6 Tips Hemat Untuk Wanita yang Wajib Diterapkan – Untuk urusan gaya hidup, kesan boros memang sangat melekat pada diri wanita. Mulai dari belanja, makeup, keperluan harian bahkan kecantikan, wanita biasanya tidak segan-segan untuk menggelontorkan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Kebiasaan boros tersebut kerap membuat uang dan tabungan menipis sehingga kondisi keuangan pun kian memburuk. Hal ini jelas.

Jika kamu merupakan satu dari sekian banyak wanita yang terhitung boros dalam hal pengeluaran, terutama untuk kepentingan gaya hidup seperti yang disebutkan tadi, maka kamu perlu membaca dan mengaplikasikan tips hemat untuk wanita berikut ini:

6 Tips Hemat Untuk Wanita yang Wajib Diterapkan

1. Mulai Bukukan Catatan Pengeluaran

Ini wajib. Agar arus pengeluaran bisa dengan mudah diketahui, mulailah mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Dengan begini, kamu bisa tahu hal mana yang paling banyak berpengaruh pada melorotnya keuangan kamu.

Setelah mengetahui pengeluaran untuk keperluan apa yang paling banyak menyedot tabungan kamu, perlahan kamu sudah bisa mulai mengurangi atau bahkan menguranginya.

Agar lebih gampang mempraktekkannya, tuliskanlah pendapatan kamu di bulan ini. Tulis angkanya di bagian atas.

Kemudian di bawahnya, urutkanlah setiap pengeluaran kamu, dari angka hingga detil keperluannya per hari. Di akhir bulan kamu bisa menjumlah total pengeluaran dan dikurangi dengan total pendapatan kamu di bulan itu.

Bulan demi bulan berlangsung, kamu pasti tahu pengeluaran untuk keperluan apa yang paling banyak menyedot keuangan kamu. Mulai untuk menghemat ya.

2. Kurangi Belanja

Belanja memang asyik. Inilah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan bagi kamu para wanita. Namun, seringnya berbelanja tentu saja akan mengikis keuanganmu dengan pasti. Meski kegiatan ini memang tidak bisa dilepaskan sepenuhnya, paling tidak kamu bisa menguranginya. Ingat, tujuan kamu adalah untuk menghemat keuangan.

3. Manfaatkan Diskon

Menyambung bagian sebelumnya, memanfaatkan diskon besar-besaran ketika berbelanja paling tidak bisa mengurangi jumlah total pengeluaranmu dari yang seharusnya.

Ada banyak event yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan diskon besar-besaran ketika berbelanja. Namun, jangan sampai gara-gara keasikan memanfaatkan diskon justru malah membuat kantongmu kering, ya.

4. Kurangi Nongkrong

Kamu mungkin tidak banyak jajan ketika nongkrong. Namun sebenarnya masalahnya bukan apa yang kamu beli ketika nongkrong, tapi frekuensi aktivitas nongkrong itu sendiri. Ketika nongkrong mungkin secangkir kopi tidaklah masalah dan terasa bagi keuangan kamu.

Namun, di akhir bulan, ketika kamu menghitung kembali jumlah pengeluaran, biaya untuk membeli kopi ketika nongkrong itulah yang ternyata sangat signifikan pengaruhnya bagi pengeluaran kamu.

Untuk itu, sekecil apapun biaya yang kamu keluarkan namun kamu mengeluarkannya dengan sering, tetap saja akan membuatmu lebih boros dalam keuangan.

Kurangilah nongkrong di luar rumah. Alternatifnya, undang teman-teman kamu untuk berkumpul di rumah kamu. Di sana kamu bisa menghabiskan waktu dengan bebas bersama teman-teman kamu sepuasnya.

5. Pergunakan Kartu Kredit Dengan Cerdas

Dalam beberapa kasus, kartu kredit merupakan jebakan tersendiri. Kemudahan yang diberikannya justru akan menjerumuskan jika tidak cerdas dalam menggunakannya.

Mendahulukan pembayaran dengan kartu kredit untuk berbagai jenis keperluan bisa membuat tagihanmu kemudian membengkak. Selanjutnya, kamu akan kerepotan dalam menutup tagihan dan keuanganmu pun akan kacau.

Apalagi, banyak diskon yang secara khusus diberikan kepada pengguna kartu kredit ketika berbelanja, seakan mempertegas β€˜jebakan’ ini. Ketika kamu terlena dengan diskon tersebut maka kamu pun akan terdorong untuk menggunakan kartu kredit secara berlebihan sehingga mengganggu keuanganmu karena harus menutup tagihan.

6. Masak dan Makan di Rumah

Masak di rumah dan bawalah bekal ke tempat kerja atau kampus kamu. Peralatan memasak dan bahan-bahan makanan lebih terjangkau dan bermanfaat untuk jangka panjang ketimbang membeli makanan di luar.

Meski memang sedikit merepotkan, tetapi memasak dan makan di rumah jauh lebih efektif dalam menekan pengeluaran untuk urusan makan. Dengan begini setidaknya kamu dapat menghemat hingga 40% dari total pengeluaran kamu setiap bulannya.

Penutup

Dengan 6 tips hemat untuk wanita di atas, jika kamu imlementasikan dengan baik, kamu bisa menghemat biaya hidup yang kemudian akan bermanfaat dalam mengelola keuanganmu. Biaya hidup yang sudah kamu hemat kemudian bisa kamu jadikan tabungan atau bahkan bisa diinvestasikan melalui KoinWorks.

Dengan berinvestasi di KoinWorks, dana yang kamu investasikan bisa mendapat keuntungan besar sembari membantu para peminjam dalam mengembangkan bisnisnya, membantu memenuhi kebutuhan kesehatan peminjam, hingga membantu mendanai bidang pendidikan. Setiap wanita harus cerdas dalam berhemat dan mengatur keuangan. Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.