E-commerce atau internet marketing termasuk penggunaan sosial media sebagai sarana branding dan pemasaran adalah pengetahuan yang selayaknya dikuasai oleh pebisnis-pebisnis modern saat ini. Di zaman sekarang ini tampaknya tak ada orang yang tak menggunakan sosial media termasuk Twitter dalam berbagai segi kehidupan mereka dan sebagai pebisnis kita harus memanfaatkan sarana ini sebagai media promosi yang cukup efektif.

Penggunaan sosial media sebagai ajang untuk mempopulerkan produk kita mempunyai keunggulan tersendiri yaitu tak membutuhkan biaya yang mahal terutama bila kita adalah pengusaha yang menggunakan modal pinjaman untuk memulai bisnis. Bandingkan bila Anda harus mengalokasikan dana misalnya untuk memasang iklan di media cetak atau sejenisnya. Nah, inilah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui tentang Twitter sebagai media promosi.

Cara efektif menggunakan Twitter sebagai sarana promosi

Teknik pemasaran yang paling efektif adalah dengan strategi yang disebut “word of mouth”. Sebagai manusia pada umumnya orang akan lebih mendengarkan pendapat sesamanya daripada sumber informasi yang lain. Sosial media dapat dikatakan sebagai sarana word of mouth yang sangat powerfull. Bila dahulu sosial media belum ditemukan, maka bila seorang klien atau konsumen tak puas dengan suatu jasa atau produk maka orang-orang yang bisa mengetahui hal ini hanya mereka yang ada di sekitar orang tersebut.

Tetapi saat ini yang bersangkutan bisa share pengalaman ini ke teman-temannya di media sosial yang mungkin jumlahnya mencapai jutaan orang hanya dengan sekali posting. Inilah sebabnya sosial media juga bisa memberikan dampak yang fatal bila si pengusaha salah strategi. Tetapi bila produk atau jasa yang Anda sediakan benar-benar berkualitas bagus inilah peluang luar biasa yang bisa melejitkan bisnis Anda dalam waktu singkat. Beberapa langkah berikut ini akan membantu Anda untuk mempopulerkan bisnis Anda melalui Twitter.

  1. Langkah pertama tentu Anda harus membuat akun Twitter terlebih dahulu yang nantinya akan berfungsi sebagai saluran berkomunikasi, tempat memasang iklan, layanan pelanggan, hubungan masyarakat, sarana menerima pesanan, dan lain sebagainya.
  2. Akun yang Anda buat tersebut harus bermanfaat bagi konsumen. Jangan hanya memosting hal-hal yang berkaitan dengan “jualan” Anda melainkan bagikan informasi yang bermanfaat, menginspirasi, menghibur, atau memberikan unsur pendidikan. Sesuaikan isi dengan target konsumen Anda.
  3. Upayakan agar akun Twitter Anda menerapkan komunikasi 2 arah antara Anda dan konsumen. Pastikan bahwa Anda merespon seluruh pertanyaan atau komentar dari followers atau konsumen Anda. Bila Anda tak menanggapi komunikasi tersebut mereka bisa merasa tak mendapat perhatian Anda. Sebagai strategi promosi berikutnya adalah dengan memberikan penghargaan kepada followers Anda misalnya dengan membuat kuis berhadiah secara berkala, me-retweet cuitan follower yang bagus, mengucapkan selamat, atau sejenisnya. Dengan demikian para follower Anda akan merasa mengenal Anda dengan lebih personal.
  4. Promosi produk di Twitter memungkinkan publikasi itu menjadi viral. Bayangkan bila seseorang men-tweet tentang produk Anda yang kemudian di-retweet berulangkali tentu produk atau jasa yang Anda sediakan akan menjadi sangat populer. Tentunya itulah yang diidamkan oleh seluruh pengusaha.
  5. Dalam melakukan promosi menggunakan Twitter sangat penting untuk memilih buzzer yang tepat. Buzzer adalah pengguna Twitter yang mempunyai banyak followers sehingga yang bersangkutan bisa membantu mempromosikan produk Anda pada followers mereka. Bekerjasamalah dengan buzzers yang profilnya sesuai dengan target konsumen kita.
  6. Kalimat promosi dalam Twitter yang kreatif akan memberikan dampak yang lebih optimal oleh buzzers yang bermitra dengan Anda. Upayakan untuk menghindari penggunaan kalimat promosi yang hard-selling, membosankan, dan umum dipakai. Kalimat promosi yang membangkitkan rasa ingin tahu akan memberikan kesan mendalam bisa menghasilkan reaksi yang lebih efektif bagi calon konsumen atau klien Anda. Efeknya antara lain adalah terpengaruh, ingin mencoba, serta menyebarkannya kepada followers masing-masing.

Nah, demikianlah point-point penting dalam strategi promosi menggunakan Twitter agar upaya branding Anda menjadi lebih efektif. Jadi walaupun Anda adalah pebisnis pemula dengan modal pinjaman jangan khawatir bahwa bisnis Anda tak bisa maju karena tak mempunyai dana untuk promosi. Yang penting dalam strategi pemasaran ini adalah menggunakan kreatifitas seoptimal mungkin. Nah, semoga bermanfaat dan semoga sukses.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.