anda salah dalam memilih tempat peminjaman, boleh jadi nantinya Anda akan terjebak dalam masalah hutang yang cukup mengganggu. Ada beberapa alternatif solusi untuk mendapatkan bantuan pinjaman uang yang bisa membantu menyelesaikan masalah finansial Anda dalam mencukupi kebutuhan baik yang bersifat mendesak dan urgent ataupun yang tidak.

Kebutuhan hidup serta nilai ekonomi dari masing-masing individu sepertinya menjadi semakin tinggi dalam tiap waktunya padahal pendapatan yang mereka miliki seringkali tidak mendapatkan perubahan secara signifikan mengikuti kebutuhan pengeluaran mereka. Dengan kondisi yang demikian, banyak orang seringkali kebingungan untuk mendapatkan tambahan dana untuk memenuhi kebutuhan baik untuk beberapa kebutuhan harian ataupun kebutuhan yang mendesak. Beberapa orang mungkin memutuskan untuk mencari pendapatan tambahan melalui pekerjaan sampingan ataupun menggeluti suatu bidang usaha di luar pekerjaan tetap mereka. Namun, ketika kondisi yang kurang memungkinkan dan mendesak, Anda mungkin membutuhkan pinjaman uang yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Pertama, Anda bisa meminjam ke orang terdekat Anda baik teman ataupun keluarga. Saat ini, Anda pastinya menemukan banyak lembaga keuangan yang menawarkan berbagai fasilitas pinjaman sebagai solusi bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat. Namun, sebelum mengajukan pinjaman ke berbagai lembaga keuangan, tak ada salahnya bila Anda mencoba meminjam uang ke orang yang dekat dengan Anda. Orang-orang terdekat Anda pastinya akan lebih mengerti kondisi dan situasi yang Anda alami termasuk juga ketika Anda membutuhkan modal untuk usaha. Bahkan, ketika terpaksa Anda mengalami kendala dalam melunasi hutang pinjaman uang tersebut, mereka mungkin akan memberikan kelonggaran yang lebih fleksibel. Meski demikian, Anda sebaiknya juga memperlakukan masalah pinjaman meminjam dengan orang dekat Anda dengan sistem yang tepat dan obyektif seperti dengan membuat surat pernyataan tentang akad pinjam meminjam uang tersebut yang disetujui kedua belah pihak dan menjelaskan tentang informasi tentang peminjaman termasuk sistem pembayaran, jangka waktu peminjaman, serta sanksi yang mungkin dijatuhkan bila terlambat membayar pinjaman. Ini merupakan salah satu langkah agar hubungan kekerabatan dan pertemanan Anda tetap bisa terjaga karena seringkali masalah peminjaman bisa membuat rusak suatu hubungan.

Kedua, Anda bisa meminjam ke lembaga pegadaian. Ketika Anda membutuhkan dana tambahan secepatnya, pegadaian sepertinya menjadi salah satu solusi yang sangat menarik untuk menjadi pilihan. Lembaga ini merupakan perusahaan milik pemerintah yang mana menyediakan fasilitas pinjaman dengan sistem gadai yaitu dengan memberikan jaminan berupa alat elektronik, perhiasan, BPKB, ataupun lainnya yang memiliki nilai. Besar atau jumlah pinjaman yang bisa diterima ketika mengajukan pinjaman ke pegadaian adalah tergantung pada nilai taksir dari harga barang yang menjadi jaminan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa memastikan bahwa Anda memilih pegadaian yang memang dikelola pemerintah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda.

Ketiga, solusi untuk meminjam uang yang Anda butuhkan adalah mengajukan pinjaman ke bank. Solusi ini memang sudah sangat memasyarakat di negara ini apalagi saat ini fasilitas pinjaman yang disediakan bank juga semakin bervariasi. Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman ke sebuah bank, tak ada salahnya bila Anda mencari beragam informasi tentang beberapa produk pinjaman serta berbagai ketentuan dan persyaratan dari pinjaman tersebut kalau bisa pada beberapa bank sebagai alternatif. Tentu saja, sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke bank, Anda sebaiknya juga telah mempertimbangkan semuanya dengan baik dan matang. Pihak bank pastinya akan sangat senang bila ada debitur yang mengajukan pinjaman dalam jumlah besar. Namun, Anda sebaiknya bisa lebih mengendalikan diri dengan mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda serta kemampuan finansial Anda seperti apa karena bagaimana pun pinjaman tersebut harus dibayar beserta bunga pinjaman pada tiap bulannya.

Keempat, Anda bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan selain bank. Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai lembaga keuangan yang menyediakan berbagai fasilitas pinjaman dengan berbagai metode dan persyaratan. Bahkan, Anda pun bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan yang berarti Anda bisa mendapatkan pinjaman meskipun Anda tidak memiliki aset sebagai jaminan atas pinjaman Anda. Namun tentu saja, Anda sebaiknya bisa memilih tempat yang tepat, aman, dan terpercaya untuk mendapatkan pinjaman uang sehingga prosesnya bisa lebih mudah, kebutuhan Anda bisa teratasi, serta proses pembayaran pinjaman tersebut nantinya juga tidak menyulitkan Anda.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.