10 Kota Terbaik untuk Masa Pensiun, Yuk Tentukan dari Sekarang

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

10 Kota Terbaik untuk Masa Pensiun, Yuk Tentukan dari Sekarang– Mempersiapkan masa pensium memang harus dilakukan dari jauh-jauh hari, baik dari segi persiapan anggaran maupun tempat tinggal.

Hal tersebut tentunya untuk mencegah kesulitan yang akan kamu hadapi di hari tua jika tidak mempersiapkannya secara matang selagi masih fase produktif.

Dengan kamu memersiapkannya sedini mungkin, Semua kerja keras serta persiapan yang sudah kamu jalankan bertahun lamanya, akan berganti dengan kehidupan baru aman, nyaman, dan isi oleh hal-hal menyenangkan tanpa ada beban dalam hidup.

Pada masa pensiun, kamu juga berhak mendapatkan yang terbaik, termasuk sebuah lokasi tinggal yang nyaman dan rileks.

Baca juga: Dana Pensiun untuk milenial, Seberapa Pentingkah?

Tidak jarang para orang-orang yang pensiun memilih untuk pindah dari kota tempat tinggal sebelumnya.

Hal tersebut mereka lakukan karena mayoritas dari mereka merasa kepenatan dan rutinitas yang padat selama bekerja belasan tahun dan tidak mengharapkan sebuah kota yang sesak dan penuh dengan berbagai kondisi yang sama di masa pensiun.

Lalu, kota seperti apa sebenarnya yang cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan  menghabiskan masa pensiun nantinya?

Yuk, simak 10 kota terbaik di Indonesia dan di luar negeri yang cocok untuk masa pensiun kamu.


10 Kota Terbaik untuk Masa Pensiun, Yuk Tentukan dari Sekarang

Malang

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Salah satu kota pelajar yang terletak di Jawa Timur ini memang cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat tinggal setelah memasuki masa pensiun.

Kota Malang pun sudah dikenal sebagai kota yang sangat berkembang. Bisa dilihat dari banyaknya objek wisata yang ditawarkan kota penghasil buah apel ini.

Baca juga: 5 Kota Terbaik di Indonesia untuk Berbisnis

Kota Malang juga memiliki biaya hidup yang cukup murah. Biarpun kota ini kecil, tetapi Malang memiliki fasilitas kesehatan dan juga pendidikan yang lengkap, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kedua hal tersebut.


Yogyakarta

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Ketenangan yang ditawarkan Yogyakarta sangat mendukung hari tua yang nyaman dan damai, sementara kamu tetap bisa belajar hal-hal baru dan terhubung dengan komunitas lokal.

Orang yang memutuskan untuk ‘pensiun dini’ dan menetap di Yogyakarta memillih kota ini karena  menawarkan ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian yang para pensiunan cari.

Selain itu, biaya hidup di kota ini juga terbilang cukup murah dan terjangkau. Oleh karena itu, kota Yogyakarta bisa menjadi salah satu alternatif kota terbaik untuk masa pensiun-mu.

Baca juga: 6 Tanda Anda Mempersiapkan Pensiun dengan Tepat


Padang

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Ingin merasakan suasana kota yang sejuk dan tenang di daerah Sumatera? Kalau begitu, kamu bisa mempertimbangkan kota Padang sebagai tempat tinggal di masa tua.

Kamu juga tidak perlu bingung jika masih ingin beraktifitas di masa tua nanti, karena kesuburan kota Padang menjadikan beberapa sektor bisnis seperti pertanian dan ternak memiliki peluang yang sangat baik di kota ini.

Di Kota Padang pun, kondisi jalan raya sudah terbilang baik, begitu juga dengan fasilitas kesehatan yang ada juga sudah cukup memadai.


Lembang

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Tidak bisa dipungkiri bahwa Lembang, salah satu kecamatan di kabupaten Bandung Barat ini memiliki udara yang sejuk dan masih kental dengan suasana pedesaan dengan nuansa kebun teh.

Pertanian dan juga pariwisata menjadi pilihan bisnis di kota ini, sebab kota ini memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang sangat tinggi sepanjang tahun.

Beberapa fasilitas seperi kesehatan memang belum terlalu lengkap. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena jarak yang dekat ke kota Bandung tidak akan menyulitkan untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik jika tinggal di Lembang.


Ubud

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Memutuskan untuk tinggal di Bali tidak selalu penuh dengan keramaian. kamu juga bisa mendapatkan cuaca yang baik dan ketenangan Kota Bali di Ubud.

Ubud menawarkan sensasi yang berbeda dan kental dengan nuansa seni serta area pertaniannya yang menghampar hijau.

Kamu akan nyaman dan betah tinggal di tempat ini, karena begitu tenang dan terkenal dengan penduduknya yang begitu ramah.

Keunggulan Ubud sebagai tempat tinggal masa tua pun menjadi daya Tarik bagi ekspatriat sebagai tempat untuk menikmati masa pensiun mereka.

Baca juga: 5 Strategi Mengumpulkan Tabungan Dana Pensiun

Selain di Indonesia, terdapat juga beberapa kota di luar negeri yang cocok untuk kamu tempati sebagai tepat tinggal masa tua.


Sapporo, Jepang

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Sapporo sangat sering disebut sebagai kota terbaik untuk menikmati masa pensiun.

Kota ini dikenal sebagai surga musim dingin di Jepang. Walau memiliki alam yang indah dengan banyak ski resort yang menarik, Sapporo masih termasuk salah satu kota di Jepang dengan biaya hidup yang lebih terjangkau.


Corozal, Belize

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Corozal, Belize merupakan lokasi yang menarik untuk beritirahat di samping bahasa di negara ini adalah Bahasa Inggris.

Di Corozal Belize masih terdapat banyak pemadangan yang luar biasa seperti hutan yang rimbun dan pantai berpasir putihnya. Fasilitas berliburnya sangat terjangkau bagi para wisatawan asing atau ekspatriat.

Sebagai info tambahan, para warga negara asing sangat mudah memperoleh izin tinggal dan juga menawarkan banyak opsi untuk lokasi isitrahat.


Central Valley, Attenas, Costa Rica

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Menjadi salah satu negara yang dipenuhi oleh hutan tropis membuat Central Valley  cocok untuk kamu yang mencari negara yang sejuk untuk masa tua Anda.

Di sana pun terdapat fasilitas kesehatan yang dirancang sangat modern karena negara ini anggarannya dimaksimalkan untuk kesehatan.


Languedoc-Roussillon, Prancis

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Lokasinya yang strategis serta terdapat daerah yang memiliki pemandangan langsung ke laut mediterania dan relatif dekat dengan kota Paris menjadi daya Tarik tersendiri bagi Languedoc-Roussillon.

Pada beberapa lokasi di Languedoc-Roussillon ini terdapat bangunan bersejarah dan kastil, selain itu terdapat pula kuliner yang lezat ditambah budaya yang masih kuat dan plus udara yang sejuk. Hal tersebut membuat banyak ekspatriat dari AS, Inggris, Belanda dan Jerman tinggal di daerah ini.


Le Marche, Italia

10 Kota Terbaik Untuk Masa pensiun Anda, Yuk Tentukan Dari Sekarang

Ingin menikmati masa pensiun dengan tinggal di wilayah yang terkenal memiliki kuliner yang lezat? Kamu bisa mencobanya di Le Marche,yaitu sebuah kota di Italia yang terdapat banyak perkebunan anggur, pegunungan dan pantai serta terdapat pula hidangan ikan yang lezat.

Kota ini sangat dekat jaraknya ke Florence, Milan atau Venice, jika ingin mengambil libur akhir pekan.

Untuk memperoleh hunian di negara ini juga relatif terjangkau yakni bisa menyewa 700 USD per bulan namun kalau mendekati pantai harganya bisa naik ke 1.500 USD per bulan.


Berikut tadi adalah 10 kota terbaik untuk masa pensiun. Apakah kamu sudah menentukan kota atau negara mana yang akan kamu tempati di masa tua?

Tetapi, jangan lupa untuk tetap mempersiapkan anggaran pensiunnya ya. Karena akan menjadi sia-sia jika kamu tidak siapkan anggaran pensiunmu sedini mungkin.

Kamu bisa mempersiakan anggaran pensiun dengan berinvestasi.

Supaya tidak memberatkan, kamu bisa mulai mendanai dengan memilih instrument investasi yang ringan, seperti peer-to-peer lending di KoinP2P.

Dengan p2p lending indonesia , dengan produk KoinP2P dari KoinWorks kamu akan berkesempatan untuk mendanai masyarakat pembuat perubahaan mau pun membantu memajukan ekonomi nasional.

Kamu bisa memulailnya hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Serta berpeluang mendapatkan hasil imbal besar hingga mulai dari 18% hingga 21,32% per tahunnya.

Yang pastinya, jika kamu konsisten menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk berinvestasi, tentunya masa tua kamu akan semakin nyaman.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.