10 Orang Terkaya di Indonesia, Tau yang Nomor 5? – Pernahkah ada di benak Anda, untuk menjadi orang terkaya di Indonesia, bahkan di dunia?

Menjadi orang terkaya, mungkin bisa menjadi impian di siang bolong bagi sebagian orang, tetapi nyatanya ada lho orang-orang tertentu yang berhasil memegang predikat itu.

Di Indonesia misalnya, terdapat sejumlah miliarder yang memiliki aset hingga triliunan.

Tak heran, karena Indonesia sendiri sebenarnya juga merupakan negara kaya dengan sumber daya alam yang berlimpah.

Membahas orang terkaya di Indonesia menjadi sangat menarik, tentu saja karena tak sedikit orang yang penasaran, sebenarnya siapa saja mereka dan bagaimana mereka bisa menjadi kaya.

Kalau begitu langsung saja, berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia yang dilansir dari Forbes!


10 Orang Terkaya di Indonesia, Tau yang Nomor 5?

10Prajogo Pangestu – US$3 miliar (Rp43,5 triliun)

img source: tempo

Prajogo Pangestu merupakan pemiliki dari kerajaan bisnis, Barito Pacific Group.

PT Barito Pacific sendiri adalah sebuah bisnis yang menaungi banyak perusahaan-perusahaan di bidang petrokimia, energi, power plant, properti, perkebunan hingga industri kayu.

Tak heran, kalau pengusaha sukses yang lahir pada tahun 1944 ini, memiliki kekayaan US$ 3 miliar atau sekitar Rp43,5 triliun.

Dalam fersi majalah Forbes, Prajogo Pangestu masuk ke dalam daftar nomor 10 orang terkaya di Indonesia.

Tapi, tahukah Anda? Sebelum sukses seperti sekarang, Prajogo Pangestu bukanlah siapa-siapa, bahkan ia bersekolah hanya sampai SMP dan sempat menjadi supir angkot jurusan Singkawang-Pontianak.

Berkat kegigihan, semangat, serta kerja kerasnya, akhirnya ia bisa mengubah nasibnya hingga sekarang menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia.


9Jogi Hendra Atmadja – US$3,1 miliar (Rp45 triliun)

orang terkaya di indonesia - Jogi Hendra Atmadja
img source: forbes.com

Orang terkaya di Indonesia yang menempati posisi ke-9 ini, adalah pemilik Mayora Group, salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia.

PT Mayora Indah Tbk sendiri, sudah berdisi sejak 1977 silam, dan produk-produknya sudah sangat populer dan familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Adapun produk-produk Mayora adalah Biskuit Roma, Kopiko, Beng-Beng, Astor, Kopi Torabika dan lain sebagainya.

Tak hanya populer di Indonesia, produk-produknya pun sudah dijual di 90 negara di dunia.

Sebenarnya, pada tahun 2016, Jogi Hendra Atmaja berada di posisi 35, lho. Tetapi sekarang melesat jauh ke posisi 9.


8 Boenjamin Setiawan – US$3,2 miliar (Rp46,4 triliun)

orang terkaya di indonesia - Boenjamin Setiawan
imh source: luthfan.com

Di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia ada pengusaha sukses yang mendirikan Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan.

Sejak mendirikan Kalbe Farma di garasi rumahnya pada tahun 1966, siapa sangka sekarang Boenjamin menjadi pemilik perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Pengusaha yang seringkali disapa Dr Boen ini punya gelar doktoral di bidang farmasi dan memiliki 12 rumah sakit Mitra Keluarga, lho.

Dengan kekayaan senilai US$3,2 miliar atau sekitar Rp46,4 triliun, Dr Boen dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Kunci keberhasilan dari Dr Boen itu satu, networking. Menurutnya, networking atau jaringan adalah kunci sangat penting, maka dari itu usahakan selalu berkenalan dengan sebanyak mungkin orang.

Dengan berjejaring, akan banyak peluang yang terbuka. Walaupun nanti bertemu dengan suatu masalah tapi janganlah berhenti lalu menyerah dan tetap menjalaninya dengan cinta.


7Chairul Tanjung – US$ 3,9 miliar (Rp56,1 triliun)

orang terkaya di indonesia - chairul tanjung

Dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, nama Chairul Tanjung berada di posisi ke-7 dengan total kekayaan mencapai US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp56,1 triliun.

Chairul Tanjung yang mendapatkan julan Si Anak Singkong ini, ternyata tidak hanya seorang pengusaha sukses, melainkan juga pernah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan Indonesia hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Kesuksesan dari Chairul Tanjung, didapatinya dari perusahaan yang ia dirikan CT Corp.

Perusahaan tersebut memiliki beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, jaringan supermarket, hotel dan lainnya.


6Dato’ Sri Tahir – US$ 4,5 miliar (Rp64,2 miliar)

orang terkaya - Dato' Sri Tahir
img source: tempo

Di posisi ke-6 orang terkaya di Indonesia ada Dato’ Sri Tahir yang dikenal sebagai pengusaha sukses dan juga investor, dengan total kekayaan hingga US$4,4 miliar atau sekitar Rp63,3 triliun.

Pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 ini adalah seorang pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki banyak unit usaha di Indonesia.

Banyak industri yang dituju dari bisnisnya, mulai dari perbankan, media cetak, properti, rumah sakit, TV berbayar, hingga duty free shopping store.

Walaupun seorang miliarder, Tohir ternyata dikenal sebagai seorang yang dermawan, lho.

Bahkan, saking banyaknya kegiatan filantropis yang dilakukan, ia dijuluki Bill Gates-nya Indonesia.

Salah satu kunci sukses dari pengusaha sukses ini adalah disiplin, contohnya ia selalu bangun pagi setiap pukul 5.30 lalu membaca koran berbahasa Mandarin, Inggris dan Indonesia.


5Anthoni Salim – $5,3 miliar (Rp7,6 triliun)

orang terkaya - anthoni salim
img source: asia.nikkei.com

Anthoni Salim bisa dibilang sebagai bos indomie Indonesia. Ya, orang terkaya di Indonesia nomor 5 ini, merupakan Direktur Utama dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills.

Selain Indomie, perusahaannya memiliki produk-produk yang tak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga telah mendunia seperti Supermi, Sarimi, Indomilk, minyak goreng Bimoli dan lainnya.

Tak heran kalau Anthoni Salom menduduki posisi ke-5 dalam daftar miliarder Indonesia, dengan harta mencapai US$5,3 miliar atau setara Rp 76,3 triliun.

Kesuksesan Anthoni Salim sebagai pengusaha ternyata tidak terus berjalan mulus. Pada krisis moneter di tahun 1998, menjadi tahun keterpurukannya dengan total hutang mencapai Rp55 triliun.

Bahkan ia harus menjual beberapa perusahaannya saat itu seperti, PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, dan PT Indomobil Sukses International.

Nah, akhirnya setelah 11 tahun berusaha, pada tahun 2009, PT Indofood Sukses Makmur berhasil menghasilkan keuntungan hingga Rp 2 triliun.


4Sri Prakash Lohia – US$ 7,5 miliar (Rp107 triliun)

Sri Parkash Lohia
img source: kargoku.co.id

Orang terkaya di Indonesia nomor 4 ini, memiliki total kekayaan US$ 7,5 miliar atau sekitar Rp107 triliun.

Sri Prakash Lohia adalah seorang pendiri sekaligus ketua Indorama Corporation, yang bergerak di perusahaan petrokimia dan tekstil.

Sri Prakash Lohia sendiri adalah seorang perantauan India yang lahir di Kolkata, India, pada 11 Juli 1952.


3Eka Tjipta Widjaja – US$ 8,6 miliar (Rp123,7 triliun)

pengusaha - Eka Tjipta Widjaja

Orang terkaya di Indonesia ke-3 ini merupakan pendiri dari Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja.

Walaupun pengusaha ini sudah tutup usia pada Januari 2019 lalu, tapi sosoknya sangatlah meninginspirasi.

Eka merintis usahanya dari nol, bahkan pernah bekerja serabutan sejak lulus SD, namun siapa sangka sekarang ia memiliki kekayaan hingga US$8,6 miliar atau sekitar Rp123,7 triliun.

Pengusaha sukses pemilih nama asli Oei Ek-Tjhong memiliki banyak bidang bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari kelapa sawit, perbankan, kertas dan lainnya.

Bahkan, ia juga membangun properti seperti ITC Mangga Dua, Green View Apartemen, dan Ambassador di Kuningan.

Walaupun seorang miliarder, tetapi ia juga memiliki jika kemanusiaan yang patut diacungi jempol.

Eka mendirikan Eka Tjipta Foundation (ETF) yang fokus untuk memberdayakan dan membina ekonomi masyarakat serta pelestarian lingkungan hidup.


2Susilo Wonowidjojo & Keluarga – US$ 9,2 miliar (Rp132,2 triliun)

susilo winowidjojo

Di posisi ke-2 orang terkaya di Indonesia ada seorang pengusaha sukses yang membangun dan membesarkan perusahaan rokok yaitu PT Gudang Garam Tbk., Susilo Wonowidjojo.

Perusahaan ini dirintis oleh Susilo sejak tahun 1958 dan berhasil mencapai peringka dua dengan total kekayaan mencapai US$ 9,2 miliar atau setara Rp132,2 triliun.

Gudang Garam sendiri merupakah salah satu rokok kretek terlaris di Indonesia yang ternyata dulu hanyalah sebuah usaha rumahan.

Dalam kuartal I 2018, PT Gudang Garam Tbk bahkan dikabarkan menghasilkan pendapatan hingga Rp21,98 triliun dan kabarnya setiap tahun mereka menyumbang cukai rokok Rp100 miliar ke negara.


1R. Budi & Michael Hartono – US$ 35 miliar (Rp503,7 triliun)

pengusaha kaya - Hartono bersaudara

Sampailah pada daftar orang terkaya di Indonesia pertama yang diduduki oleh Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono, dua bersaudara pemilik perusahaan rokok PT Djarum.

Hartono bersaudara memiliki kekayaan hingga US$ 35 miliar atau mencapai Rp503,7 triliun.

Tak hanya rokok, dua pengusaha ini juga memiliki bisnis properti juga seperti Puri Cugni, Graha Padma Internusa, Nagaraja Lestasi dan Cipta Bumi Indah, dan bisnis elektronik.

Selain itu, Harton bersaudara juga merupakan pemegang saham terbesar di Bank BCA. Memang, berinvestasi dengan bermain saham, bisa menciptakan keuntungan besar jika dijalankan dengan maksimal, apalagi investasi saham yang dkenal dengan high risk-high return.

Tetapi, jika Anda masih ragu untuk melakukan investasi saham, Anda bisa lho memilih investasi alternatif seperti Peer-to-Peer Lending (P2P).

Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi investor di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu investor atau pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending, KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investor hanya dengan Rp100.000 dengan hasil imbal besar mulai dari 18% hingga hingga 21,32% per tahun!

KoinWorks sendiri juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001 sehingga lebih terpercaya.

Yuk, mulai berinvestasi dan wujudkan tujuan finansial Anda!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.