Home » Blog » Gaya Hidup » Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

guru-dosen-belajar-mengajar - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh – Berkomunikasi tidak hanya dilakukan dalam lingkup non-formal saja, lebih dari itu Anda juga akan berkomunikasi dalam situasi formal yang mengharuskan Anda mengetahui cara mengungkapkan sesuatu dengan benar.

Baca juga: Mana yang Lebih Efektif: Belajar Secara Privat atau Berkelompok?

Dengan memahami komunikasi non-verbal, maka hal ini akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan orang lain dan juga bisa membantu Anda mengekspresikan diri.

Perhatikan dengan baik bahasa tubuh saat berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang teknik dan cara mengungkapkan bahasa tubuh dengan baik.

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

1. Perhatikan Gerakan Tangan Anda

meeting kantor pemimpin manajer

Tangan yang diletakkan di pipi atau mengelus dagu menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berpikir keras akan sesuatu. Di sisi yang lain, saat Anda menggigit kuku, maka hal ini menunjukkan kegelisahan dan ketidakamanan.


2. Ekspresi Wajah

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (5)

Senyuman yang ditunjukkan oleh seseorang tidak hanya mengungkapkan kebahagiaan saja. Senyuman juga bisa mengungkapkan gangguan atau kesedihan yang sedang dihadapi.

Begitu juga dengan kepala yang menunduk atau wajah yang melihat ke bawah, dimana hal ini menunjukkan bahwa seseorang sedang menyembunyikan sesuatu atau merasa malu.


3. Postur Tubuh Anda

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (5) - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa

Saat Anda menyilangkan tangan di depan dada, maka mungkin saja itu menunjukkan sikap yang defensif. Begitu juga saat Anda menyilangkan pergelangan kaki yang menunjukkan sikap yang gugup.


4. Kontak Mata Akan Mengatakan Banyak Hal Tentang Apa yang Dipikirkan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Saat seseorang tidak mengatakan sesuatu dengan jujur, maka mereka akan cenderung melihat ke arah atas dan kanan. Sementara itu, saat seseorang sedang mengingat sesuatu, maka mereka akan cenderung melihat ke arah kiri.


4 Teknik Komunikasi Non-Verbal yang Perlu Diperhatikan

1. Perhatikan Gerakan Kecil yang Dibuat

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya!

Misalnya saja seperti ini, saat Anda bertemu dengan seseorang, mulailah dengan senyuman dan lengkapi dengan jabat tangan yang erat serta kontak mata yang membantu Anda lebih percaya diri.


2. Perhatikan Inkonsistensi Bahasa Tubuh

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - Terapkan Aturan 10-20-30 dan Dapatkan Presentasi Mengagumkan

Saat Anda mengungkapkan sesuatu yang bahagia, maka gunakan bahasa tubuh yang sesuai dengan keadaan yang terjadi.

Baca juga: 6 Karier untuk Orang Kreatif dan Inovatif, Anda Tertarik?

Misalnya saja, saat Anda ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain. Sebaiknya iringi dengan senyuman ikhlas yang menunjukkan bahwa Anda berterima kasih dengan orang tersebut.


3. Jangan Menilai Bahasa Tubuh Seseorang Saat Sedang Stres

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (22) - 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Sangat mudah salah membaca bahasa tubuh orang lain, saat Anda sedang stres. Jika Anda sedang mengalami hari yang buruk atau mendapatkan masalah yang rumit, maka sebaiknya jangan terlalu mudah menafsirkan bahasa tubuh seseorang.

Berkomunikasi dengan orang lain, saat Anda telah merasa lebih baik dan tenang.


4. Perhatikan Reaksi Orang Lain

belajar-buku-online-pendidikan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Memberikan perhatian terhadap komunikasi non-verbal akan memungkinkan Anda untuk lebih baik dalam berinteraksi dengan orang lain.

Misalnya saja, Anda melihat lawan bicara mengenggam tangan mereka yang menunjukkan rasa rentan dan tidak nyaman. Maka, mulailah mempertimbangkan untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka merasa lebih santai.

Baca juga: 5 Teknik Meningkatkan Keterampilan Delegasi, Pemimpin Perlu Tahu!

Menerapkan 4 teknik sederhana di atas saat berkomunikasi dengan orang lain akan membantu Anda lebih baik dalam berkomunikasi dengan banyak orang.

Jika Anda merasa 4 tips di atas masih kurang dan membutuhkan lebih banyak pemahaman tentang komunikasi dan bahasa tubuh.

Kami sangat menyarankan Anda untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan topik tersebut. Pilihlah lembaga pendidikan yang terpercaya dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bagaimana jika saat ini terkendala dengan biaya pendidikan yang mahal?

Tidak perlu khawatir, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang bisa Anda gunakan untuk mengikuti pendidikan formal atau non-formal. KoinPintar menawarkan pinjaman dana pendidikan dengan bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Tidak hanya itu saja, KoinPintar juga akan memudahkan Anda dengan pembayaran cicilan yang panjang yaitu bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Dengan demikian, Anda bisa mengikuti berbagai jenis pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat dan inspirasi!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​