Cara Memanfaatkan Fanpage Facebook Sebagai Toko Online

Tips Memaksimalkan Penjualan Melalui Facebook

Hingga saat ini, Fanpage Facebook sudah menjadi salah satu strategi marketing online suatu bisnis tertentu yang sangat ampuh untuk mendapatkan banyak pelanggan. Jadi, apapun strategi investasi Anda dalam berbisnis, pastikan Anda memiliki Fanpage Facebook untuk memperluas jangkauan pasar atau konsumen. Selain itu, Fanpage Facebook juga sudah dibuat dan didesain oleh pihak Facebook untuk melakukan promosi dan strategi bisnis lainnya.

Dengan kata lain, Fanpage Facebook merupakan paket komplit untuk menjadi toko online yang siap mengudara karena berbagai fitur dan fasilitasnya. Wajar jika pebisnis online yang professional pastinya memiliki Fanpage Facebook untuk mendapatkan banyak pelanggan mengingat pengguna sosial media ini menempati urutan teratas dari sosial media lainnya di Indonesia. Sayangnya, masih banyak pemilik toko online atau pebisnis online yang belum bisa memanfaatkan Fanpage Facebook secara maksimal.

Jika hal ini merupakan masalah Anda juga, beberapa cara berikut ini akan membantu Anda meningkatkan jumlah pengunjung, likers termasuk jumlah pelanggan atau pembeli bisnis Anda. Perhatikan tips-tips berikut ini;

Bangun brand bisnis Anda

Jika Anda sudah memiliki toko online atau sebuah website yang isinya menampilkan berbagai jenis usaha yang Anda tawarkan baik barang atau jasa, tentunya Anda sudah memiliki brand tertentu untuk bisnis Anda. Nah, buatlah Fanpage Facebook Anda dengan nama dari brand Anda. Contoh, jika Anda memiliki brand atau merek produk bernama ‘Oen’ dan bergerak di bidang kecantikan, Anda bisa membuat Fanpage dengan nama Oen Beuty, Oen Beauty Center, atau lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan atau membangun brand dari bisnis Anda.

Menarik jumlah likers atau fans lebih banyak

Ini yang menarik dari Fanpage Facebook. Mereka yang sudah menekan tombol like di Fanpage bisnis Anda, secara otomatis akan menjadi follower dan tentu akan mendapatkan update apa saja sesuai dengan apa yang kita posting. Selain itu, jumlah followers juga menunjukkan angka atau status keberhasilan suatu produk. Jika produk dibutuhkan banyak orang, pastinya akan semakin banyak yang menjadi likers. Ada beberapa cara untuk mendapatkan banyak likers;

  • Undang teman
  • Update status yang bermanfaat bagi banyak orang
  • Buat status viral yang memiliki kemungkinan disebar atau share lebih banyak orang
  • Balas respon atau pesan likers secepat mungkin
  • Selalu up to date

Terlihatlah lebih profesional

Memang Fanpage Facebook sendiri sudah didesain dengan tampilan professional. Namun, lebih baik lagi jika Anda menggunakan foto dengan kualitas HD baik foto profil atau kronologi. Selanjutnya, buatlah konten yang menarik banyak orang. Jangan lupa untuk membuat konten yang terstruktur, teratur dan sesuai dengan bidang bisnis yang Anda tawarkan.

Lakukanlah promosi

Inilah strategi pamungkas untuk mendapatkan banyak likers, pengunjung serta calon pembeli bisnis Anda. Facebook sudah menyediakan fasilitas promosi untuk Fanpage Facebook Anda. Sehingga, ketika Anda membayar sejumlah uang untuk biaya iklan di Facebook, halaman Anda akan terlihat di mana-mana. Artinya, toko online Anda akan terlihat oleh banyak orang. Semakin banyak yang lihat, potensi pasar berarti semakin besar.

Klaim alamat Fanpage Facebook Anda

Jika Anda membuka akun Facebook pribadi atau Fanpage, maka di kolom atau bar alamat di browser Anda akan terlihat seperti https://www.facebook.com/……. jika setelah tanda ‘/’ masih berupa angka 0000 atau angka lainnya, berarti alamat tersebut belum diklaim. Pelajari cara klaim alamat Facebook Anda sehingga tidak digunakan oleh orang lain. Ketika sudah diklaim maka setelah tanda ‘/’ bisa berupa nama sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Contoh, jika saat klaim Anda gunakan kata Oen Beauty maka alamat Facebook Anda akan berubah jadi https://www.facebook.com/oenbeauty

Mungkin Anda bertanya, apa tujuan klaim alamat ini? Selain untuk memudahkan pencarian di Facebook, ternyata alamat yang sudah diklaim juga akan memudahkan Fanpage Facebook Anda terlihat di search engine seperti Google, Yahoo dan lain-lain ketika Anda pengguna internet sedang mencari keyword tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Oleh sebab itu, buatlah konten atau postingan yang sesua dengan bisnis Anda. Inilah beberapa strategi investasi yang bisa Anda lakukan dengan akun Fanpage Facebook Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.