Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Perdagangan Internasional: Bentuk, Manfaat dan Alasan Penerapannya

Perdagangan Internasional: Bentuk, Manfaat dan Alasan Penerapannya

·
4 menit
Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan sebuah kegiatan jual-beli antar negara yang memiliki tujuan untuk menciptakan siklus perdagangan secara menyeluruh.

Kegiatan perdagangan internasional bisa dilakukan secara langsung antar negara, ataupun antar pengusaha di dalam negara tersebut.

Perdagangan internasional memiliki banyak manfaat dan salah satu yang paling utama adalah memenuhi kebutuhan barang atau jasa di suatu negara.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada beberapa negara yang kekurangan atau bahkan tidak memiliki hasil bumi, sehingga negara tersebut harus membeli bahan baku dari negara asing.

Untuk dapat lebih memahami perdagangan internasional secara menyeluruh, berikut penjelasan lengkapnya:

Bentuk dan Jenis Perdagangan Internasional

Berdasarkan bentuknya

perdagangan internasional terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Perdagangan Bilateral
  • Perdagangan Regional, merupakan perdagangan yang melibatkan negara-negara di satu wilayah misalnya ASEAN
  • Perdagangan Multilateral, merupakan perdagangan yang melibatkan negara-negara tanpa batasan wilayah

Berdasarkan jenisnya

perdagangan internasional terbagi menjadi 4, diantaranya:

  • Ekspor dan Impor: kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan oleh hampir semua negara.
  • Barter: Kegiatan barter merupakan kegiatan jual-beli yang dilakukan dengan bertukar barang. Sebelum ada uang, seluruh kegiatan jual-beli menggunakan sistem barter, dan saat ini sistem barter masih berlaku untuk perdagangan internasional, seperti direct barter, counter purchase, ataupun bay back barter
  • Konsinyasi: Kegiatan mengirimkan barang ke luar negeri untuk dijual tanpa ada pembeli khusus di luar negeri, dengan kata lain barang dikirimkan terlebih dahulu kemudian diperjualkan secara langsung di tempat tujuan. Sistem seperti ini sangatlah menguntungkan bagi penjual di negara tujuan, karena ia hanya perlu membayarakan barang yang terjual kepada pemasok di negara asal.
  • Border Crossing: Kegiatan perdagangan internasional yang terjadi pada 2 negara bertetangga. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempermudah para masyarakat dikedua negara dalam melakukan transaksi jual-beli.

Penyebab dilakukan Perdagangan Internasional

Seluruh kegiatan dilakukan karena adanya sebab, begitu pula dengan kegiatan perdagangan ini. Penyebab dilakukannya perdagangan internasional adalah, sbb:

Pemenuhan Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa setiap negara memiliki keunggulan dan keterbatasan dalam menyediakan kebutuhan bagi masyarakat, baik dari segi sumber daya alam ataupun teknologi. Oleh karena itu, kegiatan perdagangan internasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan Devisa

Suatu negara membutuhkan devisa untuk membangun negara dan kegiatan perdagangan antar negara ini merupakan salah satu kegiatan yang mampu mendatangkan devisa bagi negara.

Keunggulan Komparatif

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, suatu negara pasti memiliki sebuah keunggulan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, oleh karena itu hal tersebut menjadi peluang bagi negara tersebut untuk meningkatkan pendapatan negara melalui kegiatan perdagangan antar negara.


Manfaat Perdagangan Internasional

Selain memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu negara, perdagangan internasional juga memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti:

Peningkatan Kesejahteraan Negara

Kegiatan ekspor dan impor antar negara nyatanya mampu meningkatkan kesejahteraan negara tersebut, hal ini tentunya berkaitan dengan kelancaran siklus ekonomi dan juga devisa yang didapatkan.

Mempererat Hubungan Antar Negara

Kegiatan antar negara bisa menjadi semakin erat dengan adanya perdagangan bilateral. Secara tidak langsung, ketika suatu negara mengekspor benda atau jasa yang dibutuhkan oleh negara lainnya maka negara tersebut sebenarnya telah membantu untuk memenuhi kebutuhan negara lain tersebut.

Memperluas Lapangan Kerja

Tanpa disadari, semakin banyak kegiatan perdagangan ke luar negeri pada suatu negara maka semakin banyak juga lapangan kerja yang tersedia untuk masyarakatnya. Hal ini tentunya sangat membawa manfaat baik dan juga mampu menekan jumlah pengangguran di negara tersebut.

Kebutuhan hidup mudah terpenuhi

Perlu dipahami bahwa seluruh barang atau jasa yang kita butuhkan tidak selalu berasal dari Indonesia, misalnya saja smartphone.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas smartphone yang beredar di Indonesia merupakan smartphone dari negara lain.

Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan impor barang ke Indonesia merupakan kegiatan yang mampu mempermudah kita dalam memenuhi kebutuhan hidup, tidak hanya perihal teknologi tapi juga kebutuhan pokok seperti daging sapi dan lain sebagainya.


Faktor Pendorong

Berikut ini adalah faktor pendorong kegiatan perdagangan internasional, diantaranya:

Ekspansi Pasar

Faktor utama adanya perdagangan internasional adalah untuk ekspansi pasar. Melakukan ekspansi pasar dalam bisnis artinya menambah angka keuntungan dan tentunya hal ini sangat baik.

Selain itu, dengan melakukan ekspansi pasar maka bisnis juga akan lebih dikenal, bukan hanya oleh masyarakat dalam negeri saja tapi juga masyarakat internasional.

Pemanfaatan Teknologi

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, perdagangan antar negara kini menjadi semakin mudah dan hal tersebut tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi yang ada.

Bahkan, saat ini para customer bisa membeli barang dari luar negeri hanya melalui aplikasi ataupun website dan kemudian barang tersebut akan sampai ke rumah customer.

Ini adalah merupakan bentuk pemanfaatan teknologi yang mampu mendukung kegiatan perdagangan antar negara.

Kebebasan Ekonomi

Faktor pendukung lainnya yang tidak dapat dilupakan adalah faktor kebebasan ekonomi. Meskipun setiap negara memiliki peraturan tersendiri terkait kegiatan perdagangan ke luar negeri, tapi dengan adanya faktor kebebasan ekonomi maka seluruh kegiatan jual-beli antar negara menjadi semakin mudah dilakukan.


Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

Dampak positif dari perdagangan internasional

  • Stabilitas Ekonomi Nasional
  • Mendorong pertumbuhan teknologi suatu negara
  • Meningkatkan devisa
  • Memperluas lapangan pekerjaan
  • Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
  • Mempererat hubungan Kerjasama antar negara

Dampak negatif dari perdagangan internasional

  • Harga barang produksi dalam negeri menurun karena banyaknya barang impor
  • Menjadi bergantung kepada negara lain
  • Ancaman ekonomi negara menjadi semakin rendah apabila tidak mampu bersaing di pasar bebas.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai perdagangan internasional, apabila ditarik kesimpulan kegiatan perdagangan ini merupakan kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat bagi suatu negara.

Namun, negara juga harus mengimbanginya dengan produksi barang atau jasa dalam negeri agar negara tidak secara penuh bergantung kepada negara lain.

Oleh karena itu, pertumbuhan industri dalam negeri harus terus ditingkatkan untuk mengimbangi kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia.

Untuk mendukung perkembangan UMKM, KoinWorks sebagai perusahaan aggregator keuangan menawarkan produk pinjaman modal usaha yang diberi nama KoinBisnis.

Melalui KoinBisnis, para pejuang UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar.

Bunga pinjaman yang dikenakanpun sangatlah kecil yaitu hanya mulai dari 0,75% saja per bulan.

Selain itu, seluruh proses pengajuan sampai dengan pencairan bisa kamu lakukan melalui aplikasi Super Financial App KoinWorks sehingga sangat cepat dan juga praktis.

Mari majukan ekonomi Indonesia dan kembangkan bisnismu bersama KoinWorks.


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat