10 Pengusaha Muda Sukses Indonesia, Sempat Masuk Forbes 30 Under 30 Asia

·
6 menit
pengusaha muda sukses indonesia

10 Pengusaha Muda Sukses Indonesia, Sempat Masuk Forbes 30 Under 30 Asia – Usaha memang tidak akan mengkhianati hasil.

Begitulah pesan yang bisa dipetik dari perjalanan karir 12 orang anak muda sukses asal Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsanya.

Bahkan di antara para pengusaha muda sukes ini, di antaranya adanya yang masuk ke dalam daftar Majalah Forbes “30 Under 30 Asia”.

Nah berikut ini, kita akan melihat anak- anak muda Indonesia yang diapresiasi oleh ajang bergengsi dunia dan mengharumkan nama Indonesia.

Kita bisa menjadikan mereka sebagai inspirasi untuk membuat bisnis terus berkembang, dan percaya kalau anak muda pun bisa menggapai cita-cita besar nan tinggi.

Lihat yuk siapa saja!


1. James Prananto – Co-Founder Kopi Kenangan

james prananto
Sumber: mix.co.id

Edward Tirtanata dan James Prananto adalah dua pendiri Kopi Kenangan yang kini gerainya sudah tersebar di berbagai sudut di beberapa kota besar.

Kopi kenangan didirikan dengan konsep memadukan warung kopi pinggir jalan dan kafe kelas atas sehingga menawarkan produk yang berkualitas namun tetap dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Kopi Kenangan besutan salah satu pengusaha sukses Indonesia ini rencananya ingin menambah hingga 130 gerai dan menjual 3 juta cangkir kopi per bulan.

Sekadar tambahan informasi, perusahaan tersebut pernah mendapat dana US$8 juta dari Perusahaan Venture Capital Alpha JWC Ventures di masa awal bisnisnya.


2. Amanda Cole – Founder SayurBox

amanda cole-sayurbox-sukses-forbes-wirausaha-bisnis
Sumber: cnbcindonesia.com

Amanda Cole adalah salah satu orang yang rela mengorbankan pekerjaan tetapnya demi membantu petani di daerah.

Amanda berfokus untuk menolong para petani dalam memotong tengkulak sehingga mereka bisa menikmati harga yang lebih adil.

Itulah tujuan utama dari didirikannya SayurBox, platform sumber dan distribusi untuk sayur segar.

Wanita cantik berusia 28 tahun ini sudah bermintra dengan lebih daru 300 perkebunan di mana SayurBox melayani lebih 50 ribu pelanggan menghasilkan sekitar lebih daru 1000 pengiriman per harinya.

Berkat ide cemerlang dan kerja kerasnya, Amanda pernah berhasil memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta, dan telah menerima lebih US$2 juta dalam bentuk pendanaan.

Dengan bisnisnya, Amanda telah mengajarkan kita bahwa ketika Ia memberikan kebaikan melalui social entrepreneur kepada para petani, Ia bisa mendapatkan lebih banyak hal baik lagi di kemudian hari.

Kamu pun sebenarnya bisa menjadi seperti Amanda dan memberikan nilai lebih bagi sekitar melalui bisnis.

Jika kamu sudah berniat untuk memajukan bisnis kamu lebih jauh lagi namun masih terkendala dalam urusan modal, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks!

Kamu bisa mendapatkan modal mulai Rp5 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terredah hingga 0,75% flat per bulan.

Pastinya, tanpa perlu melampirkan banyak persyaratan yang membuat rumit kamu sendiri.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang


3. Benz Budiman – Co-Founder Pomona Technologies

benz budiman-sukses-pomona-bisnis-forbes
Sumber: digitalnewsasia.com

Benz Budiman adalah salah satu pendiri dan CEO dari Pomona, startup adtech yang berfokus pada industri FMCG di Indonesia.

Pomona memulai bisnisnya sebagai aplikasi seluler yang menawarkan promosi cashback kepada pengguna untuk pembelian bahan makanan offline mereka, sebelum akhirnya berputar menawarkan data konsumen di akhir tahun 2017.

Sejak didirikan pada 2016, pengguna Pomona telah mencapai angka lebih dari 200.000 dan telah didukung oleh beberapa investor seperti Stellar Kapital, Central Capital Ventura (Grup BCA), Capital Data Batas, Prasetia, dan Fenox VC.


4. Haryanto Tanjo – Co-Founder Moka

Haryanto tanjo-moka-sukses-bisnis-forbes-wirausaha-pengusaha

Haryanto Tanjo, pendiri Moka Indonesia, sebuah startup yang membantu UKM dan pengecer atau toko mengelola pembayaran dan operasi bisnis lainnya juga termasuk ke dalam salah satu pengusaha muda sukses Indonesia sebelum usia 30.

Kesuksesannya ini membuahkan hasil sehingga membuatnya mendapat kucuran dana dari SoftBank dan EDBI, cabang investasi dari Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura yang jika dikumpulkan secara total kini Moka telah mengumpulkan lebih dari US$28 juta.


5. Archie Carlson – Co-Founder StickEarn

archie carlson-stickearn-forbes-sukses-wirausaha
Sumber: dealstreetasia.com

Archie Carlson bersama tiga mitra lainnya mendirikan StickEarn pada tahun 2017, startup adtech memperoleh dana awal US$1 juta dari East Ventures.

Berkat StickEar, kini mereka berdua bisa masuk ke dalam daftar pengusaha muda sukses Indonesia yang sukses masuk ke dalam majalah Forbes Asia.

Mereka menawarkan jasa antar pengiklan dan pemilik mobil.

StickEarn telah menangani lebih dari 200 klien yang menjangkau 17 industri di Indonesia, dan telah membayar sekitar US$2 juta sebagai penghasilan tambahan kepada lebih dari 60 ribu pengemudi.


6. Andi Nata

andi nata - pengusaha muda sukses indonesia
img source: trubus

Pengusaha muda sukses Indonesia ini adalah mahasiswa Universitas Indonesia jurusan teknik mesin yang mempunyai ambisi untuk membuka usaha di bidang kuliner.

Hal ini merupakan keputusan yang cukup berani mengingat ia sendiri pada awalnya tak bisa memasak.

Usaha kuliner ini dirintis dengan membuka jasa masakan aqiqah yaitu gulai dan sate kambing.

Kerja kerasnya selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil, masakan Andi bahkan bisa menembus Hotel Four Season serta tiga hotel bintang empat lainnya di ibukota.

Saat ini bisnis kuliner mantan mahasiswa UI ini telah menembus omzet ratusan juta rupiah per bulan.


7. Muhammad Alfatih Timur

pengusaha muda sukses indonesia - kita bisa - muhammad alfatih 

Namanya sudah tidak asing terdengar, dia adalah pendiri Kitabisa.com sebuah website urun dana (crowdfunding) yang telah mendanai berbagai proyek sosial dan membawa dampak langsung bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai pengusaha muda sukses Indonesia, Muhammad Alfatih sempat masuk ke dalam majalah Forbes untuk kategori pengusah sukses di bawah usia 30 tahun.

Menurutnya menjadi social entrepreneur adalah soal misi, hingga saat ini situs penggerak ekonomi masyarakat Kitabisa.com berhasil memfasilitasi lebih dari 31.846 penggalangan dana sosial, dengan 2.801.425 orang yang bergabung, dan lebih dari Rp 815 milyar donasi terkumpul.


8. Yasa Paramita Singgih

pengusaha muda sukses indonesia - yasa singgih

Yasa memulai bisnisnya di usia 15 tahun karena mempunyai mimpi menjadi pengusaha muda sukses Indonesia demi membahagiakan kedua orang tuanya.

Berbagai profesi pernah ia jalani bahkan sampai menjadi korban penipuan hingga jutaan rupiah.

Saat ini Yasa mengembangkan bisnis online shop Men’s Republic yang memasarkan berbagai produk fashion baik untuk pria atau pun wanita.

Yasa juga mengembangkan bisnis café yang memasarkan produk unik kopi duren dan gengsot yang cukup diminati masyarakat.


9. Hamzah Izzulhaq

hamzah izzulhaq - pengusaha muda sukses indonesia

Berbisnis dan berdagang memang telah menjadi hobi anak muda yang satu ini sejak masih kecil.

Hamzah kecil sering menjual mainan, petasan, koran, hingga menjadi tukang parkir serta ojek payung. Kerja kerasnya membuahkan hasil.

Saat ini pengusaha muda sukses Indonesia ini mempunyai 3 lisensi cabang bisnis franchise program bimbingan belajar Bintang Solusi Mandiri.

Total omzet yang didapatkannya setiap semester adalah sekitar 360 juta rupiah dengan profit mencapai 180 juta rupiah per semester.

Selain itu ia juga mengembangkan bisnis kerajinan SofaBed yang telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia.

Untuk bisnis mebelnya ini ia berhasil memperoleh omzet sekitar 100 juta rupiah per bulan.

Pemuda ini sukses menerapkan strategi investasi bisnis dengan formula yang tepat walaupun ia bukanlah lulusan perguruan tinggi.


10. Aruna Harsa 

pengusaha muda sukses indonesia - dekoruma

Aruna Harsa mendirikan dekoruma, sebuah startup yang memberikan solusi berupa layanan untuk membantu para penyedia barang dalam mendistribusikan produknya ke pasaran yang lebih luas.

Jadi, sekarang masyarakat tidak perlu bingung jika ingin merenovasi rumah, seperti ruang tidut, dapur dan lainnya.

Hanya tinggal mengakses sebuah platform dekorasi rumah milik pengusaha muda sukses Indonesia ini, yang akan menjadi perantara kamu dengan para desainer dan vendor interior.


Itu dia tadi 10 pengusha muda sukses Indonesia, anak bangsa yang sudah sukses berwirausaha dan masuk ke dalam list sukses di usia sebelum 30.

Semoga mereka semua dapat menginspirasi kamu dalam berwirausaha dan mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi!

 

Ferry Irawan
I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih