Cara Bisnis Auto Cuan di 2023 Ala Fellexandro Ruby

cara bisnis auto cuan

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Bagi pebisnis, meningkatkan cuan biasanya menjadi salah satu resolusi yang enggak boleh ketinggalan untuk diwujudkan. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, mari wujudkan resolusi kamu melalui cara bisnis auto cuan di 2023 ala Fellexandro Ruby pada artikel ini.

Fellexandro Ruby merupakan seorang content creator, penulis, sekaligus entrepreneur yang telah belasan tahun berkecimpung di dunia bisnis.

Dalam acara peluncuran KoinLearn dari KoinWorks September lalu, Fellexandro Ruby didapuk menjadi pengisi acara dan membagikan tips cuan bagi pelaku UMKM. 

Setidaknya, terdapat lima tips cuan yang Ruby bagikan. Tentunya, tips tersebut masih sangat relevan untuk kamu terapkan pada tahun 2023.

Penasaran enggak sih bagaimana cara bisnis auto cuan di 2023 ala Fellexandro Ruby?

Simak artikel ini sampai akhir, ya!


Cara Bisnis Auto Cuan di 2023 Ala Fellexandro Ruby

Bagaimana cara membuat produk atau jasa menarik di mata konsumen? Serta bagaimana cara menjalankan marketing dengan modal terbatas?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan dua dari sekian banyak pertanyaan yang seringkali muncul dalam benak pelaku UMKM khususnya yang baru menjajal dunia bisnis.

Untuk itu, supaya bisnis kamu tetap berjalan dalam jangka waktu yang panjang simak 5 cara bisnis auto di 2023 ala Fellexandro Ruby, yuk!


1. Konsisten Meluangkan Waktu

Untuk membuat produk atau jasa menjadi dikenal oleh calon konsumen maka kamu perlu melakukan marketing atau pemasaran. 

Sebelum jauh-jauh memikirkan bagaimana cara bisnis auto cuan di 2023 hal penting yang harus kamu lakukan adalah konsisten meluangkan waktu untuk mengelola media sosial bisnis yang kamu jalankan. Misalnya meluangkan waktu satu jam dalam satu hari.

Pernah dengar ungkapan ‘hasil tidak akan menghianati usaha’?

Ungkapan tersebut bisa kamu gunakan untuk memotivasi diri supaya terus konsisten meluangkan waktu untuk membuat konten maupun memposting materi ke media sosial bisnis kamu.  

Tak hanya sekedar berbagi tips, cara ini sudah Ruby praktikan sendiri pada usaha alat berat yang ia jalankan dengan memenangkan kata kunci ‘crane ex Jepang’ pada halaman pertama Google. 

Menariknya, konten tersebut masih eksis bertengger pada halaman pertama meskipun ia sudah tidak menjalankan bisnis tersebut, lho.


2. Kenali Target Pasar

Target pasar adalah kelompok orang dengan karakteristik tertentu dan berpeluang menjadi pelanggan potensial bisnis kamu. Pengelompokannya pun beragam, mulai dari kesamaan karakteristik, kebiasaan, demografi, rentang usia, dan lain sebagainya. 

Target pasar menjadi poin penting dalam menentukan strategi pemasaran penjualan untuk mengetahui minat konsumen terhadap produk yang kamu jual. 

Penentuan target pasar dapat kamu lakukan sebelum memproduksi produk baru atau sekedar untuk mengevaluasi produk apakah sudah sesuai dengan selera konsumen atau tidak. 

Dengan begitu, kamu bisa memadukan ide produk yang akan diproduksi dengan keinginan yang selera target pasar bisnis kamu. 

Sebagai contoh, pada kesempatan yang sama Ruby juga membagikan pengalamannya dalam mengenali target pasar saat memasarkan buku karyanya, You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness (2020).

Pada saat itu, ia mencoba memetakan di mana dan siapa target pasarnya. Singkatnya, karena buku tersebut membahas tentang quarter life of crisis maka ia rasa target pasar yang tepat adalah orang-orang berusia 20-an yang membutuhkan jawaban atas kegalauan hidup mereka. 

Mengetahui target pasarnya merupakan mereka-mereka yang aktif di media sosial, ia mulai memasarkan bukunya pada platform tersebut. Tak hanya itu, ia pun terjun langsung untuk mengisi materi di lebih dari 60 event kampus secara online dan mempromosikan bukunya pada acara tersebut. 

Dengan mengenali sekaligus menyasar langsung target pasar, Ruby berhasil membawa bukunya masuk dalam salah satu buku mega best seller, lho.


3. Membangun Komunikasi dengan Konsumen

Untuk membuat bisnis cuan, kamu juga perlu membangun komunikasi dengan konsumen untuk membangun rasa percaya konsumen terhadap bisnis kamu. 

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga untuk tetap eksis dalam jangka panjang. Sebab, kepercayaan konsumen akan membentuk perilaku ketergantungan konsumen terhadap produk atau jasa yang bisnis kamu tawarkan. 

Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga akan menuntun kamu lebih peka terhadap kebutuhan konsumen, menguatkan loyalitas konsumen, dan pastinya meningkatkan omzet penjualan.


4. Manfaatkan Media Sosial 

Saat ini, handphone sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat dipisahkan dengan kita. 

Bahkan, saat bangun tidur pun barang yang paling sering orang cari adalah handphone, entah itu untuk mengecek jam, info-info terbaru, atau bahkan percakapan terbaru di media sosial. 

Berdasarkan data dari We Are Social pada tahun 2022, dari 277,7 juta penduduk Indonesia tercatat sebanyak 191,4 juta atau lebih dari 50 persen di antaranya merupakan pengguna aktif media sosial di Indonesia. 

Melihat hal tersebut, sayang sekali apabila hal tersebut tidak kamu manfaatkan untuk mengiklankan produk supaya lebih menghemat biaya sekaligus memperluas target pasar.

 Sebagai contoh, kamu bisa membuat konten promosi yang dikemas melalui cerita yang menarik seperti yang dilakukan Fellexandro Ruby. 

Sebagai seorang content creator, tak jarang Ruby mendapatkan tawaran dari brand untuk memasarkan produk mereka. Dalam hal ini, ia memilih menggunakan pendekatan soft selling dengan membangun sebuah cerita di awal, kemudian mengaitkannya dengan pengalaman pribadi, sebelum akhirnya menawarkan produk. 

Kamu juga bisa praktikan cara ini untuk menghasilkan cuan, lho.


5. Membuat Konten yang Menarik

Untuk menghasilkan cuan dalam bisnis kamu juga perlu membuat konten yang menarik. 

Untuk membuatnya menarik, kamu tak perlu riset yang mendalam sampai orang terkesima. Cukup buatlah konten yang ringan dan mengadaptasi trend yang sedang populer untuk konten kamu. Selain itu, buat target pasar kamu merasa terwakili dengan konten yang kamu buat. 

Misalnya, kamu menjual produk skincare untuk kulit berjerawat maka cobalah untuk membungkus promosi dengan cerita seorang acne fighter atau pejuang jerawat. Buatlah mereka relate dengan cerita tersebut sehingga mereka dengan senang hati menikmati konten yang kamu produksi dan tentunya membeli produk tersebut. 

Selain lima cara di atas, masih banyak beragam tips yang bisa kamu pelajari untuk mendapatkan cuan di 2023 dengan menonton video pembelajaran KoinLearn dari KoinWorks, lho. 

Tonton semua videonya dan tingkatkan skiil bisnis kamu dengan KoinLearn!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.