Saat ini, memiliki toko online bagi setiap pelaku usaha merupakan suatu kewajiban. Hal ini dikarenakan potensi serta pangsa pasar toko online tidak terbatas pada ruang dan waktu. Artinya, pelanggan atau pembeli bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Ini berarti jumlah konsumen bisa terus ada. Berbeda dengan toko offline atau konvesional dimana jumlah konsumen terbatas pada konsumen yuang lokasinya dekat dengan toko tersebut. Selain itu, toko online tidak membutuhkan modal pinjaman lantaran untuk membuat toko online itu cukup mudah.

Bisa saja modal atau pinjaman dibutuhkan untuk modal awal membangun toko online seperti untuk membeli produk atau bahan baku, tapi, modal yang dibutuhkan tentu tidak sebesar modal toko offline lantaran Anda tidak memerlukan kantor atau bangunan fisik yang menjadi toko. Dengan kata lain, Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah atau garasi untuk menyimpan barang-barang jualan Anda. Nah, yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung ke toko online Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung toko online Anda;

Gunakan Media Sosial

Hari ini, memiliki toko online tanpa memiliki akun media sosial bagai sayur tanpa garam. Tidak akan mendapatkan banyak pelanggan. Aktifkan seluruh jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Whats App, Google+ dan lain sebagainya. Lakukan promosi secara massive. Buatlah postingan, gambar atau video yang menarik untuk dibagikan. Dengan begini, Anda akan selalu mudah dijangkau oleh pelanggan Anda. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang marketing online via sosial media.

Daftarkan Toko atau Produk Anda di Katalog Toko Online

Ada banyak manfaat dengan mendaftarkan toko atau produk yang Anda miliki ke Direktori toko online. Salah satu yang paling penting adalah meningkatnya jumlah pengunjung. Selain jumlah traffic yang meningkat, dengan Direktori toko online, hal ini juga bisa menambah ranking halaman atau page rank website atau toko online Anda. Salah satu dari banyaknya direktori toko online yang wajib dicoba adalah Directory.Google.com

Mendaftar di Mailing List

Mailing list atau disingkat Milist adalah semacam grup email dimana didalamnya ada banyak orang. Artinya, dengan mendaftar pada Milist, hal ini akan menghubungkan Anda termasuk toko online Anda pada banyak orang. Milist sendiri dapat diperoleh dengan gratis karena merupakan layanan atau fitur yang bisa didapat dari hampir semua jenis email.

Sering Blogwalking

Blogwalking bisa didefinisikan sebagai berkunjung ke blog atau website orang lain termasuk juga berkomentar dan mem-follow. Ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Anda kepada orang lain yang lebih luas lagi. Anda juga bisa meninggalkan jejak di kolom komentar dengan menyebarkan link dari toko online Anda sehingga pengunjung lain dari blog tersebut bisa datang ke website atau toko online Anda. Bisa juga hanya dengan komentar dan meminta si pemiliki blog atau website untuk melakukan kunjungan balik.

Aktif di Forum Online

Jika ingin meningkatkan traffic pengunjung toko online Anda secara serius, maka aktiflah di forum online seperti Kaskus, Detik Forum, Indowebster dan lain sebagainya. Usahakan untuk bisa menarik perhatian orang lain di forum tersebut dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi semua. Selain itu, aktif mengikuti forum-forum yang memiliki tema yang sama dengan jenis bisnis atau toko online Anda.

Gunakan Strategi Search Engine Optimization (SEO)

SEO bisa dikatakan metode untuk memaksimalkan potensi website Anda di mesin pencari seperti Google. Anda bisa membuat atau pesan tulisan SEO yang memiliki konten bagus, anti jiplak atau plagiat, unik dan lain sebagainya untuk bisa memunculkan website atau toko online Anda di halaman pertama di mesin pencari bahkan bisa juga menempati urutan pertama. Artinya, akan semakin banyak pelanggan yang datang.

Diluar itu semua, ada hal lain selain modal pinjaman yang perlu Anda perhatikan pada toko online Anda. Cobalah bergabung dengan marketplace yang terkenal dimana Anda bisa memiliki toko online di market place tersebut. Dengan begitu, Anda seolah bisa memiliki dua toko online karena saat ini banyak pembeli yang mencari produk dan toko online terpercaya melalui marketplace.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.