Home Daily Bantu Pasangan Kamu Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

Bantu Pasangan Kamu Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

ā€¢

Bantu Pasangan Kamu Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk! Jika kamu masih memiliki tanggapan bahwa keuangan rumah tangga hanya menjadi tanggung jawab dari satu pihak, istri atau suami, sebaiknya kamu harus merubah pemikiran tersebut mulai dari sekarang.

Karena, idealnya mengelola keuangan rumah tangga adalah tanggung jawab pasangan bersama. Hal itu agar pengelolaan biaya rumah tangga terasa lebih ringan.

Sebagai seorang istri atau suami, kamu pun bisa membantu pasanganmu untuk menyiapkan dana pensiun kalian di hari tua. Supaya kalian bisa memiliki aset yang akan menjamin kehidupan di masa tua.

Yuk, simak 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu pasangan menyiapkan dana pensiun.


Bantu Pasangan Kamu Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

1
Membuat Anggaran dan Kelola Uang dengan Benar

rencana anggaran- psbb jakarta

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat anggaran keuangan yang baik dan benar.

Mulailah uuntuk membuat catatan keuangan ringan. Karena, keuangan keluarga yang sehat adalah mereka yang memiliki catatan keuangan harian.

Jika kamu masih merasa bahwa tidak bisa menabung atau berinvestasi setiap bulannya karena pengahasilan selalu pas-pasan, hal tersebut mungkin saja didasari oleh kesalahan dalam menentukan prioritas.

Maka dari itu, mulailah untuk memperioritaskan tabungan dan investasi. Bukan menabung atau berinvestasi hanya ketika uang kamu dan pasangan masih tersisa.


2
Merencanakan Keuangan Hari Tua

Ikuti Program Pensiun Pegawai-Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan - resolusi tahun baru-Bantu Pasangan Kamu untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

Untuk bisa menjadi perancang keuangan, kamu bisa mulai dengan menjawab pertanyaan seperti, berapa uang yang dibutuhkan ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk pensiun.

Baca juga: Kiat-kiat mempersiapkan Dana Pensiun Untuk MillenialĀ 

Atau pertanyaan seperti berapa nominal yang harus diinvestasikan setiap bulannya. Berapa hasil investasi yang diperlukan agar dapat memenuhi ekspetasi anggaran di hari tua.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu kamu dan pasangan membuat suatu rancangan keuangan, khususnya dana di hari tua.

Kamu pun bisa memperkirakan anggaran yang akan kamu dan pasangan butuhkan ketika memasuki masa pensiun dengan meggunakan kalkulator di bawah ini

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:


3
Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan

peer to peer lending-Ikuti Program Pensiun Pegawai-Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan - resolusi tahun baru-Bantu Pasangan Kamu untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

Apakah kamu dan pasangan pernah atau sering membahas seputar investasi? Jika belum, cobalah untuk memulai berdiskusi tenatng investasi dengan pasangan. Karena, baik istri atau suami harus memahami tentang investasi.

Jangan sampai kamu dan pasangan menjadi ribut hanya karena salah komunikasi tentang investasi.

Misalnya, pasangan lebih memahami dan tipe yang berani mengambil risiko besar. Sedangkan, kamu belum memahami tentang investasi dan cenderung takut ketikaĀ  mengambil suatu keputusan. Ketika suatu saat kalian mengalami kerugian yang besar, kamu akan cenderung menyalahkan pasangan.

Jika kamu dan pasangan tidak ingin mengalami hal tersebut, mulailah untuk coba berinvestasi di instrumen yang mudah dengan dana awal yang ringan, seperti peer-to-peer lending di KoinP2P dari KoinWorks.

KoinP2P tentunya sudah Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK). Di KoinP2P, kamu dan pasangan bisa mulai mendanai hanya dengan Rp100.000 (berlaku kelipatan) dan mendapatkan bungan muali dari 18% per tahun.

Perlu diingat, ketika berinvestasi risiko akan tetap selalu ada. Namun di KoinP2P, kamu tidak perlu khawatir.

Karena KoinWorks menyediakan dana proteksi bagi para penggunanya. Hal tersebut tentunya untuk meminimalisir aset kamu dan pasangan dari kerugian yang besar.


4
Menghasilkan Pemasukkan Tambahan

mengatur keuangan - hemat-cara-atur-uang-teknik-peer to peer lending-Ikuti Program Pensiun Pegawai-Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan - resolusi tahun baru-Bantu Pasangan Kamu untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

Jika setelah melakukan perhitungan rumah tangga, kamu dan pasangan masih merasa kurang untuk bisa mencapai ekspetasi dana pensiun, kamu bisa berinisiatif untuk menghasilkan pemasukkan tambahan.

Hal tersebut pun bisa dari berbagai cara, seperti membuka bisnis online yang sesuai dengan hobi atau keahlian kalian.

Namun, jika kamu dan pasangan lagi-lagi terhalang oleh modal awal, jangan khawatir. Kamu bisa mengandalkan KoinBisnis dari KoinWorks untuk bisa menghasilkan pemasukkan tambahan.

Di KoinBisnis kamu bisa mendapatkan pinjaman modal bisnis mulai dari 5 juta sampai 2 miliar rupiah dengan cepat dan mudah.

Bunga pinjaman KoinBisnis juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari 0.75% per bulannya. Tentunya tanpa biaya tersembunyi.

Kamu dan pasangan pun tidak perlu khawatir lagi dengan masalah persiapan dana di hari tua.


5
Pastikan Rencana Keuangan Berjalan dengan Baik

4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda- menabung-gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang Agar Kamu Bisa Pensiun Dini-hemat-cara-atur-uang-teknik-peer to peer lending-Ikuti Program Pensiun Pegawai-Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan - resolusi tahun baru-Bantu Pasangan Kamu untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Yuk!

Cara yang terakhir ini adalah dengan memastikan bahwa rencana dana hari tua kamu dan pasangan berjalan lancar.

Pastikan investasi yang kalian lakukan sudah sesuai dengan rencana keuangan. Jangan panik ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga dan buatlah plan B agar bisa mengatasi setiap masalah yang kalian hadapi.


Pasangan yang kompak, memiliki peluang lebih besar untuk hidup sejahtera.

Tidak bisa dipungkiri, keuangan bisa menjadi salah satu sumber keributan antar pasangan. Baik keuangan jangka pendek atau jangka panjang.

Jangan sampai kamu dan pasangan merasa cemas ketika akan memasuki hari tua. Oleh karena itu, kamu memiliki peran penting dalam mendukung dan membantu pasanganmu menyiapkan masa depan keuangan keluarga. Seperti, membuat anggaran, investasi dan lainnya.

Pasangan yang kompak akan menghasilkan dampak yang postif terhadap kondisi keuangan keluarga. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Selamat mencoba dan menjalankannya bersama pasangan ya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.