Biar Hemat, Yuk Intip Cara Atur Uang Ala Orang Jepang! – Banyak yang beranggapan bahwa tinggal di negara maju pasti membuat masyarakatnya memiliki sifat konsumtif yang tinggi. Namun nyatanya tidak demikian dengan masyarakat Jepang.

Sikap kerja keras dan disiplin tinggi yang terkenal dari masyarakat Jepang adalah salah satu dasar mengapa mereka bisa mengatur segalanya dengan baik, termasuk soal keuangan.

Baca juga: 5 Pola Pikir Tentang Uang yang Harus Dimiliki Semua Orang, Sudah Memilikinya?

Selain itu, prinsip less is moreย yang dianut oleh masyarakat Jepang juga benar-benar diterapkan di dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan masyarakat di negara maju lainnya, orang Jepang justru bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan.

Nah, Anda penasaran nggak sih trik-trik apa saja yang dipakai orang Jepang dalam mengatur keungan di kehidupannya sehari-hari? Kita Intip dulu yuk!


Biar Hemat, Yuk Intip Cara Atur Uang Ala Orang Jepang!

1Melakukan Teknik “Kekeibo”

hemat-cara-atur-uang-teknik

Kekeibo adalah sebutan bagi seni mengatur keuangan di Jepang. Teknik yang sudah populer sejak tahun 1900-an ini mewajibkan Anda untuk mencatat setiap detil pengeluaran.

Pencatatan ini akan dianalisa setiap akhir bulan. Karena teknik Kekeibo ini, orang Jepang dapat menghemat pengeluarannya secara signifikan.

Jadi Anda jangan kaget jika melihat gaya hidup mereka yang minimalis walaupun tinggal di negara yang sangat maju.


2Bagi Keuangan ke 4 Kategori

hemat-atur-uang-kategori-irit-enak

Membahas Kekeibo lebih jauh, Anda bisa membagikan keuangan Anda ke dalam 4 kategori. Pertama, pengeluaran sehari-hari seperti makan atau biaya transportasi.

Kedua, pengeluaran sekunder seperti membeli pakaian dan hangout. Kemudian yang ketiga ada pengeluaran kultur, seperti membeli buku atau menonton bioskop.

Baca juga: Anda pun Boleh Boros, Asalkanโ€ฆ

Lalu yang terakhir adalah pengeluaran ekstra seperti servis kendaraan atau membeli hadiah.

Pada akhir bulan, Anda bisa cek pos-pos mana saja yang bisa dibuat lebih hemat. Dari sini, Anda akan mengetahui hal apa saja yang di bulan selanjutnya bisa Anda kurangi agar nantinya tetap bisa lebih hemat.


3Berpikir Matang Sebelum Belanja

hemat-irit-atur-uang-budget

 

Teknik Kekeibo bisa Anda aplikasikan dengan sempurna jika Anda sudah memiliki pemikiran yang matang terhadap keputusan Anda saat akan berbelanja.

Memang, godaan belanja akan selalu ada apalagi jika melihat diskon. Tapi ingat, menahan nafsu untuk melakukan pengeluaran adalah landasan awal dari Kekeibo.


4Wajib Menabung dan Investasi

nabung-hemat-uang-irit-atur-budget

Hal penting lain yang harus Anda jalani adalah untuk menerapkan teknik Kekeibo adalah dengan menabung atau berinvestasi.

Jangan pikirkan nominal tabungan Anda tapi pikirkanlah konsistensi Anda menabung. Percuma jika di awal Anda menabung dengan jumlah yang besar tapi di bulan-bulan berikutnya Anda bermalas-malasan bahkan hingga tidak menabung sama sekali.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Begitu pula dengan investasi, ini bisa menjadi alternatif untuk menambahkan pundi-pundi keuangan Anda. Bisa melalui saham, reksadana, emas, atau mendanai lewat platform online P2P Lending seperti KoinWorks.

Lalu apa keuntungannya untuk Anda jika mendanai di KoinWorks? Tenang saja, hanya dengan Rp 100.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan imbal hasil mulai dari 18% per tahunnya!

Coba bayangkan jika teknik Kekeibo ini berhasil Anda terapkan, kemudian tabungan serta pendanaan Anda di KoinWorks terus berjalan dengan konsisten. Anda bukan hanya berhasil menghemat pengeluaran Anda, tapi menambahkan pemasukan Anda!

Jadi bagaimana? Sudah siap untuk coba teknik Kekeibo ini?


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.