Liburan mungkin merupakan kata favorit bagi setiap orang terutama anak-anak. Bagi buah hati Anda setiap akhir tahun ajaran telah usai yang ada di benak mereka pastilah berjalan-jalan ke taman hiburan, menjelajah alam, berenang di pantai, atau menginap di vila cantik di sekitar pegunungan. Berlibur saat ini memang telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dan bila dilakuan secara teratur akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan mental serta dapat memperkaya pengalaman.

Untuk melaksanakan liburan keluarga, apalagi di tempat yang jauh misalnya hingga ke luar negeri tentu dibutuhkan dana dan sebaiknya Anda merencanakan anggaran liburan sebaik-baiknya agar tak sampai terjadi besar pasak daripada tiang yang akan menimbulkan masalah baru setelah liburan usai. Anggaran liburan akan membuat Anda lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran serta mencegah Anda memboroskan dana untuk pos-pos yang kurang diperlukan. Inilah langkah-langkah mudahnya bagi Anda.

  1. Menentukan tempat liburan – Destinasi wisata yang Anda pilih jelas akan menentukan besar atau kecilnya dana liburan yang harus dikeluarkan. Biaya yang dibutuhkan akan lebih sedikit bila tempat yang dipilih lebih dekat. Untuk itu ajaklah seluruh anggota keluarga turut berunding untuk mengambil keputusan tentang tujuan wisata Anda.
  1. Transportasi – Hitunglah biaya transportas yang perlu Anda sediakan untuk kepulangan dan kepergian. Sarana transportasi pilihan Anda juga akan menentukan besar kecilnya budget yang harus Anda sediakan.
  1. Hotel – Tips untuk menghemat biaya penginapan adalah melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari karena pada hari H hotel-hotel di sekitar tempat wisata pada umumnya akan membludak sehingga biaya sewanya kemungkinan lebih mahal.
  1. Makan – Perhitungkan biaya makan dalam sehari dikali seluruh anggota keluarga dan jumlah hari liburan yang direncanakan. Pada saat tengah berlibur Anda tentu tak bisa memasak makanan Anda sendiri.
  1. HTM – Tiket masuk juga harus masuk pada pos anggaran liburan Anda terutama bila yang menjadi tujuan wisata adalah taman-taman hiburan atau theme park seperti Dufan.
  2. Belanja oleh-oleh serta souvenir – Oleh-oleh adalah hal yang tak boleh ketinggalan pada waktu berlibur untuk dibagikan kepada kerabat atau tetangga di sekitar rumah. Selain itu si Kecil mungkin ingin membeli souvenir sebagai kenang-kenangan pernah mengunjungi destinasi wisata tertentu.
  1. Biaya lain-lain – Selain berbagai pengeluaran yang telah direncanakan di atas, idealnya Anda juga harus menyiapkan biaya lain-lain seandainya terjadi sesuatu yang tak terduga. Jumlah yang dianjurkan paling sedikit adalah sekitar 10%.

Setelah selesai membuat anggaran sekarang Anda tinggal mempersiapkan dananya. Sumber dana sebaiknya berasal dari simpanan Anda sendiri yang memang sengaja ditabung beberapa bulan sebelumnya memang diperuntukkan untuk liburan. Selain itu bonus akhir tahun atau Tunjangan Hari Raya juga bisa menjadi tambahan dana untuk liburan keluarga Anda. Tetapi bila seluruh sumber dana tersebut tetap tak mencukupi untuk pergi berlibur bersama keluarga, demi tak mengecewakan putra-putri Anda, mengajukan permohonan kredit pada bank yang tentu saja akan dikenakan bunga pinjaman mungkin bisa menjadi alternatifnya.

Bagi Anda yang terpikir untuk memenuhi kebutuhan dana liburan dengan mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda mengetahui tentang beragam bunga pinjaman kredit.

  • Bunga flat – Penerapan bunga flat artinya suku bunga yang dibebankan kepada peminjam jumlahnya tetap sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menghitungnya. Dengan demikian setiap bulan jumlah angsuran akan tetap sama.
  • Bunga efektif (Sliding rate) – Untuk penerapan bunga efektif semakin lama beban bunga akan semakin sedikit karena dihitung dari sisa pokok pinjaman.
  • Bunga Anuitas – Untuk jenis perhitungan bunga anuitas akan mempermudah peminjam melunasi cicilan setiap bulannya karena jumlahnya sama. Penerapan bunga anuitas merupakan modifikasi dari bunga efektif.
  • Bunga tetap –  Jenis kredit yang menerapkan jenis fixed rate atau bunga tetap artinya selama masa angsuran maka jumlah bunga yang dibebankan kepada peminjam akan tetap atau tak berubah. Artinya, mulai dari bulan pertama hingga terakhir jumlah bunga yang harus dibayar peminjam akan tetap.
  • Bunga mengambang (floating) – Terakhir adalah penerapan bunga mengambang yang artinya akan mengikuti fluktuasi atau dinamikan naik dan turunnya suku bunga pasar. Jadi bila suku bunga yang berlaku di pasar mengalami penurunan maka bunga kredit akan turun dan sebaliknya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.