7 Cara Menghemat Uang Untuk Ditabung dan Investasi – Menyisihkan uang untuk ditabung dan diinvestasikan menjadi hal yang sulit dilakukan, apabila Anda belum terbiasa melakukannya.

Mengubah beberapa kebiasaan kecil dan konsisten untuk menerapkannya menjadi hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah di atas.

Ada cara luar biasa yang mampu menghemat lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang 10 cara menghemat yang bisa diterapkan dengan mudah.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

7 Cara Menghemat Uang Untuk Ditabung dan Investasi

1Siapkan Toples Untuk Menyisihkan Uang Anda  

menabung - tips hemat ala perencana keuangan - Ingin Mewujudkan Kebebasan Finansial? Ini 4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak - cara membeli mobil

Cara tradisional yang sampai saat ini masih sangat efektif untuk Anda lakukan untuk menghemat dan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang

Siapkan toples untuk menyimpan uang Rp 10.000 setiap harinya, maka dalam 1 bulan uang tersebut akan berjumlah Rp 300.000 dan dalam 1 tahun akan menjadi Rp 3.650.000.

Uang yang Anda masukkan ke dalam toples bisa berasal dari uang kembalian belanja, recehan yang tidak digunakan, dan yang lainnya.


2Buat Tabungan Otomatis ke Rekening Anda

microsoft excel google spreadsheet

Bagi Anda yang sangat sulit menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung sangat tepat untuk menerapkan teknik ini.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk, Segera Hentikan

Saat Anda menerima pendapatan bulanan, maka segera masukkan minimal 10% penghasilan ke dalam rekening tabungan tersebut.

Anda juga bisa memiliki rekening yang terpisah untuk belanja sehari-hari dan menabung. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah mengambil uang yang ada di dalam rekening tabungan.


3Kreatif Membuat Kata Sandi

Cara Mengemat Uang Untuk Ditabung dan Investasi - password - pin rekening

Anda bisa membuat kata sandi kreatif yang bisa mengingatkan diri sendiri untuk menabung dan menyisihkan sebagian pendapatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Terbebas dari Utang yang Bikin Kondisi Finansial Anda Membaik

Misalnya saja membuat kata sandi “Maret2020” yang menjadi tanggal dimana Anda berencana untuk menikah.

Kata sandi tersebut bisa menjadi pengingat agar Anda tidak memboroskan uang dan lebih memprioritaskan untuk menabung dan berinvestasi.

Kami menyarankan untuk menggunakan kata sandi tersebut di berbagai situs belanja online yang membuat Anda tergoda membelanjakan uang disana.


4Miliki Teman Dengan Gaya Hidup yang Sama

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - networking - anak muda - berteman dengan kompetitor

Menjalankan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang perlu didukung oleh teman atau keluarga.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Pecandu Belanja, Apakah Anda Salah Satunya?

Sebaiknya Anda memiliki teman dengan gaya hidup yang sama dengan apa yang dijalankan saat ini.

Jangan terlalu sering menghabiskan waktu dengan teman yang memiliki gaya hidup boros dan berlebihan. Sebab, sangat besar kemungkinan Anda  terpengaruh dan akhirnya ikut memboroskan uang yang dimiliki.


5Ubah Kebiasaan Hidup yang Tidak Sehat

makan mie instan - tidak sehat

Kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, tanpa Anda sadari bisa memboroskan banyak uang setiap bulannya.

Baca Juga: Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan dengan Bijak

Padahal jika Anda mampu berhenti merokok, maka uang yang sebelumnya digunakan untuk membeli rokok bisa dialihkan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Mari kita ambil hitungan kasar, misalnya saja Anda menghabiskan 1 bungkus rokok seharga Rp 20.000 dalam 2 hari.

Artinya dalam 1 bulan ada 15 bungkus rokok yang dihabiskan dalam sebulan dengan total biaya Rp 300.000.

Padahal uang senilai Rp 300.000 tersebut bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi ke instrumen investasi yang mampu menumbuhkan uang di masa depan.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks: Investasi Online P2P Lending

KoinWorks menjadi salah satu instrumen investasi yang mampu menawarkan tingkat imbal hasil mulai dari 18% bunga efektif per tahun.

Anda hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp 100.000 agar bisa berinvestasi di platform peer to peer lending ini.

Melalui KoinWorks, Anda tidak hanya bisa mengembangkan nilai uang di masa depan, tetapi juga bisa ikut membantu para pelaku UKM mengembangkan bisnisnya melalui dana yang diinvestasikan.

Bahkan, keuntungan Anda akan semakin maksimal dengan adanya efek compounding, terutama karena frekuensi efek compounding di KoinWorks secara bulanan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi dengan menginvestasikan lagi keuntungan yang didapat.

Coba hitung sendiri seperti apa keuntungan Anda di masa depan dengan memanfaatkan efek compounding dengan kalkulator efek compounding berikut:

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Menarik sekali, bukan?


6Segera Ubah Pengeluaran yang Berbiaya Mahal

5 Kesalahan Milenial yang Membuat Sengsara Masa Tua

Kebiasaan nongkrong di kafe dan minum kopi bersama teman, tanpa disadari bisa menguras pengeluaran setiap bulan.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Minimalis Ini Bikin Anda Hemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan

Harga kopi di kafe bisa mencapai Rp 25.000 sampai Rp 50.000 hanya untuk 1 gelasnya saja. Apabila Anda datang seminggu sekali artinya pengeluaran untuk minum kopi dalam sebulan mencapai Rp 100.000 – Rp 200.000.

Ikut keanggotaan pusat kebugaran juga bisa menguras pengeluaran sekitar Rp 100.000 sampai Rp 500.000 setiap bulan tergantung jenis keanggotaan yang diikuti.

Alternatif olahraga yang berbiaya rendah bisa dengan jogging, push up, pull up, atau membeli sepasang dumbell untuk berolahraga di rumah.


7Anda Berhak Menghibur Diri

Mempelajari Hal Baru

Berhemat bukan artinya Anda menyiksa diri sendiri dan tidak menikmati berbagai hiburan untuk refreshing.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk pengeluaran hiburan seperti makan di restoran, nonton ke bioskop, belanja pakaian baru, atau menghadiri event tertentu.

Pengeluaran untuk hiburan seperti contoh di atas bermanfaat untuk menghadiahi diri Anda sendiri, saat mampu untuk berinvestasi dan menabung sejumlah pendapatan setiap bulannya.

Hal yang perlu dipahami disini adalah berhemat dan memprioritaskan menabung dan berinvestasi bukanlah tuntutan hidup yang memberatkan, tetapi gaya hidup yang Anda jalani dengan senang hati.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Pecandu Belanja, Apakah Anda Salah Satunya?

Jika Anda menjalaninya dengan senang hati, maka berhemat dan melakukan 7 langkah di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Mempersiapkan uang untuk masa depan terbukti lebih bermanfaat, dibandingkan Anda menghabiskan seluruh penghasilan yang dimiliki hanya untuk pengeluaran yang tidak perlu. Semoga penjelasan ini bisa menginspirasi Anda semua.

Selamat mencoba!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.