Dikarenakan ekonomi Indonesia kini sedang mengalami krisis atau penurunan sejak munculnya MEA dimana pasar bebas asing dapat masuk dan menjalankan bisnisnya di Indonesia, banyak orang yang mulai berpikir cara terbaik untuk memenangkan persaingan di negeri sendiri agar para pengusaha kecil, menengah maupun besar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Bisnis pun menjadi pilihan dengan menjual berbagai macam produk atau jasa. Namun satu kunci sukses yang dapat membuat bisnis Anda berhasil adalah teknik promosi. Cara membuat video promosi untuk produk Anda merupakan sebuah terobosan baru yang menarik dan paling diminati saat ini karena jauh lebih hemat dari segi ongkos untuk promosi namun bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan juga internasional sehingga mereka bisa langsung melihat sekaligus mempertimbangkan untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.

Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki dengan menggunakan cara digital seperti melalui media sosial yang sedang naik daun saat ini. Hanya saja, media video dengan menyiarkan secara langsung produk maupun jasa Anda dengan youtube sedang menjadi tren dan dianggap terbaik karena mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat dan mendapatkan pelanggan tak hanya dari dalam negeri saja melainkan juga luar negeri. Bahkan banyak sekali perusahaan besar yang juga mulai membuat video promosi karena dinilai memiliki daya tarik dan kekuatan tersendiri baik dilihat dari segi audio maupun juga visual. Mirip dengan iklan di TV hanya saja perusahaan tak perlu membayar terlalu mahal atau bahkan gratis dengan mendaftar akun yang tersedia.

Tidak hanya sekedar merekam dan mengunggah video saja, namun masih banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan metode promosi menggunakan video sebagai berikut:

  • Gambar dan tulisan yang ada dalam video harus benar-benar jelas

Dalam sebuah video terdapat gambar dan juga beberapa tulisan pendukung yang menunjukkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat. Buatlah foto dan juga tulisan dengan jelas namun tidak perlu terlalu memenuhi layar khususnya bagian tulisan. Buatlah agar tulisan itu hanya sebagai pendukung saja dan sudah mencakup seluruh isi serta maksud dari pembuatan video iklan tersebut. Tidak perlu membuatnya bertele-tele agar telrihat lebih berbobot karena hal itu justru tidak akan menarik minat para pengunjung akun Anda. Mereka kemungkinan justru akan merasa bosan melihat iklan yang Anda buat tanpa mengerti sebenarnya produk apa yang Anda jual dan apa manfaatnya bagi mereka jika menggunakannya.

  • Komposisi dari gambar serta tulisan harus menjadi proporsional

Jangan sampai komposisi tulisan lebih banyak dibandingkan dengan gambar karena Anda membuat video promosi dan bukan promosi melalui media sosial seperti Twitter atau Facebook yang lebih banyak tulisan dengan hanya satu atau dua foto pendukung saja. Untuk video, sebenarnya bagian yang harus dibuat lebih banyak adalah gambar mengingat masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan tampilan visual dibandingkan harus membaca. Tujuan dari pembagian komposisi ini adalah agar para pengunjung situs langsung menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan melalui iklan tersebut.

Dengan komposisi warna yang cerah, tidak bertumpuk namun tetap mengacu pada produk yang dipasarkan, maka pengunjung yang meliaht pun akan langsung mengetahui inti dari promosi tersebut. Jika warna yang digunakan untuk melakukan promosi terlalu mencolok, maka yang terjadi adalah para pengunjung akan lebih fokus dan tertarik untuk melihat bagian pendukungnya dibandingkan dengan produk utamanya. Oleh karena itu, buatlah agar pengunjung lebih tertarik dengan produk utama dan fokusnya pun tidak akan teralihkan dengan hal lainnya.

  • Isi video harus sesuai dengan kebutuhannya

Isi dari video merupakan bagian yang paling penting sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari konsumen. Jangan sampai isi dibuat berputar-putar dan juga panjang karena dipastikan jika seseorang akan bosan melihat hal tersebut dan mengganti channel youtubenya dengan yang lain sebelum iklan promosi selesai. Sebaiknya buatlah iklan dengan waktu sesingkat-singkatnya, jelas, padat namun berbobot.

Dengan mengetahui cara membuat video promosi untuk produk Anda, maka Anda bisa memaksimalkan media digital untuk kepentingan perusahaan sekaligus mampu menekan pengeluaran untuk promosi. Jangan lupa untuk memaksimalkan channel-channel promosi digital yang lain agar usaha anda dapat semakin dikenal dan diterima oleh konsumen luas.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.