Home » Blog » Daily, Investasi & Keuangan Pribadi » 10 Orang Terkaya di Indonesia, Tau yang Nomor 5?

10 Orang Terkaya di Indonesia, Tau yang Nomor 5?

·
6 menit
orang terkaya di indonesia

10 Orang Terkaya di Indonesia, Tau yang Nomor 5? – Pernahkah ada di benak kamu, untuk menjadi orang terkaya di Indonesia, bahkan di dunia?

Menjadi orang terkaya, mungkin bisa menjadi impian di siang bolong bagi sebagian orang, tetapi nyatanya ada lho orang-orang tertentu yang berhasil memegang predikat itu.

Di Indonesia misalnya, terdapat sejumlah miliarder yang memiliki aset hingga triliunan.

Tak heran, karena Indonesia sendiri sebenarnya juga merupakan negara kaya dengan sumber daya alam yang berlimpah.

Membahas orang terkaya di Indonesia menjadi sangat menarik, tentu saja karena tak sedikit orang yang penasaran, sebenarnya siapa saja mereka dan bagaimana mereka bisa menjadi kaya.

Kalau begitu langsung saja, berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia!


10. Sukanto Tanoto – $1.4 Miliar (Rp19,88 trilliun)

sukanto tanoto
img source: tanotofoundation.org

 

Sukanto adalah putera asli kelahiran Medan, 25 Desember 1949.

Sebelum menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, Sukantor ternyata sempat terpaksa putus sekolah semasara pemerintahan presiden soeharto, lho.

Ia juga menjalankan bisnis secara otodidak, dan baru menyelesaikan sekolah bisnis pada 1970 di Jakarta, dan melanjutkan di INSEAD, Perancis.

Di tahun 1973, Sukantor mendirikan perusahaan bernama Royal Golden Eagle International (RGEI), yang saat ini memiliki aset US$ 15 miliar.

RGEI sendiri, memiliki empat core bisnis, yaitu pulp dan kertas (APRIL dan Asia Symbol), minyak kelapa sawit (Asian Agri dan Apical), serat viscose (Sateri dan Asia Pacific Rayon), selulosa khusus (Bracell), serta pengembangan sumber daya energi (Pacific Oil & Gas).

Sejak 1997, Sukanto dan keluarga memilih tinggal di Singapura, dan tetap mengembangkan bisnisnya hingga Tiongkok, Brasil, Spanyol dan negara lain di seluruh dunia.


9. Theodore Rachmat – $1.4 Miliar (Rp19,88 triliun)

theodore rachmat
Img source: solopos.com

Walaupun jarang tesorot, tapi salah satu orang terkaya di Indonesia ini memiliki peranan penting lho sebagai pengusaha.

Saat ini, Theodore dikenal sebagai pendiri perusahaan tambang Ador dan juga pendiri grup bisnis Triputra Group.

Siapa sangka kalau dulu, ia adalah seorang sales di PT Astra?

Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja di Astra yang berfokus pada penjualan alat-alat berat.

Ia memiliki kinerja yang bagus, dan kariernya kian menanjak hingga di tahun 2002 – 2005, menjadi presiden komisaris.


8. Peter Sondakh – US$ 1,6 Miliar (Rp26 triliun)

Sondakh adalah seorang pendiri dan pimpinan dari Rajawali Corpora.

Bagi kamu yang belum tahu, Rajawali Corpora adalah perusahaan investasi yang mencakup hotel, media dan pertambahan yang didirikan tahun 1984.

Tidak hanya itu, Sondakh juga memiliki perusahaan taxi Express, hotel Four Season, penyedia layanan internet Velo Networks dan Rajawali Televisi.

Salah satu orang terkaya di Indonesia ini, lahir pada 23 Juli 1953 dari orang tua yang merupakan pengusaha ekspor kayu dan minyak kelapa.

Peter mengakui bahwa ayahnya lah yang menginspirasi nya untuk menjadi seorang pebisnis.

Ketika menginjak usia 20, ayahnya meninggal dunia, sehingga Peter pun harus menjadi tulang punggung keluarga dengan melanjutkan bisnis tersebut, dan mengembang tugas dalam membiayai hidup 4 saudari dan ibunya.


7. Mochtar Riady dan Keluarga – US$ 1,7 Miliar (Rp27,20 triliun)

Orang terkaya di Indonesia inilah yang ada di balik Lippo Group.

Mochtar Riady lahir di Malang, 12 Mei 1929, yang walaupun usianya hampir seabad tapi ia masih aktif berkegiatan, daya ingatnya kuat dan bicaranya juga lancar.

Sejak dahulu ia bercita-cita menjadi seorang bankir, namun sempat ditentang ayahnya lantaran saat itu bankir adalah pekerjaan orang kaya, sedangkan keluarganya adalah keluarga miskin.

Namun, ia tetap bertekad mengejar mimpinya, hingga akhirnya menjadi seorang bankir handal.

Bahkan, ia menjadi salah satu yang membesarkan bank BCA hingga akhirnya mendirikan Lippo Bank.

Nah, dari industri perbankan, bisnis Lippo berkembang ke beragam sektor, seperti properti, investasi, asuransi, sekutaritas, dan lainnya hingga saat ini.


6. Martua Sitorus – US$ 1,8 Miliar (Rp29 triliun)

martua sitorus

Bagi kamu yang belum tahu, Martua Sitorus adalah orang terkaya di Indonesia yang ada dibalik, Wilmar Internasional, perusahaan pengolahan kelapa sawit yang sudah mendunia.

Sebelum seperti sekarang, pria yang kerap disapa A Hol ini pernah berjualan udang dan menjadi loper koran di kota kelahirannya, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Nah, setelah menamatkan kuliahnya ia bertemu dengan pengusaha Malaysia, William dan mendirikan Wilmar yang merupakan singkatan Willian-Martua.

Tak hanya itu, di tahun 2012 ia juga mendirikan Murni Teguh Memorial Hospital yang didedikasikan untuk Ibunya yaitu Murni Teguh.


5. Chairul Tanjung – US$ 3,1 Miliar (Rp50 triliun)

pengusaha - chairul tanjung

Dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, nama Chairul Tanjung berada di posisi ke-5 dengan total kekayaan mencapai US$ 3,1 miliar atau sekitar Rp50 triliun.

Chairul Tanjung yang mendapatkan julan Si Anak Singkong ini, ternyata tidak hanya seorang pengusaha sukses, melainkan juga pernah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan Indonesia hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Kesuksesan dari Chairul Tanjung, didapatinya dari perusahaan yang ia dirikan CT Corp.

CT Corp sendiri, memegang beberapa portofolio investasi seperti; PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Bank Mega Syariah, PT Mega Capital Sekuritas, PT Mega Asset Management, PT Mega Finance, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

Tak hanya itu, Chairul Tanjung juga mengelola waralaba Wendy’s di Indonesia, Versace, Mango dan Jimmy Choo, lho.


4. Prajogo Pangestu – US$ 3,5 Miliar (Rp56 triliun)

pengusaha kaya - prajogo pangestu
img source: tempo

Prajogo Pangestu merupakan pemiliki dari kerajaan bisnis, Barito Pacific Group.

PT Barito Pacific sendiri adalah sebuah bisnis yang menaungi banyak perusahaan-perusahaan di bidang petrokimia, energi, power plant, properti, perkebunan hingga industri kayu.

Tak heran, kalau pengusaha sukses yang lahir pada tahun 1944 ini, memiliki kekayaan US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp56 triliun.

Dalam fersi majalah Forbes, Prajogo Pangestu masuk ke dalam daftar nomor 10 orang terkaya di Indonesia.

Tapi, tahukah kamu?

Sebelum sukses seperti sekarang, Prajogo Pangestu bukanlah siapa-siapa, bahkan ia bersekolah hanya sampai SMP dan sempat menjadi supir angkot jurusan Singkawang-Pontianak.

Berkat kegigihan, semangat, serta kerja kerasnya, akhirnya ia bisa mengubah nasibnya hingga sekarang menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia.


3. Dato’ Sri Tahir – US$ 4,1 Miliar (Rp66 triliun)

orang terkaya - Dato' Sri Tahir
img source: tempo

Di posisi ke-3 orang terkaya di Indonesia ada Dato’ Sri Tahir yang dikenal sebagai pengusaha sukses dan juga investor, dengan total kekayaan hingga US$4,1 miliar atau sekitar Rp66 triliun.

Pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 ini adalah seorang pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki banyak unit usaha di Indonesia.

Banyak industri yang dituju dari bisnisnya, mulai dari perbankan, media cetak, properti, rumah sakit, TV berbayar, hingga duty free shopping store.

Walaupun seorang miliarder, Tohir ternyata dikenal sebagai seorang yang dermawan, lho.

Bahkan, saking banyaknya kegiatan filantropis yang dilakukan, ia dijuluki Bill Gates-nya Indonesia.

Salah satu kunci sukses dari pengusaha sukses ini adalah disiplin, contohnya ia selalu bangun pagi setiap pukul 5.30 lalu membaca koran berbahasa Mandarin, Inggris dan Indonesia.


2. Sri Prakash Lohia – US$ 4,3 Miliar (Rp 69 triliun)

Sri Parkash Lohia
img source: kargoku.co.id

Orang terkaya di Indonesia nomor 2 ini, memiliki total kekayaan US$ 4,3 miliar atau sekitar Rp69 triliun.

Sri Prakash Lohia sendiri adalah seorang perantauan India yang lahir di Kolkata, India, pada 11 Juli 1952.

Pada tahun 1970-an, ayahnya pindah dari India ke Indonesia lalu mendirikan Indorama sebagai perusahaan pembuat benang pintal.

Nah, hingga sekarang perusahaan tersebut berkembang dan mendiversifikasi ke beragam indusutri seperti pembangkit tenaga listrik, petrokimia, pupuk, bahan baku tekstik, dan lainnya.

Hingga sekarang, Lohia tetap menduduki posisi chairman Indorama, tetapi berdomisili di London.

Putranya yaitu Amit, menduduki posisi wakil chairman.


1. R. Budi & Michael Hartono – US$ 13,6 miliar (Rp217,6 triliun)

pengusaha kaya - Hartono bersaudara

Sampailah pada daftar orang terkaya di Indonesia pertama yang diduduki oleh Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono, dua bersaudara pemilik perusahaan rokok PT Djarum.

Hartono bersaudara memiliki kekayaan hingga US$ 13,6 miliar atau mencapai Rp217,6 triliun.

Tak hanya rokok, dua pengusaha ini juga memiliki bisnis properti juga seperti Puri Cugni, Graha Padma Internusa, Nagaraja Lestasi dan Cipta Bumi Indah, dan bisnis elektronik.

Selain itu, Hartono bersaudara juga merupakan pemegang saham terbesar di Bank BCA.

Hartono membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi.

Memang, berinvestasi dengan bermain saham, bisa menciptakan keuntungan besar jika dijalankan dengan maksimal, apalagi investasi saham yang dkenal dengan high risk-high return.

Tetapi, jika kamu masih ragu untuk melakukan investasi saham, kamu bisa lho memilih ibelajar dulu fundamentalnya dengan mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, Super Financial App, karena konsepnya serupa.

Dengan mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, kamu bisa mendapatkan imbal hasil efektif 18% per tahun, hanya dengan modal awal Rp100,000.

KoinWorks sendiri merupakan sebuah solusi untuk kamu yang mau mengembangkan aset sekaligus meminjam dana salam satu aplikasi dan juga sudah berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta bersertifikasi ISO:27001 sehingga lebih terpercaya.

Yuk, mulai mendanai dan wujudkan tujuan finansial kamu!

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​