Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Perbedaan Internet, Mobile dan Digital Banking yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Internet, Mobile dan Digital Banking yang Perlu Kamu Ketahui

·
4 menit
Perbedaan Internet, Mobile,dan Digital Banking

Di zaman yang sudah serba modern ini memang sudah tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi.

Teknologi yang semakin canggih ini bisa kita lihat pada berbagai bidang mulai dari perdagangan, pendidikan, hingga perbankan.

Kemajuan di bidang perbankan ini bisa kamu lihat dari adanya layanan internet, mobile, dan digital banking.

Dengan ketiga layanan ini kamu bisa mengakses layanan bank tanpa perlu repot-repot mengantri. Semua bisa dilakukan hanya lewat gadget yang kamu punya.

Tapi terlepas dari kemudahan itu, apakah kamu sudah tahu detail ketiga layanan tersebut? Apabila belum tahu, ini adalah perbedaan internet, mobile, dan digital banking:

Internet banking

Internet banking atau lebih dikenal dengan e-banking merupakan layanan perbankan yang bisa diakses oleh nasabah yang bersangkutan melalui dengan  situs website resmi yang dibuat bank tersebut.

Layanan perbankan yang satu ini semakin populer dan diminati karena menyediakan berbagai fitur yang sangat praktis antara lain :

  • Informasi rekening

Sebelum adanya layanan internet banking ini, untuk mengetahui berapa saldo yang kamu punya saja mengharuskan kamu keluar ke ATM.

Namun kini lewat website saja, kamu bisa mengecek jumlah saldo kamu dengan lebih mudah.

Tidak hanya jumlah saldo tapi kamu juga bisa sekalian melihat histori transfer yang telah kamu lakukan.

Kamu bisa mencetak sendiri histori transfer tersebut tanpa perlu pergi ke bank. Selain itu kamu juga  bisa melihat informasi kurs penukaran mata uang negara yang 1 dengan negara lain di sini.

  • Fitur untuk melakukan transfer secara langsung ke nomor rekening lain 

Tidak hanya mengecek tapi kamu juga bisa melakukan transaksi lewat layanan e-banking tersebut.

Kamu tinggal memasukkan nomor rekening tujuan baik itu antar bank yang sama atau bank lain. Selanjutnya kamu sudah bisa melakukan transfer sebagaimana ATM biasa.

Layanan ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran berbagai keperluan. Contohnya  pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, internet,  sampai e-commerce.

  • Notifikasi transaksi

Berhasil tidaknya transaksi yang telah kamu lakukan nantinya akan diberitahukan oleh program lewat akun e-mail.

Bahkan untuk bank-bank tertentu juga mengirimkan rekapitulasi transaksi yang dilakukan nasabah setiap bulan ke e-mail mereka meski tidak diminta.

Namun sebelum kamu menikmati  fitur-fitur yang disediakan tersebut internet banking, kamu tetap perlu mendatangi bank yang bersangkutan untuk mendaftar.

Nantinya pihak bank akan memberikan user id, password, token atau one time password (OTP) supaya kamu bisa mengakses rekening kamu lewat website bank tersebut.

User id dan password e-banking ini biasanya juga akan langsung diberikan ketika kamu membuat rekening pertama kali

Internet banking ini memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut :

1. Bisa kamu akses secara luas

Layanan ini bisa kamu akses lewat gadget apapun baik itu PC, laptop, hingga ponsel. Kamu bisa tetap mengaksesnya tidak peduli lokasi di mana kamu berada selama masih ada koneksi internet.

2. Tidak terikat oleh waktu

Layanan e-banking tidak terikat jam operasional konter. Kamu tetap bisa mengaksesnya fitur-fitur yang disediakan kapan saja selama 24 jam sehari termasuk hari libur.

3. Terjamin keamanannya

Rekening yang kamu daftarkan  di website terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis.

Meski demikian, kamu tetap harus  memastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus. Selain itu sebaiknya hindari menggunakan koneksi internet yang bisa diakses oleh umum seperti WiFi publik saat kamu akan mengakses e-banking ini.

Mobile banking

Sebagaimana namanya, layanan perbankan jenis ini hanya diperuntukkan untuk ponsel.  Jenis fitur yang disediakan kurang lebihnya sama dengan internet banking.

Namun apabila internet banking diakses lewat website, pada versi mobile kamu perlu mengunduh aplikasi khusus.

Aplikasi ini sangat mudah diinstal karena sudah tersedia lewat google play atau app store. Contoh aplikasi ini adalah BCA mobile, Mandiri mobile, dll.

Tidak seperti layanan internet banking yang kamu harus mendapatkan password dari pihak bank untuk mendaftarkan rekening kamu.

Sementara pada mobile banking, kamu bisa mendaftar cukup dengan e-mail dan nomor handphone.

Selanjutnya sebagai bentuk pengamanan pihak bank akan memberikan SMS yang berisi kode verifikasi.

Kode ini harus kamu isikan ke kolom yang disediakan aplikasi. Setelah kode verifikasi terisi dengan benar barulah kamu bisa membuat password untuk mengakses rekening kamu nantinya.

Namun sebelum bisa membuat aplikasi ini, kamu tetap harus membuat ATM terlebih dahulu. Hal ini karena supaya transaksi bisa kamu lakukan lewat aplikasi ini tetap harus menggunakan pin ATM yang kamu buat.

Sebagai tambahan pengamanan nantinya saat anda melakukan transfer, program dari bank juga menerapkan sistem one-time password (OTP).

Password itu nantinya akan dikirim via SMS ke ponsel kamu. OTP ini hanya berfungsi pada kartu SIM yang telah didaftarkan sehingga alangkah baiknya jangan dibagikan sembarangan kepada orang lain.

Digital Banking

Meskipun sama-sama berbasis internet, digital banking berbeda dengan internet atau mobile banking.

Hal ini bisa kalian lihat pada cakupan pelayanan dari internet atau mobile banking yang masih sangat terbatas.

Sementara pada digital banking bisa memproses berbagai keperluan perbankan  menyeluruh secara  online.

Layanan ini memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi dengan pihak bank.

Selain itu nasabah juga bisa melakukan registrasi untuk pembukaan rekening, mengakses segala transaksi perbankan, sampai penutupan rekening.

Nasabah juga bisa memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan. Contohnya antara lain: nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), sampai top up e-wallet.

Pelayanan-pelayanan yang telah disebutkan di atas sudah seperti yang telah ditekankan, bisa kamu urus secara online.

Kini anda dapat lebih menghemat waktu dan tenaga tanpa perlu menunggu nomor antrian. Anda tidak perlu repot-repot membawa berbagai berkas karena sekarang kamu bisa mengurus keperluan  perbankan hanya lewat gadget .

Namun meskipun demikian ada beberapa prosedur pengurusan yang mengharuskan kamu tetap datang ke bank seperti biasanya.

Namun tentunya karena prosedur-prosedur lain sudah anda lewati, pengurusan di banknya langsung akan lebih cepat dan mudah.

Dari segi pengamanan digital banking juga lebih canggih. Baik internet maupun mobile banking sistem pengamanannya masih menggunakan personal identification number (PIN) saat log in dan transaksi.

Sementara pada digital banking sudah berbasis biometrik e-KTP yang sekarang kamu kantongi.  Teknologi biometrik yang ada dalam KTP ini disimpan oleh pihak bank dalam bentuk seperti fingerprint, verifikasi, dan data keamanan.

Setiap data nasabah sudah tercatat dan terintegrasi dalam database bank. Selain lebih aman, sistem terintegrasi ini juga  mempersingkat waktu pendaftaran rekening dan verifikasi data ketika log in atau setiap transaksi.

Selain itu juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk tetap bertransaksi meskipun mungkin saat itu ia sedang lupa nomor PIN untuk akses rekeningnya.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat