Home » Blog » Bisnis & UKM » Pengalaman Apa Saja Yang Dibutuhkan Seorang Pebisnis? Dan Apa Saja Yang Harus Ada Dalam Diri Pebisnis

Pengalaman Apa Saja Yang Dibutuhkan Seorang Pebisnis? Dan Apa Saja Yang Harus Ada Dalam Diri Pebisnis

·
4 menit
Pengalaman Yang dibutuhkan Seorang Pebisnis

Banyaknya peluang bisnis yang muncul, mungkin akan membuat kamu berpikir ingin memulai sebuah usaha.

Terlebih membangun bisnis yang berkaitan dengan passion yang kamu miliki. Namun, tahukah kamu membangun sebuah bisnis tidak semudah yang dibayangkan.

Semua diperlukan perencanaan yang matang. Sehingga nantinya bisnis yang dijalankan mampu berkembang.

Adanya perencanaan yang solid diharapkan dapat membawa bisnis menjadi lebih maju. Namun, tidak cukup hanya dengan perencanaan.

Pengalaman Yang dibutuhkan Seorang Pebisnis

Membangun sebuah bisnis juga diperlukan pengalaman. Perjalanan bisnis tidak selamanya akan selalu lancar tanpa adanya hambatan.

Jika, perusahaan mengalami hambatan seorang pemimpin harus berani dalam mengambil keputusan demi kelangsungan perusahaan.

Untuk itu, pengalaman sangat penting untuk seorang pebisnis. Lantas, pengalaman apa saja yang dibutuhkan seorang pebisnis? dan apa saja yang harus ada dalam diri pebisnis.

1. Pengalaman Marketing

Pengalaman pertama yang dibutuhkan seorang pebisnis adalah marketing atau pemasaran. Dalam dunia bisnis marketing menjadi kunci utama kesuksesan sebuah usaha.

Marketing sendiri merupakan proses mengenalkan produk atau jasa yang anda produksi kepada masyarakat luas. Dengan begitu, produk anda akan semakin dikenal.

Proses marketing membutuhkan strategi pemasaran yang pas. Perkembangan dunia bisnis yang semakin maju setiap tahunya membuat anda harus mengambil bagian.

Misalnya turut ikut melakukan marketing secara online. Seperti memperkenalkan produk lewat internet, social media, online advertising, maupun website.

Tetapi, sebelum anda menjalankan proses marketing, anda terlebih dulu harus melakukan riset pasar. Jika, marketing dianggap sukses, maka permintaan pasar akan semakin meningkat.

2. Pengalaman Manajemen

Tanpa adanya manajemen mustahil rasanya sebuah perusahaan bisa mewujudkan tujuannya.

Mengelola manajemen perusahaan yang berkualitas harus ada dalam diri seorang pebisnis. Karena, perusahaan akan membutuhkan metode untuk mengatur jalannya operasional perusahaan.

Manajemen sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah perusahaan yaitu :

  • Perencanaan 

Hal ini berkaitan dengan membuat perencanaan kerja untuk periode bisnis tertentu. Rencana yang dibuat harus sesuai dengan prosedur dan deadline yang jelas. Sehingga, tidak membingungkan anda dan karyawan anda sendiri.

  • Pengorganisasian

Fungsi manajemen selanjutnya yakni menyusun kegiatan berdasarkan perencanaan. Proses pengorganisasian akan berjalan lancar jika perencanaan yang dibuat memiliki deskripsi yang jelas. Dengan begitu, perusahaan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Pengendalian

Pengendalian dalam perusahaan dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar progress yang telah terencana. Sehingga, bila terjadi sebuah hambatan bisa menemukan solusi terbaik untuk memperbaikinya. Sering kali karena pengendalian yang kurang maksimal banyak perusahaan yang tidak bisa menjaga kelangsungan perusahaannya.

  • Pengarahan

Disini seorang pemimpin harus mengarahkan karyawan untuk bekerja sesuai dengan rencana/program. Selain itu, memastikan karyawan mempunyai kinerja yang baik untuk perusahaan.

3. Pengalaman Mengatur Keuangan

pengalaman apa saja yang dibutuhkan seorang pebisnis ? yaitu tidak terlepas dari cara mengatur keuangan perusahaan.

Baik perusahaan kecil maupun besar mengatur keuangan perlu diatur semaksimal mungkin. Meskipun mengelola keuangan usaha agar bisnis  semakin berkembang bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankanya.

Banyak sekali usaha yang berhenti ditengah jalan karena tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Untuk itu, sebaiknya kamu mencatat dengan rapi perputaran kas masuk atau keluar dalam perusahaan.

Setiap pebisnis pasti menginginkan usahanya mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, hal ini tidak akan terwujud bila perusahaan tidak mempunyai pengelolaan keuangan yang baik.

4. Pengalaman Menjadi Seorang Pemimpin

Mungkin akan terbesit dalam diri kamu bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Bagi seorang pebisnis jiwa kepemimpinan harus ada dalam diri pebisnis tersebut.

Karena,kamu akan menjadi seorang pemimpin untuk karyawan perusahaan. Alasan kenapa pebisnis harus memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin adalah agar segala aspek bisnis berjalan dengan efektif.

Seperti mampu memberikan arahan, strategi dan solusi untuk perusahaan. Selain itu, seorang pemimpin juga perlu memberikan contoh yang baik untuk bawahaanya. Sehingga, karyawan akan senantiasa menghormati kamu sebagai pemimpin.

5. Pengalaman Mengambil Keputusan

Mengambil suatu keputusan memang sulit untuk dilakukan. Jika kamu salah mengambil keputusan bisa saja malah merugikan.

Tetapi, sebuah perusahaan harus berani mengambil keputusan demi kelangsungan perusahaan.

Faktor internal maupun eksternal harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Sehingga, keputusan yang dibuat tidak merugikan salah satu sisi.

Perlu diingat bahwa mengambil keputusan berdasarkan pengalaman mempunyai manfaat yang baik.

Karena pengalaman kamu dalam membuat keputusan bisa lebih mudah memperkirakan keadaan. Apa untung rugi dan baik buruknya yang akan didapatkan.

6. Pengalaman Komunikasi

Komunikasi memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Pada dasarnya proses komunikasi dalam perusahaan berhubungan dengan relasi atau lingkungan terikat.

Komunikasi perusahaan diharapkan mampu membangun suatu hubungan yang baik dalam perusahaan maupun diluar perusahaan. Layaknya adanya hubungan baik antara atasan dan bawahan.

Untuk hubungan eksternal artinya perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan lain, masyarakat/klien, konsumen, vendor, reseller maupun distributor.

Karena, setiap perusahaan pasti membutuhkanya untuk kelangsungan perusahaan itu sendiri.

Semakin bagus komunikasi bisnis yang dijalankan maka akan semakin baik citra perusahaan. Maka dari itu, menjalankan komunikasi perusahaan diperlukan pengalaman.

Hal yang perlu ada dalam diri pebisnis

Pengalaman apa saja yang dibutuhkan seorang pebisnis? tentu saja pengalaman tersebut sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Selain itu, hal berikut juga harus ada dalam diri pebisnis, diantaranya :

  • Tidak takut gagal dan berani untuk mencoba

Seorang pebisnis harus berani dalam mengambil keputusan dan jangan pernah takut gagal. Pada dasarnya setiap usaha pasti ada masa turun naik dan itu wajar dalam sebuah bisnis.

  • Terus mengembangkan inovasi

Setiap bisnis apapun pasti memiliki competitor. Untuk itu, kamu perlu terus berinovasi serta berpikir kreatif.

Kamu akan dituntut mengikuti perkembangan yang ada. Hal ini dilakukan agar perusahaan kamu tidak tertinggal.

  • Pintar melihat peluang

Hal yang perlu ada dalam diri perusahaan selanjutnya adalah pintar melihat peluang. Disinilah pentingnya letak riset pasar.

Salah satunya untuk melihat peluang di pasaran. Jika kamu bisa melihat peluang yang bagus, maka keuntungan akan senantiasa datang untuk bisnis kamu.

  • Sistem yang efisien 

Menjalankan sebuah bisnis, pasti nantinya anda akan mempekerjakan orang lain. Dimana, kamu harus menerapkan sejumlah aturan di dalamnya. System yang efektif dan efisien akan mudah dipahami dan dijalankan orang lain.

  • Memiliki relasi dan partner

Relasi dan pather yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis harus ada dalam sebuah perusahaan.

Bisa jadi, kamu mendapatkan kesempatan mengembangkan perusahaan dari relasi atau partner tersebut.

  • Tidak cepat merasa puas

Setiap bisnis nantinya akan terus berkembang dan semakin besar. Bila kamu memiliki sifat cepat merasa puas bisnis yang dijalankan akan sulit untuk berkembang.

Sebaiknya kamu terus berusaha untuk mengembangkan bisnis. Perluas jaringan, relasi, pather dan apa saja yang berhubungan dengan perusahaan. Karena, untuk membangun bisnis diperlukan tekat yang kuat untuk menggapai kesuksesan.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​