Manajemen Bisnis Skala UKM – Jika Anda mengira bisnis skala UKM tidak membutuhkan manajemen, Anda keliru besar.

Manajemen yang bisa didefinisikan sebagai cara untuk mencapai target bersama melalui bantuan orang lain sangat penting untuk diterapkan oleh bisnis skala UKM.

Meski usaha Anda memiliki modal yang cukup, tanpa adanya manajemen, bisa dipastikan bisnis akan lesu, tidak berkembang, tidak efektif bahkan akan gulung tikar dalam waktu yang tidak lama.

Tentu, Anda tidak ingin hal ini terjadi. Maka, lakukanlah manajemen yang baik dan benar agar bisnis UKM Anda terus berkembang.

8 Manajemen Bisnis Skala UKM

1. Manajemen yang Harus Diperhatikan

Manajemen disini tentu menyangkut hampir semua hal. Oleh sebab itu, jika Anda manajer atau pemilik bisnis tersebut, maka Anda harus berpikir menyeluruh. Itu karena manajemen menyangkut hidup dan matinya suatau bisnis. Paling tidak, ada beberapa hal yang harus dikelola dengan baik, diantaranya adalah;

  • Manajemen keuangan
  • Manajemen SDM atau pegawai
  • Manajemen resiko
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen produksi
  • Manejemen pengembangan
  • Manajemen pemulihan

Semua hal yang tertulis diatas harus diperhatikan dengan baik dan serius. Anda harus memperbaiki sistem manajemen semua poin yang sudah disebut di atas. Jika sistem manajemen sudah baik, Anda tinggal mengkontrolnya agar tidak lepas dari pengawasan. Sistem manajemen yang baik tidak hanya akan mempermudah pengelolaan bisnis melainkan juga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

2. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bisa menggunakan cara pembedaan antara uang pribadi dan uang bisnis atau usaha. Jangan campur adukkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Catat segala transaksi baik yang masuk dan keluar. Perhatikan laba yang diperoleh. Semakin besar perusahaan, maka sistem keuangan akan semakin kompleks. Anda membutuhkan seorang akuntan, pengawas dll.

3. Manajemen SDM

Manajemen SDM juga penting untuk mengetahui sejauh mana SDM bisa dimaksimalkan. Anda bisa memulai dengan level pendidikan pegawai. Bisnis Anda harus selalu berinovasi agar bisa bersaing dengan sehat. SDM harus terus dilatih dan di-training sehingga mereka akan lebih produktif.

4. Manajemen Resiko

Dalam dunia bisnis, pasti ada resiko. Namun Anda harus cermat menganalisa masalah dan resiko yang akan terjadi. Anda juga bisa meminimalisir resiko kerugian perusahaan atau bisnis Anda.

Manajemen resiko bisa berupa banyak hal tergantung resiko apa yang akan menjadi fokus. Resiko yang sudah diprediksi akan meninggalkan sedikit kerugian bagi bisnis Anda.

5. Manajemen Pemasaran

Pemasaran disini bukan hanya perkara produk sampai di tangan konsumen tetapi juga kesesuaian antara apa yang diinginkan oleh pasar dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, termasuk dalam manajemen pemasaran adalah iklan, sosialisasi dan lain sebagainya.

Pemasaran yang tepat bisa menghemat dana, tenaga dan waktu. Sebagai contoh, sikat gigi di hotel dibuat dengan kualitas rendah dan hanya bertahan dalam waktu 1 minggu. Ini contoh produk kualitas rendah tapi tepat sasaran karena tamu hotel tidak ada yang lama.

6. Manajemen Produksi

Ketika berbicara tentang produk, berarti Anda sedang berbicara tentang kualitas. Baik produk homogen atau heterogen yang Anda buat, pastikan kualitas yang terbaik yang Anda berikan.

Bisnis skala UKM juga wajib menjaga kualitas produknya. Bahkan, bisnis UKM Anda memerlukan standarisasi untuk produk yang dihasilkan. Standarisasi akan meningkatkan mutu dan kualitas produk.

7. Manajemen Pengembangan

Pengembangan bisa diartikan banyak hal terutama untuk mengembangkan bisnis Anda semakin besar dan luas. Tentu, diperlukan sistem manajemen yang tepat agar berjalan efektif dan efisien. Melebarkan sayap tidak mudah. Jika terburu-baru, tanpa rencana matang, hasilnya justru akan rugi berlipat-lipat.

8. Manajemen Pemulihan

Bisnis Anda, di waktu tertentu bisa saja stagnan, tidak berkembang bahkan macet. Jika ini kondisinya, manajemen pemulihan dibutuhkan. Pemulihan bisa dimulai dengan mencari masalah baik internal dan eksternal kemudian dicarikan solusinya. Setelah itu, lakukan beberapa perbaikan.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, tentunya bisnis yang Anda jalani, walau dengan skala UKM, bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan harapan.

Memang tidak mudah untuk menerapkan seluruh jenis manajemen seperti di atas, namun, demi keberlangsungan serta keuntungan yang lebih besar di masa depan, serta untuk menghindari kerugian dan kebangkrutan. Pastikan Anda melakukan dengan benar. Selamat mencoba!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.