5 Buku Tentang Bisnis Yang Harus Dibaca Para Pengusaha – Setiap pengusaha, tentunya ingin membangun bisnis yang bisa menguntungkan baik masa sekarang maupun di masa depan nantinya.

Sayangnya, tidak semua pengusaha mempersiapkan diri dengan baik atau memperluas wawasan dan ilmunya tentang bisnis sehingga apa yang sudah ia mulai bahkan dengan menggunakan pinjaman pribadi akhirnya berujung pada kegagalan.

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula yang Terbukti Menguntungkan

Maka, belajar dan belajar secara terus menerus adalah hal yang sangat penting agar Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang sensitif dengan perubahan dan gerak pasar.

Anda bisa memulai dengan membaca beberapa buku tentang bisnis. Membaca artinya membuka jendela ilmu pengetahuan.

Ada banyak buku tentang bisnis yang bisa dibaca. Namun, berikut ini 5 buku yang wajib dibaca oleh para pengusaha agar menjadi pebisnis yang sukses baik di masa sekarang maupun nantinya bahkan sampai ke anak-cucu.

Tentunya, semua pengusaha menginginkan bisnis yang seperti mata air yang terus mengalir. Berikut 5 buku yang perlu Anda baca:

5 Buku Tentang Bisnis Yang Harus Dibaca Para Pengusaha

1. The 4-Hour Workweek ditulis oleh Timothy Ferriss

Buku berjudul “The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, live anywhere and join the new rich” merupakan buku wajib yang harus dibaca jika Anda ingin membangun bisnis atau perusahaan startup yang menjanjikan.

Baca Juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Setiap Wanita

Buku ini laris manis di pasar Amerika Serikat. Buku yang ditulis oleh Timothy Ferriss ini juga bercerita tentang awal penghasilannya yang hanya USD 40.000 dalam satu tahun dengan waktu kerja 80 jam tiap minggu. Kemudian, penghasilan tersebut dapat ia peroleh dalam waktu 1 bulan dengan hanya bekerja 4 jam saja.

Menurut buku ini, dengan berbagai prinsip yang diambil dari seorang ekonom Italia, akan dapat merubah siapapun yang membacanya akan meninggalkan pekerjaannya bahkan hanya dalam waktu 48 jam saja. Walau buku ini tentang startup, bukan berarti tidak bisa diaplikasikan ke bisnis lain.


2. Zero to One ditulis oleh Peter Thiel

Masih tentang bisnis startup yang isinya juga bisa diaplikasikan pada bisnis lain, buku ini dibuat oleh co-founder PayPal, sebuah perusahaan penyedia jasa transfer uang secara elektronik yang sangat terkenal.

Baca Juga: 10 Buku untuk Pebisnis Online yang Perlu Anda Baca

Buku ini bercerita tentang filosofi bisnis. Pembaca akan diajarkan cara menghasilkan ide-ide bisnis baru yang bahkan dirinya belum pernah menduga sebelumnya.

Buku ini juga mendapat pujian dari Mark Zuckerberg, CEO Facebook. New York Times juga mencatat buku ini sebagai salah satu yang terlaris kategori bisnis serta kewirausahaan.


3. Magic of Thinking Big ditulis oleh David Schwartz

Buku ini sangat bagus untuk dibaca para pengusaha khususnya para pemula atau pebisnis yang ingin lebih sukses lagi. Buku ini bercerita tentang ilmu dasar tentang impian yang besar. Pastinya, setiap pengusaha berangkat dari impian yang besar.

Kemudian, ada berbagai hal yang dibahas termasuk cara untuk tetap kuat dalam menghadapi berbagai masalah serta tantangan dalam dunia bisnis. Tentu, bisnis tidak selamanya akan dalam keadaan menguntungkan.


4. The Monk and the Riddle ditulis oleh Randy Komisar

Buku ini membahas tentang bagaimana pentingnya memulai bisnis serta menyeimbangkan bisnis dengan kehidupan Anda.

Penting memang agar waktu untuk bisnis  dan waktu untuk Anda sendiri berjalan secara beriringan sehingga Anda akan menjadi seorang pengusaha yang bisa menikmati hidup.

Ada juga pembahasan tentang tantangan dalam dunia bisnis serta bagaimana cara mengatasinya. Anda akan merasa bahwa menjadi pengusaha memang harus bisa membagi waktu antara bisnis dan hidup Anda sendiri terutama keluarga.


5. Purple Cow ditulis oleh Seth Godin

Dalam buku ini, penulis membeberkan ilmu pengetahuan yang penting bagi pengusaha yakni tentang bagaimana caranya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas serta memiliki nilai jual tinggi.

Sehingga, produk yang akan Anda buat bisa lebih unggul dari produl lain. Selain itu, ada juga cara agar produk yang Anda buat terlihat lebih menarik dan unik di mata para konsumen. Tentu, buku ini juga akan membuka wawasan Anda tentang dunia bisnis.

Jadi bukan hanya persoalan modal yang harus Anda persiapkan sehingga Anda mungkin memiliki rencana untuk dapatkan pinjaman pribadi atau dengan menggunakan uang tabungan untuk memulai bisnis melainkan juga ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas tentang bisnis yang akan Anda jalani.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.