Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Keuntungan & Cara Mendapatkan Pinjaman dari Investasi Modal Angel Investor

Keuntungan & Cara Mendapatkan Pinjaman dari Investasi Modal Angel Investor

·
6 menit
pinjaman dari investor

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, dunia bisnis sudah sangat mengalami peningkatan yang signifikan dan semakin luas cangkupannya.

Tidak hanya mereka yang sudah berusia, yang bisa menciptakan suatu bisnis dan berdampak, tetapi juga mereka yang masih muda.

Selain itu, bisnis “zaman sekarang”, juga tidak hanya terpaku dengan hal-hal yang sifatnya berwujud, tetapi banyak bisnis yang memanfaatkan teknologi, contohnya seperti kelahiranan “super app”, yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Nah, adanya generasi pengusaha baru ini, biasanya memerlukan modal untuk menyuntikan dana kepada bisnis yang mereka bangun.

Berbicara tentang modal, sekarang ini tidak hanya bergantung pada pinjaman bank atau tabungan pribadi, tetapi juga merambah ke sumber lain salah satunya, memiliki pinjaman dari Investasi Modal Angel Investor.


Mengapa Mencari Modal Pinjaman dari Investasi Modal Angel Investor?

Secara umum, pengusaha di Indonesia mengenal berbagai macam sumber pinjaman selain tabungan pribadi dan pinjaman usaha.

Bank, misalnya, menawarkan kredit tanpa agunan yang merupakan kredit untuk individual tanpa jaminan apapun, asalkan uangnya digunakan untuk memulai bisnis dan bukan untuk keperluan konsumtif.

Ada yang mencari dana hibah dari perusahaan, yang disalurkan lewat kegiatan seperti program CSR.

Ada juga yang berupa modal ventura, yang walaupun proses peminjamannya jauh lebih rumit dan selektif, namun cenderung memberi perhatian lebih besar terhadap nasabahnya.

Bahkan ada juga perusahaan pembiayaan yang memberi pinjaman tidak berupa uang, namun aset bergerak untuk mendukung bisnis, misalnya kendaraan bermotor untuk memulai usaha.

Akan tetapi, bagi sebagian calon pengusaha, modal dari investor pribadi adalah pilihan yang lebih tepat. Pilihan untuk menggunakan investasi modal angel investor sebagai sumber modal biasanya didasarkan pada beberapa keuntungan berikut:


Keunggulan Mendapatkan Pinjaman dari Investor Pribadi

Bisa Mengenal Calon Investor Lebih Dekat

Saat melakukan bisnis, ada faktor penting yang tidak boleh diabaikan, yaitu koneksi.

Nah, keunggulan memiliki pinjaman dari investasi modal angel investor, calon investor dan calon pebisnis bisa mempunyai hubungan yang dekat, karena nantinya akan langsung berhadapan tanpa perantara.

Dengan begitu, nantinya kedua belah pihak bisa lebih saling memahami potensi bisnis yang ada dan bersedia komitmen dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Memahami Minat Khusus dari Calon Investor

Masih berkaitan dengan poin di atas, proses peminjaman biasanya akan lebih mudah jika investor memiliki minat khusus dalam jenis usaha yang hendak didirikan.

Misalnya, mungkin si investor memiliki ketertarikan dalam usaha restoran dengan tema tertentu, namun tidak memiliki ide dan keahlian untuk mendirikan restoran tersebut, sehingga memilih menjadi investor saja.

Tidak Membebani dengan Adanya Bunga

Investor pribadi tidak membebani peminjamnya dengan bunga besar, tidak seperti kredit yang diberikan oleh bank, sehingga calon pebisnis tidak dipusingkan dengan biaya tambahan karena adanya bunga yang besar.

Memiliki Persyaratan yang Lebih Fleksibel

Bank dan lembaga keuangan lain biasanya memiliki persyaratan cukup ketat dalam hal peminjaman dan pembayaran.

Tetapi, investor pribadi bisa berdiskusi dengan calon peminjam untuk menetapkan kebijakan pembayaran yang bisa disepakati keduanya dengan senang hati.

Walaupun meminjam dari investasi modal angel investornampaknya menawarkan fleksibilitas lebih dibanding meminjam dari bank, jangan lupa bahwa faktor kepercayaan sangat penting dalam perjanjian peminjaman antar investor pribadi dan debiturnya.

Masing-masing memiliki beban besar untuk menjadi pihak yang dapat dipercaya, terutama karena sistem yang diterapkan bisa jadi cukup fleksibel dan tidak seformal seperti yang diterapkan bank.

Selain itu, jika peminjam mengenal investor dengan baik, seringkali ada godaan untuk bersikap tidak profesional dan hal ini adalah sesuatu yang harus dihindari untuk hubungan profesional yang baik.


Jenis Modal Pinjaman dari Investor Pribadi

Ada beberapa jenis modal investor pribadi yang bisa diajukan kamu sebagai calon pebisnis yaitu:

Bagi Hasil

Sistem bagi hasil bisa diterapkan antar peminjam dan investor pribadi, di mana dalam kontrak, investor bisa mendapat pembagian hasil keuntungan untuk periode tertentu.

Dikarenakan sifat dari jenis pinjaman dari investasi modal angel investor ini sifatnya bukan kepemilikan usaha, investor hanya mendapat keuntungan bagi hasil sampai periode yang ditetapkan dalam kontrak habis.

Perkongsian

Ini adalah sistem kerjasama di mana kamu menggabungkan modal pribadi dengan uang dari investor pribadi.

Dalam hal ini, perjanjian biasanya menyerahkan sekian persen keuntungan pada si investor, sebagai ganti bantuannya.

Tetapi, perlu jalinan kepercayaan yang cukup baik untuk menerapkan sistem ini.

Kerjasama Antar Pemilik Usaha

Ini bisa dilakukan jika ada investor yang juga berniat atau sudah mendirikan usaha yang sama.

Bentuk kerjasamanya bisa beraneka ragam, mulai dari bekerjasama dalam hal permodalan, operasional, hingga promosi.

Upaya mendapatkan modal pinjaman bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan investor pribadi, namun pihak peminjam dan investor harus bersikap profesional dan membuat perjanjian resmi yang memastikan keduanya tak akan merugi.


Etika dan Prinsip Penting dalam Mendapatkan Pinjaman Pribadi

Hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan meminjam uang adalah memeriksa bagaimana gaya hidup kamu.

Meskipun kamu seorang manajer keuangan handal di perusahaan, hal ini belum bisa menjadi jaminan bahwa kamu termasuk orang yang pandai mengelola keuangan pribadi dengan baik.

Ketika kamu termasuk orang yang kurang bisa memperhatikan anggaran belanja dan sering mengeluarkan uang tanpa disertai dengan perencanaan, maka kamu sebaiknya mengambil sikap tegas dan disiplin bila ingin melakukan hal ini.

Sebisa mungkin kamu sebaiknya tidak menjadikan berhutang atau meminjam uang kepada orang lain sebagai kebiasaan.

Meskipun kamu mungkin bisa membayar hutang tersebut tepat waktu setiap kali meminjam uang, namun berhutang sebaiknya tidak menjadi hal yang dibiasakan kecuali dalam kondisi yang terpaksa dan darurat.

Bila kamu memiliki suatu harta lain non uang seperti emas ataupun benda berharga lainnya, kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan uang ataupun menjadikan harta tersebut sebagai salah satu jaminan.

Saat kamu berencana untuk membuat pinjaman pribadi, baik kepada teman ataupun keluarga, kamu sebaiknya meminta bukti peminjaman.

Ketika melakukan pinjam meminjam uang dengan teman ataupun keluarga, banyak orang seringkali melakukannya tanpa ada bukti hitam di atas putih karena mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak penting, hanya berlandaskan kepercayaan.

Tapi, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kedua belah pihak, kamu bisa membuat surat bukti peminjaman dan meminta orang yang akan meminjamkan uang untuk meninjau serta memeriksa surat tersebut.

Dengan membuat bukti, bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki i’tikad baik atas peminjaman yang dilakukan dan dapat mengembalikan pinjaman sesuai dengan kesepakatan.

Etika lain yang harus diperhatikan dalam pinjam meminjam uang adalah mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan waktu yang dijanjikan bahkan lebih baik kalau sesegera mungkin.

Bila kamu berhadapan dengan kondisi di mana tidak bisa mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan waktu yang dijanjikan, sebaiknya kamu memberitahukannya kepada pihak pemberi pinjaman.

Hal ini menjadi cara untuk menjaga integritas dan reputasi kamu di mata orang yang memberikan pinjaman.

Ketika kamu sudah bisa mengembalikan pinjaman, sebaiknya juga menambahkan sedikit dari pokok pinjamannya.

Tentu saja, kamu sebaiknya menyampaikan rasa terima kasih kepada orang yang telah membantu memberi pinjaman.

Mendapatkan pinjaman dari orang lain baik dari orang dekat kita ataupun bukan memang bukan hal yang salah terutama ketika kita berada dalam kondisi mendesak.

Ketika kamu mendapatkan bantuan dan pinjaman dari orang lain, sebaiknya mempersiapkan diri dan membuka hati ketika ada orang lain yang juga ingin meminjam uang kepada kamu.

Tapi sebelumnya, pastikan kondisi keuanganmu sedag lapang, ya.

Dengan menjaga kepercayaan saat kamu mendapatkan pinjaman pribadi , hal ini pastinya akan membuat orang lain yang meminjamkan tetap merasa aman dan nyaman.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank


Tips Mencari Pinjaman dari Investasi Modal Angel Investor

  1. Rancanglah rencana usaha yang ingin didirikan secara terperinci. Ungkapkan secara detail mulai dari visi dan misi niat kamu dalam mendirikan perusahaan tersebut. Jangan lupa menyertakan pengalaman serta kompetensi kamu dalam bidang usaha tersebut secara jujur. Poin tersebut akan menarik perhatian calon investor akan bisnis yang hendak kamu dirikan.
  1. Jelaskan kepada para calon investor dengan sedetail mungkin tentang strategi yang akan diterapkan demi meraih keuntungan pada bisnis tersebut. Maka, calon investor yang berpotensi akan melihat peluang keuntungan bagi dirinya dengan bekerja sama bersamamu.
  1. Yakinkan calon investor dengan jujur dan sesuai fakta bahwa bekerja sama dengan kamu bisa menjadi kesempatan emas untuk dirinya berinvestasi padausaha yang akan kamu rintis. Selain itu yakinkan bahwa modal yang dimilikinya bisa berkembang semakin banyak.
  1. Berikan calon investor detail pembagian imbal hasil yang berpeluang diperoleh melalui usaha yang kamu rintis tersebut. Penting hukumnya untuk memberikan perhitungan jelas peluang estimasi profit yang akan mereka peroleh sebagai investor.
  2. Terakhir bila seluruh panduan tersebut tak mendapatkan hasil berikan garansi kepada calon investor. Maka, mereka akan mendapatkan pengembalian dana 100% bila usaha yang kamu  miliki ternyata mengalami kegagalan.

Selain Pinjaman Ini, Adakah Cara Lain?

Tentu saja, selain dari investasi modal angel investor kamu juga bisa mendapatkan pinjaman untuk tambahan modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinWorks sendiri adalah Super Financial App, yang menawarkan solusi pendanaan untuk bisnis dan juga pribadi.

Nantinya, modal bisnis yang kamu dapatkan akan menggunakan sistem peer-to-peer lending.

Sebagai penyedia jasa peer-to-peer lending, KoinWorks sudah berizin penuh dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi tak perlu khawatir dengan kredibilitasnya.


Apa Saja yang Ditawarkan KoinBisnis?

Di KoinBisnis, kamu bisa meminjam modal usaha hingga Rp2 Milyar dengan bunga yang rendah mulai dari 0,75% per bulan.

Tenor yang ditawarkan juga fleksibel dan bisa kamu pilih sesuai preferensi, yaitu mulai dari 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan.

Istimewanya lagi jika kamu ingin melunasi pinjaman sebelum tenor yang ditetapkan jatuh tempo,kamu tidak akan dikenakan biaya pinalti atau denda apapun.

Contoh, apabila kamu meminjam Rp10 juta dengan tenor 12 bulan, dan hendak melunasi pinjaman kamu di bulan ke-8, kamu bisa melunasinya tanpa denda/biaya atau pun bunga di bulan-bulan berikutnya.

Tertarik untuk mengajukan pinjaman modal usaha cepat tanpa jaminan di KoinBisnis?

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat