Permudah Hidupmu Dengan Rekening Digital

Rekening Digital

Permudah Hidupmu Dengan Rekening Digital – Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah, termasuk perihal menabung.

Kehadiran rekening digital ditengah masyarakat Indonesia tentunya menjadi suatu inovasi yang sangat bermanfaat.

Rekening digital adalah rekening atau tabungan yang memiliki fungsi yang sama seperti rekening konvensional yaitu untuk menyimpan uang yang disetor oleh nasabah.

Namun yang menjadikan pembeda antara rekening digital dan rekening konvensional adalah proses pembuatan dan juga proses transaksinya.

Dengan rekening tipe ini kamu tidak perlu lagi pergi ke Bank hanya untuk membuat rekening baru, mengecek saldo ataupun mengecek status transaksi.

Semuanya bisa kamu akses melalui smartphone yang kamu miliki.


Keunggulan rekening digital yang perlu kamu ketahui:

Bebas biaya administrasi

Berbeda dengan rekening konvensional yang membebani nasabahnya dengan potongan biaya administrasi tiap bulannya, rekening digital sama sekali tidak memungut biaya administrasi alias gratis.

Bukan hanya administrasi bulanannya saja, tapi seluruh biaya seperti pembukaan rekening dan penutupan rekening juga tanpa biaya.

Selain itu, jika beberapa rekening konvensional menetapkan minimal saldo pada rekening tabungan mereka, maka di rekening digital kamu juga terbebas dari aturan jumlah minimal saldo.


Bebas biaya transfer

Seperti yang kita ketahui bersama, melakukan transaksi pemindahan uang atau transfer antar bank dari rekening konvensional pastinya akan dikenakan biaya paling sedikit sekitar Rp. 6.500.

Namun di rekening kekinian ini melakukan transfer antar bank tidak dipungut biaya apapun, lho!

Jadi bisa lebih irit, kan?

Meskipun begitu, beberapa Bank memiliki peraturan tersendiri akan hal ini,

Misalnya maksimal 25 kali transaksi transfer antar bank tiap bulannya.

Jadi sebelum memutuskan untuk membuat rekening, sebaiknya kamu terlebih dahulu membaca secara lengkap fitur-fitur yang ada supaya kamu bisa memilih rekening digital yang pas dengan kebutuhan kamu.


Bunga yang lebih besar

Salah satu keunggulan yang cukup menggiurkan dari rekening digital adalah persentase bunga yang ditawarkan.

Jika pada rekening konvensional bunga yang ditawarkan adalah maksimal 3% di setiap tahunnya, maka di rekening ini kamu akan mendapatkan bunga 2% lebih besar setiap tahun yaitu 5%.

Suku bunga yang diberikan ini tentunya dapat memotivasi kamu untuk menabung lebih banyak lagi, karena semakin banyak nominal saldo yang kamu miliki maka semakin banyak nilai bunga yang akan kamu dapatkan.


Fleksibel

Yang dimaksud dengan fleksibel disini adalah kamu bisa bebas mengatur masa tenggang dari rekening digital kamu.

Maksudnya bagaimana sih?

Maksudnya adalah kamu bisa merencanakan sendiri rekening kamu akan dijadikan rekening jangka pendek, menengah ataupun jangka Panjang.

Jadi apabila rekening digital kamu telah memasuki jatuh tempo, kamu bisa menarik seluruh uang tabungan yang kamu miliki dan kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan seperti renovasi rumah, membeli kendaraan ataupun dana Pendidikan.


Efisiensi Waktu

Salah satu keunggulan utama dari rekening ini adalah lebih praktis. Kamu tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transaksi pembayaran seperti bayar listrik, telepon, asuransi, air dan lain sebagainya.

Cukup lakukan pembayaran melalui smartphone kamu dimana saja dan kapan saja.


Daftar Bank Digital di Indonesia

Ketika berbicara tentang Bank Digital, seringkali orang keliru dengan beranggapan bahwa Bank Digital sama dengan Neo Bank.

Jika ingin dijelaskan secara singkat dan sederhana, Bank Digital merupakan bentuk layanan baru dari Bank Konvensional yang merambah ke fitur atau ranah digital.

Sedangkan, Neo Bank merupakan sebuah layanan perbankan yang sepenuhnya dilakukan secara digital atau dengan kata lain tanpa adanya cabang.

Berikut ini adalah beberapa Bank Digital yang sudah ada di Indonesia:

Jenius

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan Bank yang satu ini.

Jenius merupakan Bank Digital dari BPTN. Kehadiran Jenius ditengah masyarakat cukup ramai dan hal ini tentunya dengan dukungan beragam upaya promosi yang dilakukan oleh pihak Jenius.

Untuk membuat akun di Jenius, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui iOs ataupun Playstore.

Blu

Blu merupakan layanan Bank Digital dari Bank BCA.

Hampir sama seperti Jenius, kamu juga bisa membuat akun melalui aplikasi Blu yang bisa kamu unduh di Smartphone kamu.

Selain itu, kamu juga bisa membuka aplikasi blu melalui menu Blu yang ada di aplikasi BliBli.

Dokumen diri yang diperlukan untuk membuka akun Blu adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • NPWP
  • Alamat Email
  • No HP

Dengan melengkapi semua dokumen yang diperlukan dan mengisi form permohonan yang ada di aplikasi, maka kamu bisa langsung mendapatkan rekening digital Blu.

 

TMRW

Selain Bank BCA dan Bank BTPN, Bank UOB juga memiliki Bank Digital yaitu TMRW.

Rekening digital TMRW cukup digandrungi karena aplikasinya dilengkapi dengan fitur chat yang memudahkan nasabah untuk mendapatkan bantuan atau layanan jarak jauh.

Masih sama seperti Bank Digital pada umumnya, kamu juga hanya perlu mengunduh aplikasi TMRW di iOs maupun Android apabila ingin membuka rekening digital TMRW.


Jadi tunggu apa lagi?

Milikilah rekening digital kamu sekarang, supaya hidupmu menjadi semakin mudah.

Selain menabung, ada satu lagi instrumen yang tidak bisa kamu lewatkan jika ingin  hidupmu semakin mudah di masa depan, yaitu investasi.

Teknologi yang sudah semakin canggih ternyata juga membuat kamu lebih mudah dalam berinvestasi.

Adapun beberapa investasi yang bisa kamu jadikan pertimbangan diantaranya investasi emas, reksa dana, dan saham.

KoinWorks adalah Super Financial App yang menyajikan beragam produk finansial, dan dua diantaranya adalah KoinGold dimana kamu bisa menabung emas, kemudian  KoinBond bagi kamu yang ingin investasi SBN.

Yuk, unduh aplikasi KoinWorks sekarang, dan cari tahu lebih banyak tentang produk-produk lainnya yang bisa mempermudah akses keuangan kamu.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.