Ramai Dibicarakan, Apa itu Neobank?

Neo Bank

Akhir-akhir ini, neobank mendapat banyak perhatian di kalangan pelaku industri keuangan.

Beberapa bahkan ada yang mengatakan bahwa jenis baru dari digital bank ini nantinya akan mendisrupsi industri perbankan dan fintech yang sudah ada saat ini.

Itu karena neobank menawarkan kemudahan dan cara kerja yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern hari ini, terutama anak muda.

Yaitu bank yang bisa membantu kita melakukan berbagai transaksi keuangan melalui satu klik di gawai (gadget) kita, dan 100 persen berbasis teknologi atau digital.

Sebenernya, apa itu neobank?

Mari kita pelajari pengertian dan fungsi lengkap dari neobank di bawah ini.

Pengertian Neobank

Neobank adalah sebuah inovasi dalam teknologi keuangan yang menawarkan layanan perbankan digital tanpa cabang. Neobank tidak memiliki bentuk fisik sebagaimana layanan bank pada umumnya, namun neobank hadir sepenuhnya secara online.

Neobank menyasar kepada nasabah yang tech-savvy (paham dan fasih dalam teknologi) yang tidak keberatan melakukan sebagian besar pengelolaan keuangan mereka melalui aplikasi seluler.

 

Cara Kerja Neobank

Neobank menggunakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh ke dalam smartphone penggunanya. Bagi mereka yang terbiasa dengan teknologi, akun neobank mudah untuk diatur dan memiliki akses yang cepat. Semua layanan neobank bisa digunakan tanpa mengharuskan pengguna untuk menandatangani dokumen fisik apapun. Dengan kata lain, pengguna cukup mendaftarkan dirinya layanan bank lewat aplikasi dan semuanya bisa didapatkan.

Beberapa neobank yang saat ini sudah beroperasi di beberapa negara, memungkinkan pengguna untuk menautkan rekening bank konvensional ke neobank sehingga pengguna dapat menikmati fitur terbaik dari kedua bank.

Neobank menawarkan layanan perbankan yang serupa dengan bank konvensional pada umum walaupun terbatas. Layanan-layanan tersebut antara lain:
– Rekening tabungan dan deposito
– Layanan pembayaran dan trasnfer uang
– Layanan perencanaan keuangan (pos-pos belanja, mengatur transfer terjadwal, dsb)

Dari sisi keamanan sistem perbankan, tidak perlu khawatir untuk meggunkana neobank. Seperti layaknya bank konvensional, bank digital model anyar ini menawarkan tingkat keamanan yang sama.

 

Keuntungan Neobank

  1. Suku bunga yang lebih tinggi dan biaya layanan yang rendah

    Karea neobank beroperasi tanpa menggunanakan cabang,  biaya operasional dapat ditekan dan diganti dengan biaya admin dan transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bank tradisional yang ada. Selain itu, dengan model bisnis neobank yang tidak memerlukan staf untuk menjalankan cabang, neobank bisa menawarkan suku bunga yang lebih tinggi.

  2. Tampilan ramah pengguna (User-friendly interface)

    Neobank sangat mengutakaman pengalaman pelanggan (user experience) dalam pengembangan produknya, sehingga tampilan yang ramah pengguna menjadi perhatian penting bagi neobank. Didukung dengan teknologi yang canggih, neobank mengutamakan tampilan rapi, gampang dipahami pengguna, dan memanjakan mata penggunanya.

  3. Keamanan unik untuk setiap pengguna

    Selain tampilan yang eye-catching dan ramah pengguna, neobank pada umumnya juga sudah dilengkapi dengan face-id dan biometrics untuk melakukan login dan otorisasi transaksi. Dengan fitur biometrics ini pengguna akan semakin dimudahkan dalam melakukan berbagai transaksi dan memiliki keamanan yang sangat terjaga. Bila perangkat tidak dapat membaca wajah maupun sidik jari pengguna yang telah terdaftar, pengguna tak bisa masuk ke dalam aplikasi apalagi melakukan transaksi.
    faceid

  4. Proses yang serba mudah dan cepat

    Neobank memungkinkan penggunannya untuk melakukan semua aktivitas perbankan melalui aplikasi smartphone. Dengan keunggulan teknologinya, semua transaksi dan pembayaran akan muncul pada tampilan aplikasi dan diperbaharui setiap saat. Hal ini tentu memudahkan nasabah untuk mengelola keuangan yang lebih baik. Bagi neobanks yang menawarkan pinjaman, proses pengajuan pinjaman yang memakan waktu dapat dipersingkat sehingga calon debitur bisa mendapatkan dana lebih cepat.

Perbedaan Neobank dan Bank Digital

Di Indonesia memang sudah banyak terdapat bank digital. Walaupun secara deskripsi bank digital dan neobank memiliki pengertian yang hampir sama, terdapat perbedaan yang cukup mencolok diantara keduanya.

Perbankan digital biasanya mengacu pada pemain yang lebih besar dalam industri perbankan yang menyediakan layanan keuangan dengan cara tradisional. Dengan kata lain, layanan bank digital pada dasarnya menempel pada bank induknya yang merupakan bank konvensional (misalnya, BTPN Jenius yang menempel pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional, atau Digibank yang menempel pada Bank DBS). Neobank dapat dikatakan 100% digital dan merupakan entitas yang terpisah dari perbankan tradisional yang sudah ada, baik besar atau kecil.

Berikut ini perbandingan-perbandingan fitur dari berbagai bank digital yang ada di Indonesia:

BTPN Jenius

DBS Digibank UOB TMRW Danamon
D-Save
PermataME

Mandiri Livin

Biaya Admin

Rp10.000/bulan

Rp 2.500 + biaya kartu debit pilihan

Biaya Transfer

Kuota gratis transfer tergantung jumlah saldo

Kuota gratis transfer tergantung jumlah saldo

Bebas biaya transfer ke sesama Mandiri

Tarik tunai

Gratis tarik tunai di semua ATM (kuota tergantung jumlah saldo)

Gratis tarik tunai di semua ATM (kuota tergantung jumlah saldo) Gratis tarik tunai di semua ATM (kuota tergantung jumlah saldo) Taruk tunai dari atm manapun. Max 10x dalam sebulan Gratis tarik tunai di semua ATM (saldo sebelum transaksi minimal Rp 1 juta)

Gratis tarik tunai di ATM Mandiri

Kartu debit

Kartu kredit

Saldo mengendap

Min. Rp 10.000

Setoran awal

Rp 50.000

Verfikasi online (call/video)

Dual account (private & business)

Chat in App (Chat CS dalam aplikasi)
Fitur tracker pengeluaran
Tabungan/deposito fleksibel
Suku bunga 4% – 5% p.a. 4% – 5% p.a. 4% p.a. 3% p.a. 0.25%-1.5% p.a. 0.15%-1.45% p.a.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Skolastika C. Rosari

Skolastika C. Rosari

I am a passionate storyteller who also in love with numbers and data. I choose to be a researcher because I can tell many stories based on the numbers I see!
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.