Generasi Sandwich: 3 Cara Mengelola Tabungan sembari Mendukung Anak & Orang Tua

anak - keluarga - menabung - menghemat pengeluaran dalam keluarga - 5 Tips Keuangan untuk Keluarga yang Memiliki Satu Sumber Penghasilan - Orangtua Perlu Melakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Mengajari Anak Investasi - Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

Generasi Sandwich: 3 Cara Mengelola Tabungan sembari Mendukung Anak & Orang Tua – Menyeimbangkan antara kewajiban untuk keluarga, karier dan keuangan adalah tanggung jawab yang dimiliki para Generasi Sandwich .

Para generasi sandwich terjepit di antara tuntutan yang cukup besar. Merawat orang tua yang berusia lanjut, terutama mereka yang memiliki masalah kesehatan.

Ketika orang tua sedang sakit Anda memang harus bertanggung jawab untuk mengelola jadwal, obat-obatan dan seluruh biaya yang terkait dengan semuanya.

Baca Juga: Sebelum Memutuskan Membeli Rumah, Baca Dulu 5 Artikel ini!

Demikian pula, bagi mereka yang memiliki anak, karena anak Anda memiliki serangkaian kebutuhan, tuntutan dan pengeluaran mereka sendiri. Seperti biaya sekolah, dukungan gaya hidup dan biaya lainnya.

Kondisi seperti ini memang tegolong cukup berat, karena akan banyak sekali hal yang Anda urus dan terpikirkan.

Apalagi, Anda juga masih harus menabung untuk masa pensiun kelak. Nah, untuk itu berikut ini adalah 3 cara mengelola tabungan sembari mendukung anak & orang tua.


Generasi Sandwich: 3 Cara Mengelola Tabungan sembari Mendukung Anak & Orang Tua

Mengelola Hidup Anda

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai mendanai - investasi - biaya hidup pasangan muda- Generasi Sandwich

Mungkin Anda telah mengatur hidup Anda menuju tujuan-tujuan tertentu, seperti pensiun, yang sekarang mungkin terasa di luar jangkauan karena menyadari beban tanggung jawab yang cukup besar.

Mungkin sudah waktunya untuk meninjau kembali tujuan Anda di masa sekarang dan di masa depan.

Baca Juga: 6 Faktor yang Bisa Membuat Anda Miskin Selamanya

Alih-alih sekadar memiliki tujuan “pensiun,” pikirkan apa arti kata itu bagi Anda dan mulai membuat target setelah pensiun apa yang akan dilakukan.

Dengan memiliki target, akan memudahkan Anda untuk menyusun strategi dalam menyesuaikan tanggung jawab saat ini dan cita-cita di masa depan.


Mengelola Keuangan Anda

investasi uang hitung rencana - Generasi Sandwich

Jika Anda termasuk dalam generasi sandwich ini, maka Anda harus tahu langkah apa yang dapat diambil untuk mengelola keuangan.

Pertama, pastikan Anda memiliki rekening yang memang dikhususkan untuk tabungan pensiun.

Periksalah beban utang Anda seperti utang kartu kredit, dan dengan tujuan mulailah lunasi satu persatu untuk mengurangi beban saat Anda pensiun.

Jika Anda berusia pertengahan hingga akhir 50-an, sekaranglah saatnya untuk mengeksplorasi asuransi kesehatan untuk jangka panjang.

Baca Juga: Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya…

Mulailah menganalisis pengeluaran Anda, seimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Mulai perhitungkan berapa dana yang dibutuhkan untuk orang tua dan kebutuhan rumahtangga serta anak Anda.

Cobalah mulai menginvestasikan uang Anda dari sekarang, karena hasil keuntungannya akan sangat terlihat di masa depan.

Dengan berinvestasi di KoinWorks hasil bunga yang akan didapatkan sebesar 21,32% pertahun.

Untuk maslah keamanan KoinWorks sudah diawasi dan terdaftar oleh OJK, jadi tak perlu diragukan lagi. Investasipun dapat dimulai hanya dari RP100.000 saja. Menarik bukan?


Miliki Rencana yang Fleksibel

Generasi Sandwich- financial planning - mewujudkan rencana keuangan - mempersiapkan rencana keuangan

Yang sering dialami oleh para generasi sandwich adalah rencana keuangan yang telah diperhitungkan gagal.

Bahkan rencana terbaik sekalipun dapat gagal karena tidak fleksibel dan tidak mempersiapkan ketika kehidupan bertambah dan berubah.

Baca Juga: Pertimbangkan 6 Hal Berikut Sebelum Memutuskan Membeli Rumah

Mulailah menyusun rencana keuangan dan juga mempersiapkan dana darurat sebesar 3 hingga 6 kali dari total pemasukan Anda perbulan.

Semoga informasi diatas membantu Anda para generasi sandwich untuk dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Devayanti Pardi
Content Creator at KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih