Cara Menjaga Kualitas Rasa Produk Minuman Kekinian

bagi pebisnis minuman kekinian, menjaga kualitas rasa produk harus jadi perhatian utama

Bagi para pemilik bisnis minuman kekinian, menjaga kualitas produk dagang seperti rasa produk minuman kemasan sudah jadi kewajiban.

Kualitasnya harus sesuai dengan standar keamanan pangan di Indonesia serta dunia. 

Menjaga kualitas dengan cara modern dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah penggiat usaha dalam mempertahankan kualitas produk.

Komponen penting dalam menjaga kualitas rasa sebuah produk minuman diantaranya meliputi rasa, kebersihan serta standar pengemasan dalam menyajikan minuman tersebut.

Dengan menjaga ketiga komponen tersebut, tentu saja akan menambah kepercayaan konsumen terhadap produk dagang kalian selaku pelaku usaha.

Lalu, bagaimana cara untuk tetap menjaga kualitas rasa produk dagangan minuman kamu? Berikut penjelasan lengkapnya:


Cara Menjaga Kualitas Rasa Produk Minuman

1. Monitor Langsung

Sebagai pemilik usaha, tidak ada salahnya kamu bertanggung jawab penuh terhadap proses produksi hingga distribusi produk usaha kamu. Apalagi, kamu masih baru merintis usaha kamu.

Ini menjadi salah satu kiat untuk meminimalisir risiko human error atau teknis dalam memproduksi minuman kemasan. Namun, apabila produksi minuman sudah cukup besar dan banyak cabang, pastikan kamu sebagai pemilik bisnis tidak lepas tangan sepenuhnya.

Tetap memonitor dan pastikan pegawai memberikan laporan berkala agar kamu tetap mengetahui kondisi lapangan. Sehingga, kualitas rasa produk minuman tetap terjamin sampai ke tangan konsumen tidak lagi menjadi hal yang mustahil hingga ke depannya nanti.

2. Tentukan SOP (Standard Operating Procedure)

Sebelum melepaskan produksi ke tangan orang lain, kamu selaku pengusaha wajib untuk membuat SOP atau Standard Operating Procedure yang jelas.

SOP memiliki fungsi yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien, rapi dan juga sistematis dari mulai awal hingga selesai.

Dalam menyusun SOP, apabila kamu pemula ada baiknya untuk meminta bantuan kepada pihak tertentu agar terlihat lebih profesional. Kamu sebagai pengusaha bisa mendiskusikannya dengan manajer atau kepala produksi.

Tentukan secara jelas alur proses pembuatan rasa dalam minuman hingga proses pengemasan dan penyimpanan agar kualitas rasa dalam produk dagang minuman kamu tetap terjaga terjamin.

3. Menyediakan Training Center untuk Karyawan Baru

Penyediaan training center oleh pemilik usaha, memberikan keuntungan bagi karyawan yang baru masuk untuk terbiasa dengan tempat dia bekerja. Membangun rasa nyaman pekerja yang sudah berada di tempat bekerja terlebih dulu dengan karyawan baru juga sangat baik. 

Gunanya untuk membangung chemistry diantara para karyawan. Kondisi ini tentu saja akan berdampak baik bagi pemilik usaha juga.

Kondisi kerja yang nyaman tentu saja akan membuat kondisi lingkungan kerja juga lebih sehat dan kondusif.

Sehingga, terjaganya kualitas rasa dalam minuman tidak akan menjadi hal yang sulit untuk mewujudkannya. Untuk bimbingan training ini, tidak harus kamu lakukan sendiri sebagai pemilik usaha.

Kamu bisa menyerahkan kepada karyawan kamu yang sudah paham alur dar produk dagang kamu, baik itu mulai dari proses produksi, hingga produk sampai ke tangan konsumen. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa tenaga profesional yang terpercaya.

4. Digitalisasi Berkala

Dengan memanfaatkan fungsi dari teknologi yang semakin berkembang, mengurangi resiko kesalahan dan memudahkan kita sebagai pengusaha untuk tetap menjaga kualitas rasa minuman tetap sama.

Apabila proses produksi mengaplikasikan mesin serta komputerisasi sudah tentu ukuran serta komposisi akan selalu stabil.

Mesin serta teknologi pun harus memantaunya berkala untuk meminimalisir kerusakan mesin. Sedikit demi sedikit, sebagai pengusaha harus mulai meninggalkan metode analog.

Di samping mengurangi kesalahan dan lebih stabil dalam sistem, digitalisasi perlu segera diterapkan, agar waktu produksi juga menjadi lebih efisien.

Untuk produksi pangan atau minuman, ada teknologi masa kini yang menggunakan sistem monitoring.

Sistem monitoring ini terpantau dari jarak yang jauh atau metode online system. Prosesnya meliputi sensor, data log, serta tahap akhirnya sistem monitoring bisa langsung di lapangan atau dari jarak jauh (online).

Pada tahap akhirnya, kamu selaku pemilik usaha minuman dapat memastikan dan menjaga standar kualitas produk minuman, baik itu dalam proses produksi, metode penyimpanan, hingga proses distribusi dan sampai ke tangan konsumen atau ritel.


Berikut tadi beberapa trik dan cara untuk menjaga kualitas rasa dari penjualan produk dagangan minuman.

Jika kalian adalah pebisnis pemula, melakukan metode tersebut step by step dengan perlahan tapi pasti sudah menjadi hal yang sangat baik untuk dunia bisnis dagang kamu.

Menjaga kualitas produk menjadi salah satu bentuk feedback dari pengusaha agar tetap memiliki tracking standar yang baik di mata konsumen.

Rasa yang tidak berubah dalam sebuah produk baik itu minuman atau makanan menjadi hal yang sangat penting. Itu bisa menjadi ciri khas dari produk dagang kita.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian para penggiat usaha. Salam sukses!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Friska

Friska

Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.