Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan!

Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan!

Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan! – Ketika liburan, sudah sepatutnya kamu mengatur anggaran dengan tepat. Tujuannya agar perjalanan liburan kamu tetap teratur sesuai rencana.

Terlebih lagi jika budget yang kamu miliki sangat terbatas, sehingga perlu penanganan ekstra untuk menyesuaikannya dengan keinginan liburan kamu.

Tidak mau ‘kan kehabisan uang padahal waktu liburan kamu belum selesai?

Nah, pada artikel kali ini, KoinWorks akan mengulas beberapa kesalahan saat liburan yang tidak boleh kamu lakukan. Jangan ulangi kesalahan berikut ini ya atau uang kamu akan ludes seketika!


Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan!

Menginap di Hotel Mewah

hotel mewah

Hotel mewah dan mahal bukan pilihan yang tepat bagi kamu yang budget-nya terbatas.

Saat ini sudah banyak platform penginapan yang bisa kamu manfaatkan saat pergi liburan, seperti AirbnbRedDoorzOyoTiket, bahkan Traveloka. Semua platform marketplace tersebut menyediakan banyak alternatif penginapan dengan harga yang bervariatif.

Jangan malas mencari hotel atau homestay dengan harga terjangkau. Tidak ada salahnya kok membandingkan harga, yang salah adalah kamu memilih penginapan mewah padahal anggaran kamu tidak untuk liburan mewah sama sekali.

Jika kamu pergi secara rombongan, carilah rumah penginapan yang bisa diisi banyak orang. Itu akan lebih murah daripada kamu menyewa hotel yang hanya boleh diisi 2-4 orang.

Lagipula, menginap di hotel mahal tidak menjamin liburan kamu akan menyenangkan. Pikirkan saja, kamu hanya akan menghabiskan waktu 10% di kamar hotel untuk beristirahat, sementara 90% sisanya dihabiskan di luar untuk beraktivitas dan bersenang-senang.

Jadi, masih mau menghabiskan uang kamu untuk menginap di hotel mewah?


Tidak Menyewa Kendaraan Pribadi

Kapan Saat yang Tepat Untuk Menyewa Mobil Ini 4 Waktu yang Disarankan

Menggunakan transportasi umum atau transportasi online ketika liburan memang bukan kesalahan yang besar, tapi itu cukup mempengaruh budget liburan kamu lho.

Saat liburan, kamu akan lebih sering ke luar dan mengunjungi berbagai tempat menarik yang menjadi incaran kamu. Mau tidak mau, kamu harus mengeluarkan biaya untuk membayar transportasi umum atau online setiap kali jalan ke tempat wisata.

Tapi, dengan menyewa kendaraan pribadi, kamu bisa jauh lebih menghemat biaya perjalanan. Jika hanya berdua, kamu bisa menyewa motor dengan sistem harian.

Mari kita hitung.

Misalnya, kamu dan teman kamu berencana ingin mengunjungi tiga tempat sekaligus dengan jarak yang saling berjauhan.

Jika menyewa kendaraan:

Ambil contoh: sewa motor. Harga sewa motor yaitu Rp80.000 per hari, ditambah bensin Rp20.000 per 2 liter. Maka dalam satu hari kamu hanya akan menghabiskan Rp100.000 untuk pergi ke tiga tempat wisata berbeda.

Jika tidak menyewa kendaraan:

Karena sulitnya transportasi umum, maka kamu terpaksa menggunakan ojek motor online. Katakanlah sekitar Rp20.000 untuk satu kali jalan menuju lokasi wisata, dikalikan 2 orang karena perginya berdua. Totalnya menjadi Rp40.000.

Untuk pergi ke tiga tempat wisata, akan ada 4 kali perjalanan. Jika ditotalkan kembali, kamu akan menghabiskan Rp160.000 dalam satu hari. Lain ceritanya jika kamu menggunakan mobil online atau taksi, biayanya akan lebih besar dari itu.


Pergi Saat Musim Liburan

Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan! - Menghindari Musim Liburan

Kemana pun kamu pergi liburan, kalau bisa jangan saat high season. Ini merupakan salah satu kesalahan saat liburan yang sering kali dilakukan secara sadar maupun tidak.

Lho, di mana salahnya? Bukannya malah bagus pergi saat musim liburan? ‘Kan banyak promo liburan menarik?

Iya, betul sekali. Saat musim liburan, akan ada banyak tawaran diskon dan promo yang dapat meringankan budget kamu. Tapi di samping itu, akan lebih banyak biaya tidak terduga yang harus kamu keluarkan.

Pertama, kamu akan kesulitan mendapat tiket perjalanan yang murah. Pada musim liburan akan terjadi pelonjakan jumlah penumpang dan biasanya tiket paling murah menjadi incaran semua orang.

Seperti pada saat liburan Tahun Baru, pasti kamu merasakan betapa sulitnya mendapat tiket transportasi murah karena pembeliannya memakai sistem ‘rebutan’ alias siapa cepat dia dapat.

Kedua, harga akomodasi dan penginapan sejenis lainnya menjadi lebih mahal. Entah apa penyebabnya, sejumlah penginapan akan menaikkan tarif saat musim liburan. Tentu terdapat perbedaan harga yang cukup signifikan saat hari biasa dan saat high season.

Ketiga, naiknya harga sewa kendaraan pribadi. Jika di hari biasa sewa motor (yang paling murah) hanya Rp70.000, saat musim liburan bisa naik hingga Rp100.000 per harinya.

Selain harganya yang meningkat, peminatnya juga semakin banyak. Oleh karena itu, pemesanan tiket perjalanan, akomodasi, serta sewa kendaraan pribadi juga harus dipesan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan slot.

Jadi, jangan lagi mengulangi hal ini ya, kecuali kamu rela membayar lebih.


Wisata Kuliner Berlebihan

7 Pekerjaan Ini Cocok untuk Anda Si Pencinta Kuliner

Tentu saja kamu tidak bisa melewati kegiatan yang satu ini. Wisata kuliner yang berlebihan ternyata bisa membuat budget kamu menipis, lalu habis!

Ya iya lah, uang kamu akan habis apabila kamu gunakan untuk wisata kuliner seharian, kecuali memang kamu sudah mengatur rencana di awal.

Lalu, bagaimana solusinya?

Jadwalkan waktu-waktu terbaik untuk wisata kuliner, seperti siang hari atau malam hari saja. Untuk sarapan, kamu bisa makan di penginapan dengan sereal atau outmeal ditambah segelas susu.

Jika ingin menekan pengeluaran agar lebih hemat lagi, jangan wisata kuliner setiap hari. Kamu bisa mengatasinya dengan makan di warung nasi pinggir jalan atau memesan lewat aplikasi online dengan memanfaatkan voucher promo.

Tidak perlu berpikir yang muluk-muluk. Dengan menghabiskan waktu bersama sahabat atau pasangan saat liburan, pasti bisa membuat kamu bahagia ‘kan? Ya, bahagia sesederhana itu.

Kamu juga akan lebih bahagia apabila kamu ternyata mampu menghemat budget liburan dan mengalokasikannya untuk mendanai di KoinWorks.

KoinWorks yang sudah berizin resmi OJK ini bisa kamu jadikan sarana berbuat baik bagi sesama. Dan, dengan mendanai di KoinWorks, itu berarti kamu telah berpartisipasi memajukan perekonomian bangsa Indonesia.

Yuk, alokasikan sisa budget liburan kamu untuk berinvestasi!


 

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.