Rumus Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman – Saat Anda mengajukan pinjaman ke sebuah bank, Anda pasti akan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu seperti jenis bunga yang ditawarkan, besaran bunganya, dan besaran angsuran yang akan Anda bayarkan nantinya.

Namun apakah Anda pernah mencari tahu bagaimana cara menghitung bunga pinjaman yang Anda ajukan tersebut?

Cara menghitung bunga pinjaman memang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal sebenarnya mengetahui cara perhitungan bunga pinjaman merupakan hal yang tidak kalah penting jika Anda akan mengajukan pinjaman kepada sebuah Bank.

Setiap jenis pinjaman memiliki perbedaan dalam cara perhitungan bunganya. Meski besaran suku bunganya sama tapi dengan cara perhitungan yang berbeda akan berpengaruh kepada jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Pada umumnya terdapat tiga jenis perhitungan bunga pinjaman untuk semua produk pinjaman yaitu perhitungan suku bunga flat, perhitungan suku bunga efektif dan perhitungan suku bunga anuitas.

Rumus Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman

1. Perhitungan Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah perhitungan bunga pinjaman yang paling mudah. Dengan menggunakan perhitungan bunga flat, Anda akan membayar cicilan pokok dan bunga jumlah yang sama setiap bulannya.

Perhitungan ini biasanya dipakai untuk mengitung bunga pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan. Suku bunga flat jufa disebut sebagai suku bunga tetap dimana plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara seimbang sesuai dengan jangka waktu kredit.

Nilai bunga akan tetap sama setiap bulannya karena dihitung berdasarkan persentasi bunga yang dikalikan dengan pokok pinjaman ditambah bunga setiap bulan.

Rumus perhitungannya:

Bunga Perbulan = (P x l x t) / jb

Keteragan:

P = pokok pinjaman

l = suku bunga

t = jumlah jangka waktu kredit

jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

2. Pehitungan Suku Bunga Efektif

Perhitungan suku bunga efektif atau dikenal juga sebagai sliding rate merupakan perhitungan bunga pinjaman yang dilakukan pada setiap akhir periode cicilan. Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya.

Bunga dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayarkan oleh si peminjam. Dengan begitu jumlah besaran bunga tiap bulannya akan berubah-ubah sesuai dengan nilai pokok yang belum dibayarkan tersebut.

Nilai bunga yang dibayarkan oleh peminjam akan berkurang setiap bulannya sehingga cicilannya pun akan mengecil dari waktu ke waktu.

Cicilan bulan kedua akan lebih kecil daripada bulan cicilan bulan pertama, cicilan bulan ketiga lebih kecil daripada cicilan bulan kedua, dan begitu seterusnya.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:

SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

3. Perhitungan Suku Bunga Anuitas

Perhitungan suku bunga anuitas adalah sebuah bentuk modifikasi dari perhitungan bunga pinjaman efektif. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam membayar cicilan tiap bulannya.

Perhitungan bunga pinjaman ini menentukan besaran cicilan tiap bulan dengan jumlah yang sama namun komposisi bunga dan pokok cicilannya akan berubah-ubah setiap periodenya.

Nilai bunga perbulan akan berkurang namun cicilan pokoknya akan membesar. Perhitungan bunga ini membuat porsi di masa awal pinjaman menjadi sangat besar namun lambat laun akan mengecil di masa akhir pinjaman.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:

SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

Catatan: Rumus perhitungan bunga anuitas sama dengan rumus perhitungan bunga efektif

4. Cara Menghitung Bunga Pinjaman di KoinWorks

Untuk Anda yang mengajukan pinjaman di KoinWorks, suku bunga bulanan yang harus Anda bayar akan diinformasikan sebelum Anda menyetujuinya, mulai dari 0,75% hingga 1,67% perbulan.

Namun, bila Anda yang belum menjadi borrower di KoinWorks dan penasaran dengan bunga pinjamannya, berikut cara menghitung bunga pinjaman di KoinWorks.

Itulah rumus perhitungan bunga pinjaman yang biasa digunakan pada setiap produk pinjaman Bank. Dengan mengetahui rumus perhitungan bunga pinjaman tersebut Anda bisa mengetahui cicilan pembayaran pinjaman yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Dengan begitu Anda pun bisa mempersiapkan keuangan Anda sejak jauh-jauh hari, agar pada saat periode cicilan pinjaman Anda bisa melunasinya dengan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank.

Anda pun tidak perlu takut terjerat bunga pinjaman yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda.


Ajukan Pinjaman



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks





Apa Komentar Anda?