Mencari Modal Pinjaman dari Investor Pribadi – Gerakan pengusaha muda Indonesia berkarya, yang mulai digalakkan setelah era 2010-an terutama setelah perkembangan teknologi informasi, menuntut lebih banyak sumber modal pinjaman yang tidak hanya terbatas pada pinjaman bank atau lembaga keuangan lainnya.

Generasi pengusaha baru kini tidak hanya bergantung pada pinjaman bank atau tabungan pribadi untuk membiayai bisnisnya, namun juga merambah ke sumber pinjaman lain; salah satunya adalah investor pribadi.

Mengapa Mencari Modal Pinjaman dari Investor Pribadi?

Secara umum, pengusaha di Indonesia mengenal berbagai macam sumber pinjaman selain tabungan pribadi dan pinjaman usaha.

Bank, misalnya, menawarkan kredit tanpa agunan yang merupakan kredit untuk individual tanpa jaminan apapun, asalkan uangnya digunakan untuk memulai bisnis dan bukan untuk keperluan konsumtif.

Baca Juga: Bank Indonesia Persiapkan Regulatory Sandbox Demi Mendukung Pelaku Fintech

Ada yang mencari dana hibah dari perusahaan, yang disalurkan lewat kegiatan seperti program CSR. Ada juga yang berupa modal ventura, yang walaupun proses peminjamannya jauh lebih rumit dan selektif, namun cenderung memberi perhatian lebih besar terhadap nasabahnya.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Bahkan ada juga perusahaan pembiayaan yang memberi pinjaman tidak berupa uang, namun aset bergerak untuk mendukung bisnis, misalnya kendaraan bermotor untuk memulai usaha.

Akan tetapi, bagi sebagian calon pengusaha, modal dari investor pribadi adalah pilihan yang lebih tepat. Pilihan untuk menggunakan investor pribadi sebagai sumber modal biasanya didasarkan pada beberapa sebab:

1. Mengenal calon investor secara dekat

Faktor koneksi tidak boleh diabaikan dalam bisnis. Dalam hal ini, calon pengusaha bisa jadi memiliki hubungan dekat dengan calon investor, sehingga sama-sama bisa memahami potensi bisnis dan bersedia berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tersebut.

2. Memahami minat khusus calon investor

Masih berkaitan dengan poin di atas, proses peminjaman biasanya akan lebih mudah jika investor memiliki minat khusus dalam jenis usaha yang hendak didirikan.
Misalnya, mungkin si investor memiliki ketertarikan dalam usaha restoran dengan tema tertentu, namun tidak memiliki ide dan keahlian untuk mendirikan restoran tersebut, sehingga memilih menjadi investor saja.

3. Tidak membebani dengan bunga

Investor pribadi tidak membebani peminjamnya dengan bunga besar, tidak seperti kredit yang diberikan oleh bank, sehingga calon pebisnis tidak dipusingkan dengan biaya tambahan karena adanya bunga.

4. Bisa memberikan persyaratan lebih fleksibel

Bank dan lembaga keuangan lain biasanya memiliki persyaratan cukup ketat dalam hal peminjaman dan pembayaran.
Akan tetapi, investor pribadi bisa berdiskusi dengan calon peminjam untuk menetapkan kebijakan pembayaran yang bisa disepakati keduanya dengan senang hati.

Walaupun meminjam dari investor pribadi nampaknya menawarkan fleksibilitas lebih dibanding meminjam dari bank, jangan lupa bahwa faktor kepercayaan sangat penting dalam perjanjian peminjaman antar investor pribadi dan debiturnya.

Baca Juga: Mendorong Perekonomian Indonesia dengan P2P Lending

Masing-masing memiliki beban besar untuk menjadi pihak yang dapat dipercaya, terutama karena sistem yang diterapkan bisa jadi cukup fleksibel dan tidak seformal seperti yang diterapkan bank.

Selain itu, jika peminjam mengenal investor dengan baik, seringkali ada godaan untuk bersikap tidak profesional; sesuatu yang harus dihindari untuk hubungan profesional yang baik.

Jenis Modal Pinjaman dari Investor Pribadi

Ada beberapa jenis modal investor pribadi yang bisa diajukan, yaitu:

1. Bagi Hasil

Sistem bagi hasil bisa diterapkan antar peminjam dan investor pribadi, dimana dalam kontrak, investor bisa mendapat pembagian hasil keuntungan untuk periode tertentu.
Karena sifatnya bukan kepemilikan usaha, investor hanya mendapat keuntungan bagi hasil sampai periode yang ditetapkan dalam kontrak habis.

2. Perkongsian

Ini adalah sistem kerjasama dimana Anda menggabungkan modal pribadi dengan uang dar investor pribadi. Dalam hal ini, perjanjian biasanya menyerahkan sekian persen keuntungan pada si investor, sebagai ganti bantuannya. Akan tetapi, perlu jalinan kepercayaan yang cukup baik untuk menerapkan sistem ini.

3. Kerjasama Antar Pemilik Usaha

Ini bisa dilakukan jika ada investor yang juga berniat atau sudah mendirikan usaha yang sama. Bentuk kerjasamanya bisa beraneka ragam, mulai dari bekerjasama dalam hal permodalan, operasional, hingga promosi.

Upaya mendapatkan modal pinjaman bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan investor pribadi, namun pihak peminjam dan investor harus bersikap profesional dan membuat perjanjian resmi yang memastikan keduanya tak akan merugi.


Di KoinWorks, Anda dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha, pendidikan dan kesehatan dari ribuan investor pribadi yang tergabung.

KoinWorks menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang bisa diajukan sepenuhnya secara online, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Nominal pinjaman yang bisa diajukan di KoinWorks mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 2.000.000.000 dengan tenor mulai dari 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Apabila Anda ingin melunasi pinjaman Anda sebelum tenor yang ditetapkan jatuh tempo, KoinWorks tidak mengenakan biaya pinalti atau denda apapun.

Contoh, apabila Anda meminjam Rp 10 juta dengan tenor 12 bulan, dan apabila Anda hendak melunasi pinjaman Anda di bulan ke-8, Anda bisa melunasinya tanpa denda/biaya atau pun bunga di bulan-bulan berikutnya.

Tertarik untuk mengajukan pinjaman modal usaha cepat tanpa jaminan non bank? Ajukan sekarang di KoinWorks.


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

75 KOMENTAR

  1. Saya butuh modal untk pengembangan 5 usaha yg sudah saya jalankan,tapi bagaimana ini caranya kok rumit banget/sulit,,tlg tanggapannya gan di tunggu.

  2. Selamat malam,. Saya sedang butuh investor untuk pengembangan penjualan produk dan penambahan stock barang, sy pemilik usaha dan saat ini perusahaan sy sdh memproduksi produk autocare dgn label sendiri (DAC Auto care), beberapa produk yg sdh kami jalankan brand terkenal dan penjualan sangat bagus dan perlu exspansi wilayah dan pembukaan toko agar meningkatkan income, team sales kami sangat agresif untuk pencapaian target.kegiatan usaha kami sdh berjalan kurang lebih 3 tahun, dan perlu investor untuk penambahan modal usaha.

    • pak revan maaf .brapa dana yg anda perlukan.dan usaha bapak tersebut sdah berjalan brapa lama
      Mohon klo ada nomor telpon nya d cantumkan agar kita bisa berhubungan langsung .roni kim

  3. Saya butuh investor untuk buka pabrik roti..selama ini sudah berjalan dengan mengambil produk dr toko toko orang dengan omset nett 60jt/bulan..minat 08996074831

    • pak lukman baik.brada dana yg d perlukan oleh anda untuk buka usaha toko rotinya.mohon info nya .tolong cantumkan no hp nya agar kita bisa berhubungan langsung

  4. Saya lagi mau bikin usaha d bidang pariwisata
    Cman kendala d modal.
    Saya cman ingin cari orang yg ingin join bisnis aja..
    Kalo ada.
    Saya ingin bertemu dan menerangkan usaha yg ingin saya bangun d bidang pariwisata ..
    Terima kasih

  5. mencari investor untuk usaha toko sepeda. di kota padang lokasi toko. toko sudah ada, tinggal modal untuk kelengkapan produk sepeda , asesoris dan sparepart sepeda.

  6. Butuh investor buka usaha tempat usaha aneka makanan.
    Saya punya tanah kosong bersertifikat hak milik luas 55m X 55m lokasi di pinggir jalan lintas sumatra bengkulu tepatnya dari bulan muko muko. Rencananya saya mau buka usaha menyesiakan tempat seperti PUJASERA. Tempat jualan aneka kuliner. Apakah ada investor yang mau kerja sama?

    • pa dedy inti nya bisa kmi bantu.asalkan usaha bapak tersebut memang reeaal adanya .mohon cantunkan nomor telpon bapak yg bisa d hubungi .roni kim

  7. Usaha kopi bubuk saya udah 3 THN,sangat membutuhkan modal untuk pengembangan usaha yang lebih luas dan membeli mesin pengemas yang modern/automatis,Sudi kiranya dari koinworks untuk bisa bekerja sama dengan kami.

  8. Saya lagi mencari investor untuk menjalankan toko online yang saya rancang di papua jayapura.
    Toko online saya tidak berjalan karena minimnya modal yang saya pegang. Terima kasih

  9. Hallo, saya skr sedang mencari pinjaman buat mengembangkan bisnis kuliner saya, prospek sgt bagus. adakah pinjaman/investor yg tak ribet & syarat mudah? trims.

  10. Kami lagi butuh Investor untuk Proyek Pembangunan Perumahan layak huni di 5 Kabupaten diProvinsi Sulawesi Barat dengan Pembagian Profit 60%, 40%. Mohon Bantuannya

  11. saya ingin mengambil lahan seluas 75 ha yang didalam lahan ada kandngan batu galena, emas dll.. dana yg saya butuhkan sebesar 5,6 miliar rupiah. wa saya 081278830066

  12. Saya butuh investor untuk pembuatan aplikasi, bisnis saya dibidang jasa kesehatan (Home Care), jasa cleaning service, jasa baby sitter, jasa tukang dll. Saya butuh investor utk buat aplikasi.
    Nanti kita bagi hasil.
    Tq.

  13. Saya butuh modal untuk buka usaha koperasi simpan pinjam.mau bagi hasil juga saya siap untuk kerja samanya .karna saya buka pinjam koperasi kecil kecilan karena saya kurang modal.ini no hp saya.081262802438.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.