Jika saat ini Anda dan perusahaan Anda sedang mencari cara untuk memasarkan produk atau iklan sebagai salah satu strategi investasi, tentu pemilihan media yang tepat sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar. Iklan berarti menggunakan media. Pertanyaannya adalah media seperti apa dan bagaimana yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda. Berikut beberpa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih media agar iklan berjalan efektif.

Tentukan Budget

Iklan atau promosi pasti membutuhkan budget tertentu untuk mengiklankan produk kepada konsumen. Disini tergantung budget Anda karena setiap jenis media memiliki harga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, jika Anda pemilik perusahaan besar dengan budget ratusan hingga milyaran rupiah untuk iklan, nasional maka menggunakan TV sebagai media iklan pastinya sangat efektif. Sebaliknya, jika Anda hanya memiliki modal ratusan ribu atau jutaan, iklan di internet atau koran yang sesuai dengan segmen pasar tertentu, maka hal ini bisa dikatakan efektif.

Jadi, dari sini Anda bisa menilai iklan Anda efektif dari sisi dana atau tidak. Anda bisa saja melakukan iklan secara besar-besaran dengan dana yang tinggi pula, namun bisa jadi hasilnya tidak maksimal karena Anda tidak mengiklankan sesuai dengan segmen pasar. Oleh sebab itu, diawali dengan budget agar lebih efektif, kemudian Anda bisa menilai media iklan apa yang tepat untuk promosi produk Anda.

Tentukan Segmen Pasar

Hal yang masih berkaitan dengan budget atau dana adalah mengetahui segmen pasar. Ini penting bahkan sangat urgent. Anda tidak bisa melakukan sebuah iklan produk tertentu tanpa mengetahui target atau segmen pasarnya. Sebagai contoh, Anda ingin mengiklankan produk yang memiliki pemasaran lokal, maka sebaiknya gunakan media lokal saja agar target pasar lebih kena serta efisien dan efektif. Sebaliknya, jika target atau pasar Anda nasional, maka gunakan media nasional dari mulai TV sampai koran, tabloid atau majalah yang bersifat nasional pula.

Tentukan Materi Iklan

Disini menjadi penting karena berhubungan dengan media apa yang akan Anda gunakan. Tentu, hal ini berkaitan dengan materi iklan Anda. Jika materi iklan Anda hanya sebatas text atau tulisan, maka bisa dengan media cetak baik offline maupun online. Ini akan lebih mengena dan lebih hemat dari sisi biaya. Namun, jika materi iklan berbentuk video dan audio, bisa saja beriklan di TV atau di situs video online seperti YouTube untuk mengenalkan pasar ke yang lebih luas.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan audio, maka bisa beriklan di radio baik lokal maupun nasional tergantung dari segmen pasar produk Anda. Hal ini tidak boleh dilewatkan begitu saja karena materi iklan merupakan kunci dari bagaimana iklan tersebut bisa sukses atau tidak.

Tentukan media online atau offline atau keduanya

Tentu, ada media online menggunakan internet bisa dengan text, gambar bergerak atau animasi GIF, video, audio dengan target pasar para pengguna internet dan sosial media ada juga media offline yang menggunakan text dan gambar seperti koran, billboard, baliho, spanduk dan lain sebagainya. Baik media online dan offline memiliki segmen pasar yang berbeda. Oleh sebab itu, media online atau offline bisa jadi sangat efektif tergantung dari pasar yang ingin Anda raih.

Menggunakan jasa advertisement

Jika Anda tidak bisa memilih jenis media yang tepat dan efektif, ada baiknya Anda bekerjasama dengan pihak perusahaan advertisement atau iklan. Nantinya, perusahaan tersebut yang akan melakukan survey dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk dan pasar Anda sehingga mereka akan bisa memilihkan media yang tepat untuk beriklan. Bahkan, mereka juga menyediakan jasa dan materi iklan. Tentu, lagi-lagi urusan budget yang harus Anda siapkan.

Dengan berbagai cara diatas, strategi investasi melalui menggunakan media sebagai layanan iklan yang efektif bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda yakni terkenalnya produk Anda dan tentu meningkatnya angka penjualan produk. Iklan yang efektif dari sisi dana dan lain sebagainya yang sudah disebut di atas tentu sangat berpengaruh bagi kemajuan bisnis Anda.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.